U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara menghilangkan atau menghapus virus cryptocurrency rthdcpl.exe yang menambang bitcoin di komputer secara ilegal.

Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk membantu agan apabila komputer agan terkena virus jenis cryptocurrency rthdcpl.exe. Virus rthdcpl.exe adalah jenis virus cryptocurrency atau bitcoin miner yang akan menggunakan komputer agan untuk menambang bitcoin tanpa sepengetahuan agan.

Proses penambangan bitcoin ini tentu saja menakan banyak resources komputer (CPU), sehingga berdampak pada penurunan kinerja komputer yang sering lemot, lag, dan hang. Proses infeksi virus ini umumnya dilakukan oleh trojan, sehingga kemungkinan juga ada trojan yang masih berjalan dilatar belakang komputer agan.

Satu-satunya tindakan yang paling tepat adalah menghilangkan virus trojan dan cryptocurrency penambang bitcoin tersebut sekaligus menghapus folder parrent-nya. Pada artikel ini fokus utama saya adalah menjelaskan secara singkat tentang virus cryptocurrency yang menambang bitcoin di konputer secara ilegal, khususnya rthdcpl.exe sekaligus cara untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Virus Cryptocurrency rthdcpl.exe


Sebelum membahas lebih jauh, saya akan menjelaskan secara singkat mengenai virus rthdcpl.exe. Berikut adalah deskripsi dari virus rthdcpl.exe:
  • Nama: rthdcpl.exe
  • Jenis: Malware Miner Cryptocurrency
  • Cara Kerja: Menggunakan sumber daya CPU atau GPU untuk menambang cryptocurrency seperti Bitcoin
  • Gejala: Setelah menginfeksi, virus akan membebani CPU dan GPU yang mengakibatkan kinerja komputer yang buruk dan sistem crash.
  • Penyebaran: Melalui lampiran email spam, website terinfeksi, dan software palsu.

Proses Penyebaran Virus Cryptocurrency rthdcpl.exe

Perlu dicatat bahwa sebenarnya proses rthdcpl.exe adalah sah alias resmi karena ada hubungannya dengan Realtek HD Audio Sound Effect Manager. Namun, proses semacam ini sering dimanfaatkan oleh malware. Dengan munculnya virus miner cryptocurrency, banyak proses yang awalnya sah dapat berubah menjadi berbahaya, karena mengeksploitasi sumber daya komputer agan untuk tujuan penambangan cryptocurrency bitcoin.

Jika agan mengetahui penggunaan CPU dan GPU yang tinggi yang berasal dari proses rthdcpl.exe, mungkin sistem komputer agan telah terinfeksi. Metode distribusi yang paling mungkin untuk virus miner cryptocurrency adalah melalui spam yang dikirimkan ke kotak masuk email agan. Pesan spam ini biasanya berisi lampiran email yang berisi software perusak (malware) yang meminta agan untuk mengaktifkan makro.

Oleh karena itu, agan harus sangat berhati-hati dengan email yang meminta agan untuk mengunduh lampiran. Hati-hati dengan lampiran yang mempunyai ekstensi .docm, .vbs, .wsf, .js, dan .exe.

Juga perlu diingat bahwa virus miner cryptocurrency rthdcpl.exe mungkin telah menyusup kedalam sistem agan melalui halaman web yang disebarkan untuk tujuan jahat.

Sederhananya virus miner cryptocurrency ini mungkin memasuki komputer agan melalui:
  • Link website berbahaya yang dikirim sebagai pesan spam.
  • Link website yang ada dalam berbagai bentuk misalnya tombol download atau banner.
  • Lampiran e-mail berbahaya berisi pesan aneh yang membuat agan penasaran untuk membukanya.

Direktori Dari Virus Cryptocurrency rthdcpl.exe

Setelah komputer agan terinfeksi virus miner cryptocurrency rthdcpl.exe, malware akan mendownload konten yang mungkin terdiri dari beberapa file yang berada di direktori Windows berikut ini:
  • %AppData%
  • %Local%
  • %Roaming%
  • %Temp%
Selain itu, malware cryptocurrency rthdcpl.exe juga dapat menambahkan beberapa entri registry yang berbeda dalam sub-keys Registry Windows berikut ini:
  • HKCU\ SOFTWARE\ MICROSOFT\
  • HKCU\ SOFTWARE\ MICROSOFT\ INTERNET ACCOUNT MANAGER\ ACCOUNTS\
  • HKCU\ IDENTITIES\
  • HKCU\ SOFTWARE\ MICROSOFT\ OFFICE\ OUTLOOK\ OMI ACCOUNT MANAGER\ ACCOUNTS
  • HKEY_LOCAL_MACHINE\ Software\ Microsoft\ Windows\ CurrentVersion\ Run
  • HKEY_CURRENT_USER\ Software\ Microsoft\ Windows\ CurrentVersion\ Run
  • HKEY_LOCAL_MACHINE\ Software\ Microsoft\ Windows\ CurrentVersion\ RunOnce
  • HKEY_CURRENT_USER\ Software\ Microsoft\ Windows\ CurrentVersion\ RunOnce
Setelah perubahan di atas selesai, miner cryptocurrency rthdcpl.exe dapat menghubungkan komputer agan ke mining pool.

Cara Menghilangkan Virus Cryptocurrency rthdcpl.exe

Cara Menghilangkan virus ini dapat agan lakukan secara manual dengan menghapus file dan registry yang sudah saya sebutkan diatas. Namun perlu diingat, mengotak-atik Registry Windows sangat berbahaya jika agan bukan praktisi komputer yang sudah ahli dan profesional. Ada kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan sistem tidak dapat beroperasi.

Namun ada cara yang lebih mudah dan aman, yaitu dengan menggunakan tool software SpyHunter Anti-Malware Tool. Tinggal agan scan full dan hapus thread, selesai. Lebih mudah, cepat, dan tidak beresiko.

Sekian pembahasan tentang cara menghilangkan virus cryptocurrency rthdcpl.exe kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...