U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi, yaitu fakta bahwa ternyata kemampuan otak manusia 30 kali lebih cepat daripada salah satu super komputer tercepat di dunia.

Sebagian dari kita dilahirkan dengan bakat luar biasa. Contohnya mulai dari kemampuan atletik yang luar biasa hingga memiliki otak jenius dibidang matematika. Manusia memiliki kekuatan pikiran yang tak tertandingi oleh makhluk lain di dunia, asalkan kita mampu mengasahnya untuk mengeluarkan seluruh potensi sebagaimana dianjurkan oleh  para ilmuwan.

Otak Manusia 30 Kali Lebih Cepat Dari Super Komputer


Sebuah proyek penelitian kecerdasan buatan yang dilakukan oleh dua mahasiswa PhD dari University of California, Berkeley dan Carneige Mellon University melakukan penelitian dengan membandingkan kemampuan otak manusia dengan kemampuan dari salah satu super komputer tercepat di dunia. Proyek penelitian ini dinamai dengan proyek AI Impact.

Proyek AI Impacts bertujuan untuk melihat seberapa cepat otak manusia mengirim sinyal di jaringan internalnya jika dibandingkan dengan super komputer. Hal ini sangat berbeda degan membandingkan kekuatan kalkulatif antara otak manusia dan komputer.

TEPS atau Traversed Edges Per Second adalah nilai satuan untuk menghitung kemampuan otak manusia dan otak buatan alias AI komputer. Tolok ukur TEPS membutuhkan superkomputer untuk mensimulasikan grafik dan mencari data melalui grafik tersebut, sementara untuk otak manusia, mereka memetakan frekuensi sinyal listrik yang ditembakkan oleh neuron.

Para peneliti membandingkan kekuatan otak manusia dengan super komputer raksasa Sequoia milik IBM, yang merupakan salah satu super komputer terbesar dan tercepat di dunia. Super komputer IBM Sequoia memiliki rekam jejak kemampuan dengan nilal 2.3 x 1013 TEPS.

Hasil perkiraan melalui proyek AI Impacts menghasilkan kesimpulan bahwa otak manusia setidaknya harus sekuat Sequoia di batas bawah, dan untuk perkiraan atas otak manusia dapat melampaui kecepatan Sequoia IBM sebesar 30 kali lipat dengan nilai 6,4 x 1014 TEPS.

Hebat sekali bukan? Otak manusia memang diciptakan istimewa dengan segala potensi kemampuannya yang menakjubkan. Kehebatan otak manusia tersebut bisa menggiring dunia menuju kemajuan dan juga dapat menghancurkan dunia. Maka manfaatklah kemampuan otak kita untuk hal yang positif. Namun kita harus ingat, sehebat-hebatnya otak manusia tetap tidak bisa menjangkau seluruh jagat raya ini. Jadi jangan pernah sombong dan merasa jadi yang paling istimewa.

Sekian pembahasan mengenai perbandingan kemampuan otak 30 kali lipat lebih cepat dari super komputer kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Sumber: AI Impacts, Brain performance in TEPS

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...