Saturday, 16 June 2018

6 Password Manager Terbaik Untuk Keamanan Password Android

6 Password Manager Terbaik Untuk Keamanan Password Android

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi aplikasi password manager terbaik pada Android untuk mengelola keamanan password akun.

Dengan semakin banyaknya smartphone yang beredar saat ini membuat pengguna dimanjakan dengan berbagai aplikasi, dan aplikasi tersebut terkadang membutuhkan password agar pengguna dapat mengakses layanan tersebut, semakin banyak aplikasi yang kita pakai maka kita akan dipusingkan untuk mengingat begitu banyak password yang kita miliki. Benar bukan?

Password merupakan komponen inti dalam keamanan sehingga satu-satunya hal yang membuat akun seseorang aman adalah password. Jika password seseorang dicuri, maka akun tersebut terbuka lebar bagi siapa saja yang mengetahuinya.

Siapapun yang tahu password-nya dapat berpura-pura sebagai pemilik asli, mencuri uang dari rekening bank, menghapus atau menyebarluaskan aset digital berharga seperti foto pribadi yang seharusnya tidak lihat oleh publik.

Kita juga perlu password yang berbeda di setiap layanah yang kita pakai, dengan begitu jika ada satu password dicuri maka yang dapat dibuka oleh pelaku hanya layanan itu saja dan tidak meluas ke akun yang lain. Masalahnya adalah meskipun semua orang tahu seperti apa password yang kuat namun terkadang kita tidak mau menggunakannya dengan berbagai alasan.

Jadi, kesimpulannya: Tidak mengingat password adalah langkah yang paling aman. lho kok bisa? Ya, karena sudah ada solusi yang lebih simple dalam mengelola password yaitu dengan Password Manager. Aplikasi tersebut yang akan menghafal semua password rumit untuk kita.

Password Manager akan memudahkan kita dalam mengelola semua password yang kita miliki, daripada berkutat dengan cara lama misalkan membuat catatan kecil yang disimpan di dompet, akan lebih baik jika kita menggunakan aplikasi untuk menjaga semua password agar aman dan private. Password Manager akan membantu kita membuat password yang kuat dan sulit dipecahkan bahkan jika password tersebut jatuh ke tangan orang yang salah.

Berikut adalah beberapa aplikasi password manager terbaik yang tersedia untuk Android saat ini, dan masing-masing layak dicoba jika agan ingin meningkatkan keamanan akun.

Password Manager Terbaik Untuk Keamanan Password Android


1. LastPass

LastPass adalah salah satu aplikasi papan atas dalam urusan manajemen password. Semua informasi yang kita miliki akan aman tersimpan seperti gambar, rekaman audio, password generator, dan sinkronisasi lintas perangkat. LastPass juga memiliki built-in browser dengan dukungan auto-fill dan fitur auto-fill untuk aplikasi pihak ketiga seperti di browser Chrome.

Untuk tingkat keamanan ekstra, LastPass mendukung pemindai sidik jari pada Samsung Galaxy series untuk otentifikasi.

2. mSecure

mSecure juga menjadi salah satu aplikasi password manager terbaik untuk Android karena menawarkan enkripsi standar industri serta password manager yang aman dan beberapa cara yang berbeda untuk mengatur informasi dalam aplikasi.

Kita dapat mensinkronisasi semua perangkat dengan dukungan Dropbox atau melalui jaringan Wifi pribadi jika perangkat kita berdekatan.

Versi baru aplikasi ini mendukung tablet dan browser yang terintegrasi. Kita bahkan dapat mengimpor data password dari aplikasi password manager lain.

3. aWallet Password Manager

aWallet memberikan layanan standar seperti yang kita dapatkan dalam aplikasi password manager pada umumnya. Dari segi tampilannya memang sedikit kurang menarik.

aWallet tidak hanya menyimpan password tapi juga mendukung backup dan restore database password, juga auto-lock untuk menjaga password tetap aman. Jika kita mau membayar $2,49 maka kita bisa mendapat fasilitas mengimpor CSV dan password generator.

4. Dashlane

Dashlane adalah aplikasi password manager yang sangat populer dan sangat baik dalam segi keamanan. Memiliki beberapa fitur unik yaitu auto-login pada website dan aplikasi, kompatibilitas dengan Google Authenticator, password generator, serta auto-lock dengan PIN.

5. Norton Identity Safe

Norton merupakan nama yang sangat terkenal di dunia antivirus dan ini memberikan keuntungan lebih karena orang sudah mengenalnya. Aplikasi Norton dilengkapi dengan sebagian besar fitur standar, juga dilengkapi dengan beberapa fitur khusus termasuk built-in browser.

Nilai lebih yang diberikan Norton adalah fitur antivirus, malware, spyware, dan fitur keamanan lainnya. Terdapat juga scan browser untuk mencegah upaya phishing yang tidak akan kita temukan di sebagian besar aplikasi lain.

6. Keepass2Android Password Safe

Keepass2Android adalah aplikasi open source. Fitur unik yang dimiliki adalah built-in keyboard untuk mencegah serangan password sniffer dengan keylogger. Tersedia juga aplikasi versi desktop yang memungkinkan kita berbagi informasi antara komputer dan perangkat Android.

Sekian pembahasan tentang aplikasi password manager terbaik pada Android untuk mengelola keamanan password akun kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon