U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian dan cara kerja dari Server Proxy.

Jika agan sering menggunakan internet, saya yakin sudah tidak asing dengan istilah Server Proxy. Ada yang disebut Server Proxy Forwar, dan ada juga Server Proxy Reverse. Tetapi apa Server Proxy Reverse dan Server Proxy Forward itu? Terus bagaimana cara kerjanya?
Dibawah ini akan saya jelaskan secara lengkap mulai dari pengertian masing-masing jenis Server Proxy hingga cara kerjanya.

Pengertian Dan Cara Kerja Server Proxy


Server Proxy adalah server yang berfungsi sebagai perantara antara client yang meminta koneksi atau layanan dan server yang menyediakan sumber daya. Semua permintaan dari client serta respon dari server melewati Server Proxy yang menyediakan kontrol administratif atas konten yang di-relay dan menyembunyikan alamat IP dari host di belakang Server Proxy pada saat yang bersamaan. 

Server Proxy ada 3 macam, dan tiap-tiap jenisnya mempunyai cara kerja yang berbeda. Jenis-jenis Server Proxy antara lain:
  1. Server Proxy Forward
  2. Server Proxy Reverse
  3. Server Proxy Open


•Pengertian Dan Cara Kerja Server Proxy Forward

Server Proxy Forward adalah server proxy yang menyediakan layanan proxy untuk sekelompok client yang sebagian besar merupakan bagian dari jaringan internal. Ketika salah satu client di jaringan internal membuat permintaan koneksi, permintaan tersebut akan melewati Server Proxy Forward. Server Proxy Firward akan memeriksa permintaan dan memutuskan apakah koneksi akan dilanjutkan. 

Dan, berdasarkan keputusan tersebut koneksi akan disambungkan ke server yang diminta menyediakan sumber daya. Server yang diminta tidak akan bisa melihat alamat IP dari client yang meminta di jaringan internal. Karena server penyedia sumber daya akan melihat koneksi ini berasal dari Server Proxy Forward. 

Server yang diminta akan mengirim tanggapan ke Server Proxy Forward dan server proxy akan meneruskan tanggapan ke client yang mengajukan permintaan di dalam jaringan internal tersebut. Ada beberapa alasan kenapa suatu jaringan menggunakan Server Proxy Forward, antara lain:
  • Server Proxy Forward biasanya berfungsi sebagai firewall. Jadi, dapat digunakan untuk mengontrol lalu lintas jaringan yang berasal dari client di jaringan internal dan memastikan keamanan jaringan internal tersebut.
  • Server Proxy Forward bertindak sebagai titik akses dan kontrol tunggal client di jaringan internal. Karena dapat memberikan kontrol administratif atas konten yang diteruskan dan lebih mudah untuk menerapkan kebijakan keamanan .
  • Server Proxy Forward membantu menyembunyikan alamat IP client di jaringan internal yang memberikan keamanan kepada client tersebut.


•Pengertian Dan Cara Kerja Server Proxy Reverse

Ketika sekelompok server menyediakan sumber daya untuk client eksternal, kita dapat menggunakan jenis server proxy lain yang disebut Server Proxy Reverse untuk memastikan keamanan kelompok server yang menyediakan layanan. Dalam kasus Server Proxy Reverse, ketika client eksternal membuat permintaan ke salah satu server di jaringan internal, permintaan tersebut akan melewati Server Proxy Reverse. 

Jika koneksi harus diizinkan, server internal akan mengirim tanggapan melalui Server Proxy Reverse. Client eksternal tidak dapat melihat alamat IP dari server internal. Karena akan melihat koneksi yang berasal dari Server Proxy Reverse. Jadi, disaat Server Proxy Forward menyembunyikan alamat IP dari client internal yang meminta layanan, Server Proxy Reverse akan membantu dalam menyembunyikan alamat IP dari server internal yang menyediakan layanan tersebut.

Ada beberapa alasan kenapa suatu sistem jaringan menggunakan Server Proxy Reverse, alasannya antara lain:
  • Server Proxy Reverse sebagai alat untuk menyembunyikan alamat IP dari server internal, hal ini akan mempersulit penyerang untuk membuat serangan ke server internal untuk tujuan mencuri data atau serangan dengan tujuan yang lain.
  • Server Proxy Reverse juga berguna untuk memperkuat firewall. Karena berfungsi sebagai titik akses dan kontrol ke server internal, sehingga memiliki kontrol administratif atas konten yang diteruskan dan menjaga keamanan ke server internal.
  • Server Proxy Reverse juga bisa berfungsi sebagai penyeimbang beban pada kelompok server internal di belakangnya. Ketika Server Proxy Reverse menerima permintaan yang masuk dalam.volume yang besar, dia dapat melakukan load balancing dan mendistribusikan lalu lintas yang masuk ke kelompok server yang menyediakan layanan sejenis. Misalnya, Server Proxy Reverse dapat melakukan load balancing untuk sekelompok server FTP di belakangnya.
  • Jika ada lebih dari satu server di jaringan internal yang menyediakan enkripsi SSL, maka Server Proxy Reverse dapat digunakan untuk melakukan enkripsi SSL menggunakan perangkat keras percepatan SSL. Server internal dapat menggunakan proxy SSL tunggal untuk menyediakan enkripsi SSL, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan sertifikat SSL terpisah untuk server internal.
  • Server Proxy Reverse dapat menyimpan konten statis dari server web internal di belakangnya dan dengan demikian akan mengurangi beban pada server web.
  • Server Proxy Reverse juga dapat menyediakan optimalisasi dan kompresi konten untuk mengurangi waktu saat membuka layanan.
  • Jika client eksternal yang melakukan request sangat lambat, Server Proxy Reverse dapat menyimpan konten dari server internal di belakangnya dan secara perlahan akan mengalirkan data ke client eksternal yang lambat tersebut.


•Pengertian Dan Cara Kerja Server Proxy Open

Server Proxy Open adalah server proxy yang dapat diakses oleh pengguna internet. Jika pengguna internet menggunakan Server Proxy Open, semua permintaan koneksi serta tanggapan akan melewati Server Proxy Open, dan menyembunyikan alamat IP pengguna internet. Jadi, dengan menggunakan Server Proxy Open, pengguna dapat menyembunyikan alamat IP-nya terhadap server web atau penyedia konten internet yang diminta.

Alasan kenapa Server Proxy Open digunakan oleh pengguna karena memang digunakan untuk menjaga privasi dan anonimitas pengguna agar tidak diketahui oleh server web. Walaupun kita tidak bisa terjamin 100% aman jika hanya mengandalkan Server Proxy Open saja.

Sekian pembahasan tentang pengertian dan cara kerja dari Server Proxy kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...