U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dan fungsi salah satu proses yang ada di Task Manager, yaitu Desktop Window Manager atau dwm.exe.

Saat agan membuka Task Manager pada Windows, agan pasti melihat banyak sekali proses yang dijalankan oleh sistem komputer. Saya yakin ada beberapa proses yang terasa asing bagi agan karena agan tidak merasa pernah menjalankannya. Pada postingan sebelumnya, saya juga sudah membahas tentang layanan Svchost.exe yang berjalan di Windows.

Agan bisa melihatnya pada artikel saya yang berjudul Apa Itu Proses Svchost.exe Windows? Layanan Host Atau Virus?  Namun pada artikel kali ini yang akan saya bahas adalah layanan dari dwm.exe atau Desktop Window Manager. Agan dapat melihat proses dari layanan ini melalui Task Manager. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa dwm.exe adalah virus karena memakan banyak resources komputer dan membuat komputer menjadi berat. Apakah layanan dwm.exe ini memang virus? Jika agan penasaran, simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Dan Fungsi Desktop Window Manager (dwm.exe)


Apa Itu Desktop Window Manager (dwm.exe)?

Desktop Window Manager adalah sebuah sistem yang mengatur semua window program yang telah ada dalam sistem operasi Windows sejak peluncuran Windows Vista. Saat itu Desktop Window Manager dikembangkan untuk menambahkan efek Aero pada Windows Vista, tetapi kemudian program diberi lebih banyak tugas, dan sekarang menjadi bagian integral dari Windows.

Desktop Window Manager berjalan sebagai layanan dwm.exe yang mengatur semua window/jendela yang terbuka pada desktop dengan mengatur semua pixel yang ditampilkan di desktop. Istilah teknisnya, dwm.exe menjadi manager compositing yang memanfaatkan data grafik dari beberapa aplikasi dan menampilkan gambar akhir di layar monitor.


Layanan Desktop Windows Manager (dwm.exe) akan memutuskan bagaimana sebuah jendela aplikasi muncul di desktop serta bagaimana akan menampilkan komponen lain seperti efek visual, bingkai jendela, screensaver, wallpaper, tema Windows, Windows Flip 3D, animasi transisi jendela 3D, dukungan resolusi tinggi, dan lain sebagainya.

Pada Desktop Window Manager, data dari aplikasi disimpan di buffer berbeda. Ini berbeda dari sistem yang dipakai sebelum ada layanan Desktop Window Manager dimana data grafik dari semua aplikasi disimpan dalam buffer tunggal dan ditampilkan langsung di desktop. Metode yang lebih baru diperlukan untuk fitur-fitur modern seperti transparansi sehingga memiliki lebih banyak ruang ketika menggabungkan beberapa grafis dari aplikasi yang berbeda.

Cara Menghidupkan dan Mematikan Desktop Window Manager (dwm.exe)

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, Desktop Window Manager telah menjadi komponen penting di Windows. Microsoft menghapus opsi untuk menonaktifkan Desktop Window Manager sejak peluncuran Windows 8. Agam.bisa melakukannya jika agam masih menggunakan Windows 7 atau Vista. Caranya tekan tombol Windows + R >> Ketik services.msc >> Enter >> Nonaktifkan Desktop Window Manager.

Untuk versi Windows yang lebih baru, saya yakin agan tidak pernah kepikiran untuk mematikan layanan Desktop Window Manager (dwm.exe), karena memang tidak terlalu memberatkan kinerja komputer. Jika agan mengalami masalah terkait efek visual, agan sebaiknya merestart komputer terlebih dahulu atau merestart proses explorer.exe.

Proses dwm.exe Memakan Resources dan Memberatkan CPU

Banyak pengguna Windows yang menuduh Mematikan Desktop Window Manager (dwm.exe) menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi pada komputer mereka. Tetapi jika layanan Windows ini terlalu memberatkan CPU, agan dapat mencoba beberapa hal:

•Nonaktifkan Transparansi


Agan dapat menonaktifkan efek transparansi melalui Settings >> Personalization >> Colors.

•Nonaktifkan Semua Efek Visual


Agan juga dapat mematikan semua efek visual menggunakan Sesuaikan untuk opsi kinerja terbaik:

  1. Klik kanan pada This PC.
  2. Masuk ke Properties >> Advanced system settings >> Advanced tab.
  3. Di bawah Performance, klik Settings.
  4. Sekarang, klik tombol Adjust for best performance, OK.

Apakah dwm.exe Itu Virus?

Tentu saja bukan. Secara default dwm.exe terletak di folder System32 pada folder instalasi Windows. Jika ada di folder lain di sistem agan, agan harus mulai curiga. Lakukan pemindaian penuh sistem agan menggunakan Windows Defender bawaan atau beberapa perangkat lunak antivirus pihak ketiga. Jika agan ragu dalam memilih antivirus terbaik, silahkan lihat beberapa artikel saya dibawah ini:


Sekian pembahasan mengenai pengertian dan fungsi Desktop Window Manager atau dwm.exe kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...