Monday, 4 June 2018

Menurut Penelitian, Virus HIV Bukan Penyebab AIDS Secara Langsung

Menurut Penelitian, Virus HIV Bukan Penyebab AIDS Secara Langsung

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi dari sebuah penelitian yang ternyata virus HIV bukanlah penyebab langsung dari penyakit AIDS.

Para peneliti dari Gladstone Institute pernah mempublikasikan hasil riset mereka melalui jurnal Cell Reports, dan mereka mengatakam bahwa bukan virus HIV yang menjadi penyebab langsung dari penyakit AIDS, namun ternyats sel kekebalan tubuh manusia lah yang akhirnya memicu penyakit AIDS.


Ada sebuah fakta yang populer bahwa HIV yaitu Human Immunodeficiency Virus ditularkan dari orang ke orang melalui kontak fisik yang tidak dilindungi dan beberapa cara lainnya. Setelah virus mulai bekerja untuk melemahkan sistem kekebalan tubuh, orang yang terinfeksi selanjutnya mengembangkan AIDS, yaitu Acquired Immune Deficiency Syndrome.

Sebenarnya, hal ini terjadi ketika jumlah sel CD4 di tubuh pasien turun di bawah 200 per mililiter darah. Sel-sel kekebalan khusus ini jumlah normalnya harus dari kisaran 500 hingga 1.500 untuk individu yang sehat. Temuan baru menunjukkan bahwa HIV berubah menjadi AIDS mematikan melalui penularan sel ke sel dan virus HIV tidak secara langsung menyebabkan penyakit AIDS.

Virus menginfeksi beberapa sel, dan kemudian sel-sel ini menularkan HIV ke sel-sel lain yang masih sehat, yang kemudian merespon dengan membunuh diri mereka sendiri. Jadi, ketika sel mati dan jumlah sel CD4 turun ke tingkat yang berbahaya, infeksi HIV berubah menjadi AIDS.

Penemuan ini dapat mengubah cara pengobatan HIV, karena sekarang para peneliti berpikir bahwa mereka memiliki metode baru untuk menghentikan pengalihan virus HIV menjadi AIDS dengan penemuan baru tentang proses infeksi ini.

Menurut penelitian, jika dibandingkan dengan virus HIV yang menginfeksi sel yang sehat, sel sehat yang terinfeksi oleh sel yang terjangkit HIV adalah sekitar 100 hingga 1.000 kali lebih efektif. Angka ini sangat banyak sehingga sekitar 95% kematian merupakan akibat dari transmisi infeksi sel ke sel.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, para peneliti sedang mempertimbangkan cara-cara baru untuk menghentikan perkembangan virus HIV menjadi AIDS karena virus HIV tidak secara langsung menyebabkan AIDS. “Dengan mencegah penularan sel ke sel, kami mungkin dapat memutus rantai kematian akibat AIDS dan menghentikan perkembangan dari infeksi HIV menjadi AIDS", kata Warner C. Greene yang menjadi seorang spesialis dalam penelitian ini.

Namun, jika penelitian ini berhasil, orang akan tetap terinfeksi virus HIV dan dapat menulari orang lain, namun sistem kekebalan mereka sendiri tidak akan menyebabkan penyakit AIDS dan mereka dapat hidup lebih lama.

Inilah beberapa penjelasan menurut hasil penelitian para ilmuan yang menemukan bahwa virus HIV bukanlah penyebab langsung dari penyakit AIDS.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Sumber: Journal Cell-to-Cell Transmission of HIV

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon