U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi beberapa situs website dan channel YouTube yang bisa agan gunakan untuk belajar editing video.

Akhir-akhir ini dunia maya dihebohkan oleh fenomena YouTuber seperti JessNoLimit ,Tim2One ,YoungLex dan lain-lain. Youtuber adalah sebuah profesi atau hobi yang awalnya hanya sekedar untuk menyalurkan kreatifitas , hingga akhirnya kini menjelma menjadi sebuah ladang mencari uang yang menjanjikan.

Tidak sedikit pula anak-anak milenial yang pada akhirnya mengubah cita-cita standar mereka seperti menjadi seorang dokter,polisi,tentara atapun pilot berganti cita-cita dengan yang bisa dibilang "nyeleneh" yaitu menjadi seorang YouTuber.

YouTuber sendiri merupakan sebutan untuk pelaku seni video production yang memasarkan hasil karya seni mereka lewat paltform YouTube.

YouTube sendiri adalah sebuah situs web untuk berbagi video yang sudah didirikan sejak februari 2005 oleh 3 mantan karyawan PayPal yaitu Steven Chen, Chud Hurley dan Jawed Karim.

Setiap tahunnya pengguna YouTube baik penonton biasa maupun para creator video selalu bertambah, bahkan saat ini YouTube menempati sebagai salah satu situs paling banyak dicari dan dikunjungi selain Facebook, Twitter, dan Instagram.

Tentu saja peluang ini bisa dimanfaatkan sebagai ladang mencari uang selain hanya sekedar menyalurkan hobi. Namun dengan banyaknya creator YouTube yang meningkat setiao tahunnya pasti akan memacu para calon YouTuber baru seperti kita untuk membuat konten video yang bagus, menarik dan keren.

Agan juga boleh bercita-cita menjadi seorang Youtuber. Nanun untuk menjadi Youtuber, setidaknya agan harus menguasai teknik editing video agar konten video agan menjadi lebih keren dan bagus. Oleh karna itu saya akan memberikan referensi daftar situs terbaik yang bisa agan gunakan untuk belajar tentang editing video.

Website dan Channel YouTube Terbaik Untuk Belajar Editing Video


1. Lary Jordan

Lary Jordan sudah berada dalam dunia post-production lebih dari satu dekade, dia terkenal dengan pelatihan dan tutorial editing video menggunakan final cut pro. Dia membagikan setiap pengalamannya selama berjuang dalamdunia post-production dalam blognya. Setiap tutorial disajikan secara rinci langkah demi langkah, dan semua itu gratis untuk agan pelajari.

Sampai saat ini sudah lebih dari 1.300 tutorial, tips, dan trik editing video menggunakan aplikasi populer seperti Final Cut Pro, Motion, dan Adobe Premiere Pro yang dia berikan. Tidak hanya melalui situs pribadinya, Larry Jordan juga sering membagikan pengalamannya dalam dunia post-production melalui konferensi web maupun live streaming.

Jika ada yang menanyakan sesuatu seputar editung video, dia akan menjawabnya dengan ramah. Sudah tak terhitung jumlahnya orang yang bertanya kepadanya tentang editing video melalui Instagram dan Twitter.

2. Shutterstock Blog

Saya yakin agan pernah mendengar nama Shutterstock, mungkin saat agan ingin mencari sebuah gambar baik untuk wallpaper ataupun keperluan lainnyaq.
Namun ternyata, Shutterstock bukan hanya sebagai situs berbagi dan penyedia gambar, Shutterstock juga merupakan situs untuk berbagi tutorial, tips, dan trik editing video.

3. RocketStock Blog

RocketStock Blog adalah salah sati bagian dari website RocketStock. Selain sebagai situs penyedia template after effect yang bisa memudahkan agan untuk melakukan editing, RocketStock juga memiliki blog yang berisi tutorial edit video menggunakan After Effect, mulai dari tutorial penggunaan spesial effect sederhana, hingga koreksi warna dan compositing.

Situs website ini sangat cocok untuk para pemula yang sedang belajar editing video, khususnya pengguna software After Effect. Karena selain memberkan tutorial, RocketStock juga membagikan template After Effect keren dan berkualitas tinggi secara gratis setiap bulannya.

4. PremiumBeat Blog

PremiumBeat adalah salah satu situs website terlengkap untuk belajar editing video. Selain membahas tutorial penggunaan Adobe Premire Pro, Final Cut Pro dan After Effect, PremiumBeat juga memberikan tutorial dan tips pembuatan film, perlengkapan kamera, dan lainnya. Selain itu agan juga bisa mendapatkan berbagai lagu dan sound effect tanpa copyright yang bisa digunakan sebagai pelengkap dalam video yang agan edit.

5. Wistia Blog

Sebenarnya Wistia sendiri bukan situs yang membahas tentang editing video,karena sejatinya Wistia sendiri adalah sebuah layanan video hosting. Walaupun begitu, Wistia tak jarang membagikan tutorial editing video seputar video yang sedang populer saat itu. Sehingga situs website ini dapat agan gunakan sebagai sarana untuk belajar editing video.

6. YouTube

Ya, tidak ada situs lain yang lebih cocok untuk belajar editing video keren ala YouTuber selain dari Youtube itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, didalam YouTube sendiri terdapat banyak jenis channel. Mulai dari channel musik, edukasi, berita, vlog,komedi, prank hingga chanel video tentang pembelajaran editing video. Saya sudah merangkum beberapa channel YouTube yang bisa agan gunakan untuk belajar editing Video, yaitu:

VectroID

Untuk agan yang menyukai gaya tutorial yang terkesan formal, maka VectroID jawabannya. Vectro ID sendiri berfokus dengan konten-konten seperti editing video yang berkenaan dengan audio ,compositing hingga animasi.

Narasena

Narasena adalah YouTuber yang berfokus pada konten-konten editing video mulai dari yang dasar seperti penguasaan kamera dan alat audio, hingga tingkat lanjut seperti color grading. Narasena juga sering berkolaborasi dengan praktisi lain dalam video tutorialnya bahkan baru-baru ini dia membuat satu channel baru bernama Pondok Lensa yang berfokus pada tutorial video bergaya Cinematic.

Tara Arts Movie

Tara Arts Movie adalah satu dari sekian banyak channel YouTube yang sudah ada sejak YouTube sendiri belum populer di Indonesia, dan masih bertahan sampai sekarang. Channel ini didirikan oleh Diwantara Anugrah Putra. Jika channel yang saya sebutkan sebelumnya cenderung bergaya formal, maka untuk Tara Arts Movie sedikit berbeda. Channel ini menyajikan tutorial teknik pembuatan film, visual effect, dan motion graphic yang menyenangkan. Pembawaannya dibalut dengan sedikit unsur komedi sehingga terasa lebih santai, dan berhasil menarik perhatian ratusan ribu subscriber.

Goen Rock

YouTuber yang biasa di panggil Mas Gun ini adalah seorang videografer sekaligus editor freelance. Selain berbagi video tutorial dalam channel YouTubenya, Mas Gun juga sering membagikan video aktivitasnya saat menangani pembuatan video-video komersial. Mas Gun cenderung membuat tutorial dengan gaya bahasa yang sederhana dan penggunaan teknik yang mudah dipahami, sehingga cocok sekali untuk para pemula yang sedang belajar editing video.

DaunNet Films

DaunNets Film merupakan channel milik Anjas Maradita, di dalam channel tersebut banyak membahas tutorial tentang editing video yang sangat rinci dan mudah dipahami. Mulai dari color grading, audio, trasition, animation, compositing, dan berbagai teknik-teknik lainnya. Bagi agan yang sedang belajar Adobe Premiere Pro dan After Effect maka channel ini sangat cocok untuk agan.

Itulah beberapa situs website dan channel YouTube yang bisa agan gunakan untuk belajar video editing.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

#Guest Post
Penulis: Dirga Wardana
Situs: www.dirga.id
Editor: Cahya Tehnika

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...