U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang alasan kenapa kelelawar tidur dalam posisi terbalik.

Kelelawar adalah hewan yang unik. Selain posisi tidurnya yang terbalik, kelelawar adalah satu-satunya hewan mamalia yang bisa terbang. Jenis kelelawar didunia jumlahnya ribuan yang sudah diteliti oleh ilmuan. Kelelawar paling kecil berasal dari Thailand yang namanya bumble-bee atau hog-nosed. Saking kecilnya, kelelawar tersebut memegang predikat sebagai mamalia terkecil didunia. Kelelawar adalah hewan nokturnal yang mencari makan atau beraktivitas pada malam hari, sedangkan siang harinya digunakan untuk tidur.

Kelelawar mempunyai penglihatan yang buruk, untuk bisa memetakan objek pada malam hari, hewan ini mengeluarkan bunyi ultrasonik yang dipantulkan ke objek sekitar dan diterima dengan telinganya. Kembali ke pembahasan awal, saya hanya akan berfokus dengan alasan kenapa kelelawar tidur dalam posisi terbalik. Dibawah ini adalah beberapa alasan kenapa kelelawar tidur dalam posisi terbalik.

Alasan Kenapa Kelelawar Tidur Posisi Terbalik



Alasan pertama kenapa kelelawar tidur terbalik adalah karena cara terbang kelelawar adalah diawali dengan menjatuhkan diri lalu mulai mengepakan sayapnya. Cara terbang seperti ini tentu saja lebih menghemat energi jika dibandingkan kelelawar harus mulai melompat dahulu atau berlari dulu baru terbang.

Yang kedua karena dengan posisi tidur menggantung terbalik di ranting pohon atau gua dapat membuat kelelawar lebih sulit untuk dimakan predator. Dikarenakan waktu tidur adalah fase yang kritis dimana rawan dimangsa predator.

Tidur dalam posisi menggantung juga lebih menghemat tenaga daripada tidur dalam keadaan berdiri diatas dahan. Karena waktu tidur kaki kecilnya harus menopang beban tubuhnya.

Untuk tidur terbalik, kelelawar hanya perlu mencari dahan yang dapat digenggam cakarnya, lalu cakar tersebut akan otomatis mengunci. Dengan begitu kelelawar tidak akan terjatuh walaupun dia dalam keadaan mati sekalipun.

Itulah beberapa alasan kenapa kelelawar tidur dalam posisi terbalik.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...