U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan  referensi beberapa aplikasi Android terbaik untuk mengurangi radiasi sinar biru dari layar smartphone.

Layar pada smartphone memancarkan radiasi sinar biru yang berefek kurang baik pada mata, salah satunya mata cepat lelah. Efek dari pancaran radiasi layar smartphone tersebut tidak terlalu terasa jika pada siang hari, karena keadaan sekitar terang. Namun pada malam hari yang gelap, mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya sehingga dampak radiasi sinar biru lebih terasa efeknya.

Filter layar untuk mengurangi radiasi layar smartphone awalnya diperkenalkan oleh iOS, dan setelah itu banyak pengguna Android yang juga menginginkannya. Untungnya, banyak pengembang aplikas Android yang membuat aplikasi untuk mengurangin intensitas radiasi sinar biru pada smartphone.

Sistem kerjanya juga sama dengan Night Shift pada smartphone iOS besutan Apple. Berikut adalah 5 aplikasi Android terbaik yang mampu mengurangi radiasi sinar biru pada layar smartphone.

Daftar Aplikasi Android Terbaik Untuk Mengurangi Radiasi Layar


1. Midnight

Fungsi utama dari Midnight adalah dengan mengurangi atau memfilter radiasi sinar biru. Namun sebenarnya agan juga bisa mengontrol intensitas cahaya lain seperti merah, hitam, dan kuning.  Untuk melakukan penyaringan warna, agan harus menentukan sendiri jadwalnya untuk mengaktifkan filter cahaya.

Karena aplikasi ini tidak mempunyai fitur otomatis aktif saat malam. Salah satu fitur unik dari aplikasi Midnight adalah sensor ambient yang mampu meredupkan layar secara otomatis saat berada di lingkungan gelap.

2. Night Screen

Jika pada aplikasi Midnight agan harus mengatur filter untuk mengurangi radiasi layar secara manual, pada Night Screen agan tidak perlu melakukan hal tersebut. Night Screen adalah aplikasi untuk mengurangi radiasi layar smartphone yang mengutamakan kemudahan dalam penggunaan.

Fitur pengurang radiasi sinar biru merupakan fitur utama dari aplikasi ini, sehingga untuk menggunakannya agan tinggal menyeret pada pengaturan filter. Aplikasi Night Screen dapat digunakann secara gratis, namun jika agan membeli versi yang berbayar maka agan dapat menghilangkan iklan, menjadwalkan aktivasi, dan menambahkan kontrol melalui widget.

3. Dimly

Salah satu masalah yang sering terjadi pada aplikasi filter kecerahan layar adalah secara tidak sengaja mengatur kecerahan layar dengan terlalu redup. Hal itu menyebabkan kita tidak bisa mengoperasikan smartphone dan dengan terpaksa melakukan reset Android.

Namun hal itu tidak akan terjadi jika agan menggunakan aplikasi pengurang radiasi layar smartphone satu ini, karena agan hanya perlu menggoyangkan smartphone untuk membatalkan pengaturan kecerahan layar. Untuk mengatur kecerahan layar, agan hanya perlu menggeser skala brightness sesuai keinginan agan. Agan juga dapat mengatifkan filter sinar biru, untuk mengurangi efek radiasi layar smartphone.

4. Twilight

Twilight adalah aplikasi Android yang wajib ada untuk mengurangi radiasi layar smartphone. Twilight dapat bekerja pada Android tanpa perlu melakukan rooting. Namun agan tidak dapat mengatur level filter pada aplikasi ini, hanya bisa mengatur intensitas warna dan temperature warna.

5. My Eyes Protection

Aplikasi filter radiasi layar ini sangat sederhana. Agan hanya perlu menggeser slide untuk mengaktifkan filter sinar biru. Tidak ada penyesuaian  tingkat warna dan penjadwalan, aplikasi ini memang sesederhana itu. Apliksi ini mampu mencegah mata lelah karena menatap layar smartphone.  Namun sebaiknya agan tetap mengistirahatkan mata ketika sudah menatap layar smartphone dalam waktu yang lama.

Sekian pembahasan tentang beberapa aplikasi Android untuk mengurangi radiasi sinar biru dari layar smartphone.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...