Sunday, 8 July 2018

Cara Menggunakan Tanggal Dan Waktu Sebagai PIN Pengaman Android

Cara Menggunakan Tanggal Dan Waktu Sebagai PIN Pengaman Android

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mudah cara memngubah tanggal atau waktu menjadi PIN pengamanan smartphone agan yang selalu berubah.

Smartphone adalah salah satu perangkat yang berisi informasi-informasi pribadi yang sifatnya privasi. Sehingga tidak boleh dibuka oleh sembarang orang. Salah satu cara adalah memberikan pengaman pada smartphone Android dengan pola maupun PIN. Salah satu pilihan yang banyak dipakai adalah menggunakan PIN pengaman 4 digit angka.

Cara Menggunakan Tanggal Dan Waktu Sebagai PIN Pengaman Android


Nomor PIN yang hanya berupa 4 digit angka maka mudah bagi kita untuk mengingatnya. Namun masalahnya PIN tersebut masih bisa ditebak dengan mencoba berbagai kombinasi angka. Saya mempunyai tips khusus untuk membuat PIN pengaman smartphone Android yang kuat dan sangat susah ditebak dengan menggunakan aplikasi Smartphone Lock - Lock Screen.


PIN ini menggunakan waktu, yaitu jam atau tanggal. Jika agan menggunakan jam untuk acuan PIN pengaman, maka pin agan akan selalu berubah setiap 60 detik.

Tentu saja metode pengamanannya tidak hanya mengacu pada digit waktu saja, karena agan bisa menggunakan fitur reverse (pembalik) dan offset (penambahan atau pengurangan). Jika agan menggunakan jam biasa sebagai PIN maka pin berupa angka 4 digit. Misalnya sekarang menunjukan pukul 13.46 maka PIN pengamannya adalah 1346. Jika agan menambahkan fitur reverse (pembalik) maka PIN pengamanan akan dibalik menjadi 4631.

Agan juga masih bisa mengkombinasikan dengan offset. Misalnya saat ini pukul 14.00, dan agan mensetting PIN dengan reverse dan offset +30, maka hasil PIN nya adalah 0341. Saya rasa PIN ini akan sangat sulit ditebak karena nilai offset bisa agan atur sesuka hati, ditambah setiap menit PIN basic juga berganti.

Aplikasi Smartphone Lock - Lock Screen ini membutuhkan akses Administrator, sehingga Android harus dalam keadaan sudah diroot. Setelah mendapatkan akses Administrator, Smartphone Lock - Lock Screen akan mulai mengunci smartphone Android dengan PIN. Aplikasi ini tidak bisa dipaksa berhenti maupun diuninstall selama posisi PIN masih terkunci.

Untuk melakukan uninstall, agan harus membuka aplikasi ini dengan melakukan panggilan ke nomor 1234 untuk menampilkan aplikasi dan memasukan PIN utama agar bisa mematikan PIN. Setelah itu aplikasi ini baru bisa diberhentikan dan diuninstall.

Sekian pembahasan tentang cara merubah tanggal atau waktu di smartphone menjadi PIN pengaman Android.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon