U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang fungsi kerikil yang ada dibawah rel sebagai landasan rel kereta api.

Agan pasti tahu kan kereta api memerlukan rel sebagai media untuk berpindah. Dibawah rel kereta api pasti ada tumpukan kerikil yang ada sepanjang rel. Sebenarnya apa sih fungsi dari pemberian batu kerikil dibawah rel kereta api? Nah untuk lebih jelasnya silakan agan lihat dibawah ini.

Fungsi Kerikil Pada Landasan Rel Kereta Api


1. Agar Air Tidak Menggenangi Rel Kereta

Rel kereta api terbuat dari logam baja dan berlandaskan kayu. Jadi jika rel terendam air maka akan mempercepat proses pelapukan rel dengan timbulnya karat atau korosi. Jadi dengan meletakan rel kereta api diatas kerikil bisa menghindarkan rel tergenang air, karena air akan langsung meresap melalui sela-sela batu kerikil.

2. Mencegah Tumbuhnya Tanaman Liar

Jika rel kereta api langsung diletakan diatas tanah maka rel akan ditumbuhi oleh tanaman liar seperti rumput dan lumut. Tentu saja hal ini dapat membuat rel kereta api cepat korosi. Dengan meletakan rel diatas batu kerikil yang kering dan tidak ada tanahnya dapat mencegah rel ditumbuhi tanaman liar, karena tanaman liar sulit tumbuh diatas kerikil yang kering dan minim unsur hara.

3. Membuat Rel Lebih Stabil

Coba bayangkan jika rel kereta api diletakan diatas tanah secara langsung, pasti rel rawan ambles karena tanah cenderung tidak stabil. Begitu juga jika rel diletakan diatas cor beton, beton memang mampu membuat rel tetap berada diposisinya dan stabil.

Namun karena beton bersifat statis, maka dalam waktu dekat pasti akan hancur oleh getaran saat rel dilewati kereta api. Belum lagi getaran yang akan sangat besar. Jadi alternatif yang paling tepat adalah dengan meletakan rel kereta api diatas kerikil yang sudah dirapatkan susunannya dengan mesin Tendem Roller.

4. Meredam Getaran

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, kerikil dipilih sebagai landasan rel karena bisa meredam getaran. Kerikil satu dengan yang lainnya tidak saling terikat, sehingga kerikil dengan getaran paling besar adalah yang bersentuhan langsung kengan rel kereta api. Semakin jauh letak kerikil maka semakin kecil pula getarannya, sehingga mampu meredam getaran saat kereta api lewat.

Cara kerja kerikil untuk meredam getaran itu dengan cara membiarkan bantalan rel tetap bisa bergerak dengan kondisi yg tidak bergeser. Dengan diminimalisirnya getaran tersebut, dapat membuat kayu bantalan rel menjadi lebih awet, serta tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Itulah beberapa fungsi kerikil yang ada dibawah rel kereta api.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...