Monday, 20 August 2018

10 Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2018/2019

Tags

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang daftar aplikasi antivirus terbaik untuk smartphone Android saat ini.

Android saat ini menduduki peringkat pertama di dunia sebagai sistem operasi yang paling banyak dipakai pada smartphone. Hal ini tentu saja berbanding sejajar dengan jumlah ancaman dari malware dan virus yang memang dibuat untuk menyerang device dengan sistem operasi Android. Sebenarnya Android tergolong sistem operasi yang tahan dari serangan malware jika penggunanya paham tentang keamanan sistem Android dan internet.

Namun sayangnya tidak semua pengguna smartphone Android paham tentang keamanan, sehingga banyak malware dan virus yang menginfeksi Android tanpa disadari oleh penggunanya. Salah satu cara yang efektif untuk mencegah sekaligus menghilangkan malware dari smartphone Android adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus.

Dulu para pengembang berlomba-lomba membuat program antivirus terbaik untuk komputer, Windows khususnya. Dari persaingan itu munculah nama-nama besar seperti Norton, BitDefender, Avast, dan lain sebagainya yang telah dikenal sebagai perusahaan antivirus terbaik dengan reputasi yang sangat bagus.

Namun dengan perkembangan smartphone yang semakin pesat, akhirnya mereka melebarkan sayap untuk menciptakan aplikasi antivirus terbaik untuk Android. Secara garis besar, virus berbahaya yang paling sering menginfeksi Android adalah malware dan spyware. Mereka biasanya menyusup melalui instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Sedangkan yang lain adalah adware, yaitu sebuah program yang masuk ke dalam sistem Android lalu menampilkan iklan. Adware ini tidak berbahaya, hanya mengganggu saja.

Nah kali ini saya sudah merangkum sebanyak 10 aplikasi antivirus terbaik untuk Android. Aplikasi-aplikasi antivirus ini rata-rata memiliki rate bintang 5 pada leaderboard AV-Test. Jadi bukan hanya berdasarkan opini dan karangan saya pribadi. Sehingga daftar aplikasi antivirus Android terbaik ini adalah valid.

Dibawah ini adalah ringkasan daftar aplikasi antivirus terbaik pada Android:

  1. Avast Mobile Security
  2. Bitdefender Antivirus Free
  3. AVL
  4. McAfee Security & Power Booster Free
  5. Kaspersky Mobile Antivirus
  6. Sophos Free Antivirus and Security
  7. Norton Security and Antivirus
  8. Trend Micro Mobile Security & Antivirus
  9. AhnLab V3 Mobile Security
  10. Avira Antivirus Security
Berikut adalah ulasan tiap-tiap aplikasi antivirus Android diatas.

Daftar Aplikasi Antivirus Android Terbaik


1. Avast Mobile Security

Avast adalah program antivirus unggulan yang sudah merambah hampir disemua platform sistem operasi, mulai dari Windows, MacOS, Linux, sampai Android. Avast sendiri dari awal memang mengkhususkan diri untuk mengembangkan program keamanan perangkat yang akhir-akhir ini ikut merambah pada perangkat smartphone.

Avast Mobile Security mendapat predikat sebagai program antivirus Android karena memiliki fitur perlindungan yang baik dan dapat digunakan secara gratis. Kelebihan dari aplikasi antivirus ini adalah karena memiliki fitur pemblokiran panggilan, firewall, dan anti pencurian.

Salah satu kekurangnannya adalah dalam aplikasi ini terdapat iklan yang mungkin akan sedikit mengganggu. Namun hal ini dapat dimaklumi karena antivirus ini gratis. Jika agan merasa risih dengan iklan, agan bisa menghilangkannya dengan membayar biaya langganan.

2. Bitdefender Antivirus Free

Bitdefender Antivirus termasuk antivirus yang sangat hebat karena mempunyai 'minimal impact' terhadap sisten operasi. Maksudnya, antivirus ini memberikan beban yang sangat sedikit terhadap kinerja smartphone Android agan karena sangat ringan. Bahkan agan langsung bisa mengoperasikan aplikasi antivirus ini tanpa melakukan konfigurasi khusus.  Namun kekurangan dari Bitdefender Antivirus adalah agan harus melakukan penjadwalan dalam proses pemindaian virus. Dari beberapa keunggulan diatas, Bitdefender layak diposisikan sebagai antivirus terbaik.

3. AVL

Antiy AVL adalah antivirus Android yang pernah menjadi pemenang AV-Test (penghargaan pengujian antivirus independen) untuk perlindungan terbaik pada perangkat smartphone. Fitur-fiturnya tidak hanya mencakup fitur dasar antivirus saja, tetapi juga dilengkapi dengan pemindai yang mampu mendeteksi jenis file yang berpotensi membahayakan perangkat agan.

Keunggulan utama dari antivirus AVL adalah hemat daya, pemblokiran panggilan, dan, anti phising perlindungan ekstra baik. Aplikasi antivirus ini memang dirancang agar ringan dan hemat daya baterai.

4. McAfee Security & Power Booster Free

McAfee merupakan salah satu antivirus terbaik yang mempunyai banyak fitur unggulan. Salah satu fitur hebat dari antivirus ini adalah mampu membackup keamanan semua aplikasi pada smartphone Android agan. Hal ini berguna untuk meningkatkan keamanan dan mencegah bocornya data privasi agan.

Fitur lain yang terdapat pada aplikasi antivirus ini adalah anti maling, mengunci data, blokir panggilan, dan pemblokir situs jahat. Karena antivirus ini gratis, sehingga terdapat iklan didalamnya.

5. Kaspersky Mobile Antivirus

Siapa yang tidak tahu dengan Kaspersky? Pengembang antivirus terbaik ini sudah mempunyai reputasi yang sangat baik dan populer. Antivirus ini sudah terkenal ampuh dalam membasmi dan mendeteksi virus malware. Bahkan hasil uji dari AV-Test pada November 2017 menghasilkan data bahwa tingkat deteksi Kaspersky terhadap malware mencapai 99,9%. Sungguh nilai yang fantastis dan hampir mendekati sempurna. Fitur anti pencurian dari Kaspersky mampu melacak posisi smartphone dan mengambil gambar pencurinya lewat kamera depan.

6. Sophos Free Antivirus and Security

Sophos Free Antivirus and Security pernah memenangkan penghargaan dengan kategori aplikasi antivirus Android dengan perlindungan terbaik veesi AV-Test pada tahun 2015. Kelebihan dari antivirus ini adalah mempunyai perlindungan yang solid, tanpa iklan, dan autentikator untuk tugas 2FA.

Sophos mampu mendeteksi situs website berbahaya dan memblokirnya untuk mencegah masuknya program ilegal ke dalam smartphone. Pemindaian secara berkala disetiap bagian sistem seperti aplikasi, file, dan folder bisa agan jadwalkan secara rutin.

7. Norton Security and Antivirus

Aplikasi antivirus gratis dari Norton ini pada uji test bulan kemarin oleh AV-Test membuktikan bahwa antivirus ini mampu mendeteksi malware dengan presentase 100%. Sistem pemindaian ini didukung dengan Norton Insights yang dapat mendeteksi virus yang ada pada file maupun aplikasi, lalu menghapusnya secara otomatis. Kelebihan dari antivirus Norton ini adalah memiliki kemampuan pembasmi virus yang luar biasa dan mampu melakukan penguncian smartphone jarak jauh. Namun sayangnya belum dilengkapi dengan fitur pemblokiran situs website berbahaya.

8. Trend Micro Mobile Security & Antivirus

Trend Micro merupakan antivirus Android terbaik karena tidak hanya mampu memindai file dan aplikasi pada Android. Namun  juga mampu memindai keamanan dari Facebook, karena antivirus ini memang terintegrasi dengan Facebook. Versi gratis dari antivirus ini tersedia selama masa uji coba (trial) 7 hari dengan fitur yang premium.  Mampu memblokir aplikasi perusak, keamanan saat berinternet, dan pemblokir panggilan.

9. AhnLab V3 Mobile Security

Antivirus Android terbaik kesembilan adalah AhnLab V3 Mobile Security. Kelebihan dari antivirus ini adalah mempunyai fitur yang banyak, tingkat deteksi malware yang tinggi, dan mempunyai alarm anti pencurian. Antivirus besutan AhnLab Korea Selatan ini memang tidak sepopuler antivirus-antivirus sebelumnya, namun memiliki tingkat deteksi malware yang tinggi, mencapai 99,6%. Bahkan aplikasi antivirus ini dapat berjalan dengan normal pada Android versi lama.

Fitur-fitur dari aplikasi antivirus ini adalah booster built ini untuk mempercepat kinerja Android, anti malware untuk mencegah kerentanan kebocoran data, menyembunyikan galeri, pembersih riwayat penelusuran browser, dan anti pencurian.

10. Avira Antivirus Security

Aplikasi antivirus Android terbaik terakhir dalam daftar ini adalah Avira Antivirus Security. Avira Antivirus Security mempunyai kelebihan mampu memindai semua media penyimpanan, termasuk penyimpanan eksternal. Fitur Identity Safeguard akan memeriksa email agan untuk memeriksa apakah ada penyusupan melalui email masuk agan.

Aplikasi akan dikelompokkan berdasarkan peringkat skala privasi untuk memberitahukan kepada agan aplikasi mana saja yang terpercaya dan mana saja yang rawan membocorkan data privasi agan.

Itulah daftar aplikasi antivirus Android terbaik yang saya sadur dari data AV-Test.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya. Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di menu blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon