Sunday, 12 August 2018

4 Cara Mengubah (Convert) Dokumen Word Menjadi PDF Lengkap

Tags

4 Cara Mengubah (Convert) Dokumen Word Menjadi PDF Lengkap

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara merubah dokumen Word menjadi PDF lengkap.

Dokumen Word adalah salah satu format dokumen teks yang sangat populer karena digunakan oleh Microsoft Office Word.  Namun untuk buku elektronik atau ebook rata-rata menggunakan dokumen dengan format PDF. Karena lebih fleksibel dan mudah dibaca.

Jika agan mempunyai dokumen berformat Word dan agan ingin mengubahnya menjadi PDF, silahkan simak artikel ini sampai selesai. Ada beberapa cara untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF, antara lain dengan menggunakan Add-In, layanan website, ataupun software khusus.

Dari setiap cara diatas mempunyai keunggulan masing-masing. Silahkan agan bandingkan sendiri hasilnya, karena akan saya jelaskan semuanya satu persatu. Berikut adalah cara mengubah dokumen Word menjadi PDF tanpa software, online, maupun dengan software.

Cara Mengubah (Convert) Dokumen Word Menjadi PDF Lengkap



1. Mengubah Dokumen PDF Menjadi PDF dengan SmallPDF

Untuk cara yang pertama ini, agan tidak perlu menggunakan aplikasi atau software apapun. Agan hanya perlu mengunjungi website Word PDF Converter bernama SmallPDF.
Pilih Word to PDF, setelah itu silakan agan upload file dokumen Word yang ingin agan convert ke PDF, dan tunggu proses converting selesai.  Setelah semua proses sudah selesai 100%, download dokumen agan yang sudah diconvert tadi. Selamat, dokumen Word agan sudah sukses diubah menjadi PDF.

2. Mengubah Dokumen Word ke PDF Dengan LibreOffice

LibreOffice adalah salah satu program pengolah kata seperti Microsoft Office Word, namun memiliki lisensi freeware alias gratis. Salah satu fitur menarik dari LibreOffice adalah kemampuannya untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF. Jika agan belum mrmpunyai programnya, silakan agan download melalui link dibawah ini.
Untuk mengubah file dokumen Word ke PDF dengan LibreOffice, agan hanya perlu membuka file dokumen tersebut dan mengklik icon Export pada bar menu. Setelah itu agan bisa memberi nama lalu menyimpannya.

3. Mengubah Dokumen Word ke PDF Dengan Foxit Reader

Sebenarnya Foxit Reader adalah sebuah software untuk membaca file PDF, namun juga dilengkapi dengan fitur untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF.  Jika agan belum mempunyai softwarenya, silakan agan download melalui link dibawah ini.
Untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF dengan Foxit Reader, caranya cukup mudah. Agan hanya perlu membuka file Word yang ingin agan convert menjadi PDF dengan Windows Explorer. Lalu klik kanan pada file Word, dan pilih Convert to PDF in Foxit Reader. Nanti akan muncul program Foxit Reader secara otomatis dan akan mengubah file Word menjadi PDF.

4. Mengubah Dokumen Word ke PDF Dengan Add-In

Untuk cara yang ke-4 ini kita akan memanfaatkan Add-In dari Microsoft Office Word untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF. Add-In ini dapat agan gunakan secara gratis, silakan download melalui link dibawah ini.
Untuk cara penggunaannya cukup mudah. Agan hanya perlu membuka dokumen Word yang ingin agan ubah menjadi PDF dengan  Microsoft Office Word. Lalu klik pada icon office di kiri atas dan pilih Save As, dan pilih PDF or XPS.

Itulah beberapa cara untuk merubah dokumen Word menjadi PDF.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya. Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon