Monday, 20 August 2018

Cara Mengatasi iPhone Sinyal Hilang Dan Mencari Jaringan Terus

Cara Mengatasi iPhone Sinyal Hilang Dan Mencari Jaringan Terus

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi iPhone yang jaringannya tidak muncul dan mencari sinyal terus menerus.

Jika agan mengalami masalah dengan iPhone agan dimana pada bilah bar sinya tertulis mencari atau searching jaringan terus menerus penyebab paling umum adalah karena antena receiver sinyal bermasalah. Jika agan merasa pernah menjatuhkan smartphone iPhone agan secara sengaja maupun tidak sengaja dengan keras, maka kemungkinan antena receiver mengalami kerusakan. Agan bisa langsung membawanya ke Apple Store untuk memperbaikinya atau agan bisa membeli smartphone yang baru.

Namun jika agan tidak merasa pernah menjatuhkan atau memberikan kerusakan fisik pada iPhone agan dan tiba-tiba sinyal jaringan hilang tidak muncul maka kemungkinan besar yang bermasalah adalah sistemnya. Jika memang benar seperti itu maka agan tidak perlu membawanya ke Apple Store, karena agan bisa memperbaikinya sendiri. Berikut adalah pembahasan lengkap cara mengatasi sinyal jaringan pada iPhone hilang dan hanya Mencari terus menerus.

Cara Mengatasi iPhone Sinyal Jaringan Hilang Dan Mencari Terus


Gambar diatas adalah salah satu contoh kasus dimana iPhone muncun notifikasi Mencari terus menerus pada bagian bar sinyal jaringan. Untuk mengatasinya agan bisa mencoba beberapa cara dibawah ini.

1. Restart iPhone

Melakukan restart adalah cara paling sederhana untuk mengatasi suatu sistem yang tidak berjalan normal, baik pada smartphone maupun komputer. Kadang ada program yang tidak berjalan dengan normal sehingga mengakibatkan kinerja perangkat menjadi tidak normal, salah satunya menyebabkan sinyak jaringan hilang dan hanya Mencari terus menerus.

Silahkan matikan iPhone agan dan tunggu sekitar 30 detik agar iPhone sudah mati total. Setelah itu hidupkan kembali iPhone agan. Jika cara ini tidak berhasil, cobalah untuk melakukan cara nomor 2 dibawah ini.

2. Lakukan Pembaruan Operator

Hilangnya sinyal jaringan pada iPhone erat kaitannya dengan operator.  Dimana kadang operator melakukan pembaruan pada jaringan mereka dan membuat beberapa iPhone mengalami masalah. Namun sayangnya iPhone tidak mempunyai fitur khusus yang sederhana untuk melakukan pembaruan operator.

Untuk memeriksa pembaruan operator pada iPhone agan, agan harus menyambungkan dulu ke WiFi. Setelah itu masuk ke Settings > General > About. Tunggu sekitar 15 detik. Jika pembaruan tersedia, nanti akan muncul notifikasi pembaruan operator.

3. Reset Pengaturan Jaringan

Hal ini memang terlihat sepele, namun melakukan reset pada jaringan perlu dilakukan untuk mengatasi iPhone yang terus-terusan mencari jaringan. Salah satu dampaknya adalah baterai iPhone menjadi lebih boros karena iPhone melakukan pencarian sinyal jaringan secara terus-menerus.

Melakukan reset pada pengaturan jaringan kembali ke pengaturan pabrik cara sederhana untuk mengatasi apabila terjadi perubahan konfigurasi pada jaringan secara tidak disengaja baik oleh aplikasi maupun pengguna. Melakukan reset pengaturan jaringan juga menghapus semua password WiFi yang tersimpan. Jadi pastikan bahwa agan sudah mengingat semua password WiFi tersebut.

Untuk melakukan reset pengaturan jaringan, silahkan agan masuk ke Settings > General > Reset, pilih Reset Network Settings, masukan password, lalu pilih Reset Network Settings. Setelah iPhone reboot, silahkan agan lihat jaringan masih mencari atau tidak. Kalau ternyata masih, silahkan lanjutkan dengan cara keempat.

4. Perbaiki Masalah Kartu SIM

Munculnya notifikasi mencari pada bar sinyal juga ada kaitanya dengan kartu SIM yang agan pakai. Coba agan cek kartu SIM agan dengan cara mengeluarkannya, barangkali kartu SIM agan perlu dbersihkan dari debu dan kotoran. Agan bisa mengelapnya dengan kain lembut kering atau karet penghapus. Selanjutnya coba agan pasang lagi dan cek jaringannya.

Jika jaringan tetap tidak muncul dan terus mencari, coba keluarkan lagi kartu SIM nya dan coba gunakan kartu SIM lain. Agan bisa meminjan milik teman ataupun membeli di konter jika agan mempunyai banyak uang. Jika menggunakan kartu SIM lain tetap saja sinyal jaringan tidak muncul, maka masalah bukan berasal dari kartu SIM tersebut. Silahkan agan lanjutkan mencoba metode dibawah ini.

5. Melakukan DFU Restore (BERESIKO)

DFU (Device Firmware Update) Restore adalah mengembalikan semua konfigurasi pada iPhone menjadi pengaturan pabrik, semua data akan hilang dan iPhone akan menjadi seperti baru lagi. Namun agan masih bisa membackup semua data agan di iCloud dan iTunes.

Namun perlu dibaca baik-baik peringatan dibawah ini:
SAAT AGAN MELAKUKAN DFU RESTORE DAN TERNYATA TIDAK MAMPU MENGATASI MASALAH MENCARI SINYAL, MAKA AKIBATNYA FATAL. iPHONE AGAN MENJADI TIDAK BISA DIGUNAKAN LAGI KARENA MENJADI TERKUNCI

Jadi silahkan lakukan dengan resiko diatas, dan saya tidak ikut bertanggung jawab jika ada sesuatu. Jika agan tidak berani melakukannya, lebih baik agan bawa ke tempat servis Apple yang resmi.

Sekian pembahasan tentang cara mengatasi iPhone yang jaringannya tidak muncul dan mencari sinyal terus menerus ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon