Wednesday, 15 August 2018

Tips Memilih Layanan Hosting Website Terbaik

Tags

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips untuk memilih layanan hosting website terbaik agar tidak mengecewakan. Apa sih hosting itu? Jika agan belum paham tentang hosting, silahkan agan lihat penjelasan lengkap tentang hosting pada artikel Apa Itu Hosting? Pembahasan Lengkap Hosting.

Jika agan mempunyai bisnis yang menggunakan layanan website maka hosting menjadi tulang punggung paling vital dalam bisnis agan. Apalagi jika agan mempunyai bisnis online shop dengan media website sebagai etalasenya. Website agan harus bisa diakses dengan mudah selama 24jam nonstop. Jika website agan mengalami down maka agan sudah mengalami kerugian besar.

Hal ini pernah terjadi pada salah satu website layanan jual beli online raksasa,  Amazon. Dimana pada tahun 2013 website Amazon down dan tidak dapat diakses selama 30 menit. Imbasnya Amazon kehilangan uang sebesar $66.240 permenit ketika website tersebut down.

Dari peristiwa yang dialami oleh amazon tersebut, kita dapat mengambil pelajaran bahwa kita harus menggunakan layanan hosting terbaik agar bisnis kita lancar tanpa kendala. Namun seperti apa sih kriteria layanan hosting yang baik?

Tentunya, untuk memilih layanan hosting kita harus melakukan banyak pertimbangan matang-matang. Nah dibawah ini adalah beberapa tips untuk memilih layanan hosting website terbaik.

Tips Memilih Layanan Hosting Terbaik


1.  Menentukan Jenis Hosting Yang Dibutuhkan

Untuk mencari layanan hosting, alangkah baiknya agan menentukan dulu jenis hosting yang agan butuhkan. Jika website agan memiliki trafik yang tinggi, bandwith yang besar, dan membutuhkan keamanan yang kuat, saya sarankan agan memilih hosting yang juga memiliki bandwith yang besar. Rekomendasinya sih Dedicated Hosting atau VPS.

Namun jika website agan hanya berisi konten teks dan gambar yang ringan, trafik tidak terlalu tinggi, serta tidak memerlukan keamanan privasi yang tinggi, agan bisa memilih menggunakan Shared Hosting. Hosting jenis ini memiliki harga yang relatif lebih murah.

2. Membaca Ulasan Dan Testimoni Pihak Ketiga

Layanan hosting website terbaik biasanya juga terkenal karena sudah banyak yang memberikan ulasan ataupun testimoni positif. Biasanya testimoni berisi ulasan tentang kualitas layanan hosting, respon customer service, dan layanan bantuan teknis. Salah satu penyedia layanan hosting terbaik yang sudah bereputasi adalah Hostinger Indonesia.

Hostinger Indonesia merupakan penyedia layanan hosting dalam negeri yang reputasi dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Layanan yang ditawarkan juga sangat beragam dan harganya relatif terjangkau. Hostinger Indonesia menyediakan layanan Domain, Shared Hosting, VPS (Virtual Private Server), SSL, dan WordPress Hosting. Tersedia dalam berbagai paket yang bisa agan pilih sesuai dengan spesifikasi yang agan inginkan.

3. Menentukan Kebutuhan Bandwidth

Agan harus bisa memilih hosting dengan bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan agan. Jangan sampai agan mempunyai website dengan trafik yang padat namun memiliki bandwidth yang kecil. Hal tersebut dapat menyebabkan website agan down dan tidak dapat diakses.

Begitu juga jika trafik website agan tidak terlalu besar, maka jangan menggunakan layanan hosting dengan bandwidth yang super besar. Karena tentu saja akan membuat tagihan biaya hosting agan membengkak. Namun jika agan orang yang super kaya dan tidak terlalu mempermasalahkan nominal uang, maka agan boleh saja menggunakan bandwidth yang super besar.

4. Jangan Terjebak Dengan Harga

Ada pepatah yang mengatakan bahwa "Ada harga, ada rupa".  Jika agan menginginkan layanan hosting yang terbaik dan istimewa, maka secara otomatis harganya pun juga menyesuaikan dengan kualitasnya. Agan jangan tergiur dengan layanan hosting dengan spesifikasi yang timggi namun memiliki harga yang super murah.

Harga layanan hosting yang super duper murah biasanya juga menghasilkan pelayanan yang tidak profesional, server lambat, sering down, tidak ada dukungan teknis, dan tidak ada garansi tentunya.

5. Menelusuri Fitur Keamanan Hosting

Pastikan agan menanyakan kepada customer service perihal keamanan layanan hosting tersebut. Layanan hosting terbaik tentu memiliki lapisan keamanan yang terbaik pula. Apalagi website dengan CPanel sangat sering menjadi korban para hacker jahil. Pastikan agan memiliki layanan hosting yang memiliki layer keamanan yang baik.

Dari beberapa tips diatas sudah saya sebutkan bahwa salah satu penyedia layanan hosting terpercaya adalah Hostinger Indonesia. Hostinger Indonesia adalah sebuah penyedia layananan hosting yang sudah berdiri sejak tahun 2013 dibawah naungan PT. Web Media Technology Indonesia. Lokasi kantornya sama dengan Indo Blogger, yaitu berada di Yogyakarta.

Hostinger Indonesia menyediakan hosting dengan berbagai paket dengan harga yang bervariasi, paket-paket tersebut antara lain:

Web Hosting Single

Paket ini bisa dikatakan sangat murah, karena agan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar $0.80 atau sekitar Rp11.000 perbulan. Biasanya sih hosting dengan harga murah pasti memiliki kualitas yang buruk dan bandwidth yang kecil. Namun berbeda dengan paket ini, karena agan akan mendapatkan kuota Disk Space 10GB, dan bandwidth sebesar 100GB. Untuk mendapatkan spesifikasi sebesar itu, pasti harganya akan lebih mahal jika menggunakan layananan hosting lain.

Web Hosting Premium

Paket kedua adalah paket premium, tapi kalau menurut saya sih ini harganya kok tidak premium banget. Karena agan hanya perlu membayar sebesar $3.49 atau kira-kira Rp50.000 perbulan. Saya awalnya sempat ragu, apa benar paket hosting premium di Hostinger Indonesia harganya segitu? Tapi kenyataannya juga seperti itu. Dengan harga yang hampir sama dengan semangkok bakso itu, agan akan mendapatkan kuota Unlimited SSD, Unlimited bandwidth, Unlimited Subdomain, jumlah web juga unlimited, ditambah gratis domain.

Web Hosting Bisnis

Untuk bisa menikmati web hosting kelas bisnis ini, agan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar $7.95 atau sekitar Rp115.000 perbulan. Kok mahal? Tidak, untuk sekelas bisnis harga segitu terhitung sangat murah. Karena memang spesifikasi hosting yang agan dapatkan serba unlimited. Dalam satu paket hosting, agan mendapatkan jatah penyimpanan SSD unlimited, bandwidth unlimited, gratis domain, gratis SSL, dan dapat agan gunakan untuk banyak website.

Itulah beberapa tips dalam memilih layanan hosting website terbaik.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya. Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon