Sunday, 30 September 2018

Cara Mengatasi Aplikasi Game Android Force Close Atau Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Game Android Force Close Atau Keluar Sendiri

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi aplikasi game Android yang force close, keluar sendiri, atau berhenti bekerja.

Saat ini smartphone Android sudah dibangun dengan performa dan kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan banyak smartphone Android yang spesifikasi RAM dan cpu nya setara dengan laptop. Walaupun begitu tetap saja saat kita membuka aplikasi atau menjalankan game sering mengalami force close dan keluar sendiri, misalnya saat agan memainkan game Mobile Legend.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena beban kerja sistem Android lebih berat daripada laptop. Saat agan menjalankan game yang berat, sistem smartphone harus tetap standby menjaga aplikasi lainnya tetap berjalan dilatar belakang, seperti Telepon, SMS, WhatsApp, Facebook, Line, BBM, Pengelola Jaringan, dan lain sebagainya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa sistem Android mendapatkan beban berat setiap waktu, makanya rawan mengalami force close atau aplikasi game keluar sendiri.

Cara Mengatasi Aplikasi Game Android Force Close Atau Keluar Sendiri


Aplikasi Android Force Close

Terus bagaimana cara mengatasi Android yang sering mengalami force close saat membuka aplikasi dan permainan? Nah, sebelum menjawab pertanyaan itu alangkah baiknya saya bahas dahulu faktor-faktor penyebab aplikasi dan game Android mengalami force close atau keluar sendiri.

Penyebab Aplikasi Game Android Keluar Sendiri atau Force Close


1. Masalah Jaringan

Aplikasi yang bergantung pada jaringan internet kinerjanya akan terganggu atau keluar sendiri jika ada koneksi jaringan terputus. Sebenarnya hal ini hanya berlaku pada aplikasi dengan "coding" yang lemah, untuk aplikasi sekelas Facebook, WhatsApp, dan sejenisnya tidak akan terpengaruh.

2. Aplikasi Cacat atau Ada Bug

Jika agan sering mengunduh aplikasi jenis modding atau crack, pasti pernah menemui aplikasi yang ketika dibuka langsung force close atau menutup sendiri. Ya karena aplikasi versi mod sering mengalami cacat, walaupun tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi pada aplikasi dan game yang versi resmi atau official.

3. CPU Terbebani atau Memory Penuh

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal tadi, sistem Android mempunyai beban yang berat. Jika beban CPU melebihi batas maka ada salah satu atau beberapa aplikasi yang dihentikan otomatis oleh sistem dan ads juga yang mengalami galat sehingga mengalami force close. Begitu juga dengan kapasitas memory, jika tidak memadai maka aplikasi tidak bisa berjalan dengan normal.

Diatas adalah penjelasan beberapa penyebab aplikasi dan game Android mengalami force close atau keluar sendiri, untuk cara mengatasinya silakan agan lihat dibawah ini.

Tips Mengatasi Aplikasi dan Game Android Force Close atau Keluar Sendiri


1. Update Aplikasi

Setiap aplikasi game akan diupdate secara berkala untuk memperbaiki bug atau cacat, penambahan fitur, maupun penyempurnaan lainnya. Silakan agan update aplikasi agan untuk mendapatkan versi terbarunya, bisa melalui situs resminya, Google Play Store, UpToDown, APK4Fun, maupun APK Pure.

2. Memberikan Ruang Penyimpanan

Banyak aplikasi membutuhkan ruang yang cukup untuk membuat file baru atau menyimpan data yang dibuat saat agan menggunakan aplikasi. Ketika smartphone Android agan mulai kehabisan ruang penyimpanan maka akan sulit bagi aplikasi untuk membuat data. Hal ini akan membuat aplikasi macet dan force close.

Cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah memeriksa aplikasi yang sudah lama tidak digunakan dan menghapusnya. Agan juga dapat menggunakan aplikasi Android untuk membersihkan file lama dan tidak diinginkan dari perangkat, agan dapat mengunjungi artikel saya yang berjudul 5 Aplikasi Pembersih (Cleaner) Dan Mempercepat Android Terbaik.

3. Membersihkan Cache dan Data Aplikasi Game

Cara untuk mengatasi aplikasi force close selanujutnya adalah dengan menghapus cache dan data aplikasi. Jika agan menghapus cache pada aplikasi atau tidak akan menyebabkan hilangnya data penting. Caranya yaitu agan buka Pengaturan > AplikasiPilih Aplikasi/Game > Hapus Cache.

Berbeda dengan cache, jika agan menghapus data aplikasi maka semuanya akan hilang seperti password dan informasi lainnya. Namun cara ini sangat efektif memperbaiki aplikasi game yang error sering force close atau keluar sendiri. Caranya agan buka Pengaturan > Aplikasi  > Pilih Aplikasi/Game > Hapus Data.

4. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Hapus semua aplikasi di smartphone agan yang tidak digunakan.. Karena selain memenuhi penyimpanan, aplikasi tersebut bisa berjalan dilatar belakang tanpa agan sadari, sehingga bisa berdampak pada aplikasi lain yang mengalami force close atau keluar sendiri.

Tips Tambahan


1. Install Aplikasi Yang Kompatibel

Beberapa aplikasi berfungsi dengan baik pada perangkat Android tertentu dan tidak berfungsi dengan baik pada beberapa Android yang lain. Yang paling berpengaruh adalah versi Android agan. Jadi pastikan agan menginstall aplikasi atau game yang kompatibel dengan versi Android yang agan pakai.

2. Menjaga Ruang Penyimpana

Jika ruang penyimpanan Android agan tinggal sedikit, maka tidak usah menginstall aplikasi lain lagi. Karena hanya akan membuat penyimpanan menjadi sesak dan berdampak pada kinerja aplikasi lainnya.

3. Pertimbangkan Kemampuan Smartphone Android

Selalu melihat spesifikasi yang dibutuhkan saat agan ingin mengunduh aplikasi atau game. Jangan memaksakan untuk memasang aplikasi yang spesifikasinya lebih tinggi dari dari smartphone agan.

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi dan game Android yang mengalami force close atau keluar sendiri.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon