Thursday, 27 September 2018

Cara Mengatasi Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti Pada Android

Cara Mengatasi Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti Pada Android

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi error pada Android, yaitu muncul pesan Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti.

Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti adalah salah satu dari sekian banyak masalah seputar aplikasi Android yang tiba-tiba berhenti bekerja. Semua masalah pada smartphone Android yang disebabkan oleh aplikasi yang berhenti beroperasi pasti muncul pesan dengan format Sayangnya Proses <paket aplikasi> Telah Berhenti. Dimana <paket aplikasi> adalah nama paket aplikasi yang tiba-tiba berhenti tadi.

Kasus ini sangat sering terjadi, misalnya dengan kode pesan Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti yang artinya aplikasi Telepon berhenti beroperasi mendadak dan Sayangnya Proses com.android.systemui Telah Berhenti yang artinya Sistem UI agan atau pengatur tampilan antar muka Android agan berhenti beroperasi.

Masalah ini tidak hanya terjadi pada satu merk atau vendor smartphone saja, melainkan dapat terjadi pada semua smartphone Android seperti Samsung, Sony Experia, Asus, Lenovo, Xiaomi, Oppo, Vivo, LG, Mito, Huawei, dan lain sebagainya. Jika smartphone Android agan mengalami masalah dengan muncul pesan Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti, maka agan tidak akan bisa menjalankan aplikasi Telepon. Dengan begitu agan tidak akan bisa melakukan panggilan telepon.

Masalah ini biasanya muncul karena terjadi error pada sistem Android yang diakibatkan karena melakukan rooting, upgrade sistem, downgrade sistem, root, custom ROM, dan karena masalah cache penyimpanan. Diatas adalah penyebab masalah munculnya pesan Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti jika dilihat dari softwarenya. Jika dilihat dari segi hardware maka kemungkinan penyebabnya adalah komponen IC EMMC yang sudah usang. Untuk mengganti komponen IC EMMC butuh biaya yang agak lumayan, saya dulu habis Rp250.000 saat mengganti IC EMMC untuk Lenovo.

Namun agan tidak usah khawatir, masalah Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti tidak melulu harus dibawa ke tempat servis kok, agan bisa memperbaiki sendiri. Berikut adalah cara mengatasi smartphone Android yang muncul pesan Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti.

Cara Mengatasi Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti Pada Android



1. Restart

Cara pertama cukup sederhana, silakan agan restart smartphone Android agan dan tidak muncul lagi pesan Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti berarti agan beruntung. Karena bisa mengatasi masalah ini dengan mudah, tanpa perlu meneruskan membaca artikel ini sampai selesai, hehe. Namun jika belum sembuh ya lanjut ke cara selanjutnya.

2. Hentikan Paksa Aplikasi Telepon

Cara selanjutnya adalah menghentikan paksa atau force close aplikasi Telepon melalui pengaturan. Caranya buka Pengaturan > Aplikasi > Telepon > Paksa Berhenti. Selanjutnya silakan agan buka atau jalankan aplikasi Telepon, jika bisa bekerja dan tidak muncul pesan Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti berarti sudah berhasil. Jika masih keluar silahkan agan gunakan cara yang ketiga.

3. Hapus Cache 

Ada dua pilihan yang bisa agan pilih saat mau menghapus cahche, yaitu hapus cache aplikasi Telepon saja atau hapus seluruh cache yang ada di penyimpanan Android. Nah silahkan agan pilih salah satu, semuanya aman kok jadi tidak usah khawatir. Cara pertama adalah menghapus cache dari aplikasi Telepon saja, caranya buka Pengaturan > Aplikasi > Telepon > Hapus Cache.  

Cara kedua adalah menghapus seluruh cache yang ada dalam penyimpanan perangkat, caranya masuk ke Pengaturan > Penyimpanan > Data dalam cache > Hapus (Oke). Dengan begitu cache dalam aplikasi Telepon yang bisa menyebabkan munculnya pesan Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti telah hilang. Namun jika masih belum berakhir, silakan agan coba cara selanjutnya.

4. Factory Reset Smartphone

Ini adalah salah satu pilihan akhir untuk menghilangkan masalah Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti pada Android. Dengan mereset, semua pengaturan akan diset seperti bawaan pabrik, semua akun terlog out dan data pada memori internal hilang semua. Sebelum melakukan reset pabrik silakan agan amankan data dulu yang dirasa penting dengan melakukan backup data. Namun jika smartphone agan isinya tidak penting semua ya tidak perlu melakukan backup.

Untuk melakukan factory reset, caranya agan masuk ke Pengaturan > Buat cadangan & setel ulang > Reset data pabrik. Jika ROM Android agan tidak bermasalah, maka cara ini saya yakin bisa menyembuhkan masalah Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti. Namun bagaimana jika masih tidak sembuh? Ya berarti agan harus menginstall ulang ROM, baik dengan ROM yang sama maupun beda.

5. Bawa Ke Tempat Servis

Ini adalah cara terakhir untuk mengatasi masalah Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti. Kenapa harus dibawa ke tukang servis? Ya karena biar langsung ditangani sama ahlinya. Jika sudah sampai begini kemungkinan kerusakan ada pada IC EMMC atau penyimpanan internal perangkat. Kita tidak akan bisa jika mengganti sendiri, kecuali agan adalah mekanik smartphone. Namun saya yakin jika agan adalah mekanik smartphone, tidak akan membaca artikel ini, hehe. Oke cara terakhir ini 99% bisa mengatasi masalah Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti.

Nah diatas adalah cara mengatasi masalah Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti. Terus bagaimana dengam cara mengatasi masalah sayangnya sayangnya yang lain seperti Sayangnya Proses com.android.systemui Telah Berhenti? Caranya hampir sama sebenarnya, tapi akan saya bahas pada kesempatan lain.

Sekian pembahasan tentang cara mengatasi Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon