Tuesday, 30 October 2018

5 Teknologi Tahun 80-an Yang Menjadi Sumber Kemajuan IT

5 Teknologi Tahun 80-an Yang Menjadi Sumber Kemajuan IT

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa teknologi tahun 80-an yang menjadii cikal bakal kemajuan teknologi IT saat ini.

Era kemajuan teknologi digital paling pesat adalah sekitar tahun 1980 atau bisa kita sebut tahun 80-an. Pada kurun waktu sepuluh tahun tersebut banyak bermunculan terobosan-terobosan baru dalam dunia teknologi yang menjadi cikal bakal dari teknologi yang ada saat ini. Berikut adalah terobosan teknologi terbesar tahun 80-an.

Terobosan Teknologi Tahun 80-an Yang Menjadi Sumber Kemajuan IT


1. IBM 5150




IBM 5150 adalah komputer yang rilis tahun 1980 yang dulu sangat tenar. Pada waktu itu harganya masih terbilang mahal, yaitu $2000. Dengan harga semahal itu, agan hanya mendapatkan komputer dengan spesifikasi yang sangat minim jika dibabdingkan dengan saat ini. Yaitu dengan kapasitas RAM 64 Kb dan prosesor 16-bit 4.77 Mhz.

Walaupun memiliki spesifikasi yang sangat terbatas namun IBM 5150 menjadi dasar dari perkembangan komputer yang gencar dikembangkan oleh banyak perusahaan hingga menjadi seperti komputer yang biasa agan temui saat ini.

2. Microsoft Windows 1.0



Windows adalah sistem operasi komputer paling populer di dunia yang juga pertamakali rilis pada tahun 80-an. Tepatnya pada bulan November 1985 sistem operasi pertama dari Microsoft, yaitu Windows 1.0 resmi dirilis. Versi pertama dari sistem operasi Windows ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan versi Windows saat ini (Windows Xp keatas). Karena pada waktu itu lebih cenderung sebagai perpanjangan dari MS DOS. Fitur yang ada pada Windows versi pertama tersebut antara lain Notepad, Paint, dan Control Panel.

3. CD (Compact Disc)



CD adalah media penyimpanan file yang bahkan masih banyak digunakan sampai saat ini. Yang paling umum CD digunakan untuk menyimpan file software, video, audio, gambar, game, dan file berkas lainnya. CD atau Compact Disc dirilis pada tahun 1982 hasil dari kerja sama antara Sony dengan Philips.

Salah satu kekurangan dari CD adalah riskan rusak dan bentuknya yang lumayan besar. Oleh karena itu sekarang jumlah pengguna CD sudah jauh berkurang karena lebuh memilih menggunakan flashdisk yang lebih kecil, kapasitas lebih besar, dan tidak mudah rusak.

4. Sony Walkman



Sony Walkman adalah gadget portable yang digunakan untuk memutar musik dari kaset. Dilrilis di Amerika Serikat dan Inggris pada tahun 1980 dan langsung meledak dipasaran waktu itu. Bisa dibilang Walkman ini menjadi barang wajib bagi para anak muda era itu. Sony Walkman ini adalah cikal bakal dari perkembangan teknologi alat pemutar musik seperti iPod dan MP3 Player Portable saat ini.

5. Motorola DynaTAC 8000x



Motorola DynaTAC 8000x adalah telepon genggam yang dirilis oleh Motorola pada tahun 1983. Telepon genggam yang terbilang terlalu besar ini memiliki panjang 25 Cm, berat 785 gram, dan diberi harga $3995. Motorola DynaTAC 8000x ini adalah cikal bakal dari handphone dan smartphone yang ada pada saat ini.

Itulah beberapa teknologi yang rilis pada era tahun 80-an yang menjadi cikal bakal kemajuan teknologi IT saat ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon