Sunday, 14 October 2018

Pengertian Dan Tata Cara Latihan Mengetik 10 Jari Untuk Pemula

Tags

Pengertian Dan Tata Cara Latihan Mengetik 10 Jari Untuk Pemula

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian dan tata cara latihan mengetik 10 jari untuk pemula pada komputer.

Mengetik 10 jari adalah suatu keterampilan yang penting. Bagi agan yang bekerja didepan komputer dan selalu melakukan pekkerjaan mengetik maka agan wajib menguasai teknik mengetik 10 jari. Pada awalnya Mengetik dengan 10 jari memang susah, karena agan harus bisa membagi tugas tiap jari agan pada tombol-tombol tertentu.

Sebenarnya apa sih manfaat dari mengetik 10 jari? Tentu saja manfaatnya sangat besar, agan bisa mengetik dengan lebih cepat, tepat, dan efisien. Jika agan menguasai teknik mengetik 10 jari maka agan sudah pasti hafal dengan posisi tombol pada keyboard, manfaatnya agan bahkan bisa mengetik tanpa perlu melihat keyboard.

Terus bagaimana tata cara latihan mengetik 10 jari untuk pemula? Nah silakan agan simak artikel ini sampai selesai, karena akan saya jelaskan satu persatu mulai dari pengertian mengetik 10 jari, tata cara latihan 10 jari, pembagian tugas jari, dan beberapa aplikasi game yang bisa agan gunakan untuk latihan mengetik 10 jari.

Pengertian Dan Tata Cara Latihan Mengetik 10 Jari Untuk Pemula



Pengertian Mengetik 10 Jari

Mengetik 10 jari adalah suatu teknik memgetik dengan menggunakan 10 jari dimana setiap jari memiliki pembagian tugas masing.

Pembagian Jari Dalam Teknik Mengetik 10 Jari


Untuk pembagian tugas jari dalam teknik mengetik 10 jari bisa agan lihat pada gambar diatas. Atau jika masih kurang jelas agan bisa melihat penjelasan pembagian huruf dalam teknik mengetik 10 jari dibawah ini.

Tangan Kanan:
Jari Kelingking: [P] [0] [;] [shift]
Jari Manis: [9] [O] [L] [.] [>]
Jari Tengah: [8] [I] [K] [,] [<]
Jari Telunjuk: [7] [U] [J] [M] [6] [Y] [H] [N]
Ibu Jari: [spasi]

Tangan Kiri:
Jari Kelingking: [caps lock] [shift] [1] [Q] [A] [Z]
Jari Manis: [2] [W] [S] [X]
Jari Tengah: [3] [E] [D] [C]
Jari Telunjuk: [4] [R] [F] [V] [5] [T] [G] [B]
Ibu Jari: [spasi]

Tata Cara Latihan Mengetik 10 Jari


1. Hafalkan Letak Huruf

Pertama-tama agan latihan mengetik dulu sebisanya sambil menghafal posisi huruf dalam keyboard. Tidak usah memaksakan diri untuk menggunakan teknik mengetik 10. Terus saja agan mengetik sebisanya. Tujuanya adalah untuk menghafalkan letak huruf dalam keyboard. Kalau dirasa sudah lumayan hafal, silahkan lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Posisikan pada Center F dan J

Nah pada tahap ini agan sudah mulai latihan menerapkan teknik mengetik 10 jari. Taruh tangan agan pada posisi tengah atau center. Caranya yaitu posisikan jari telunjuk tangan kiri diatas tombol F dan posisikan jari telunjuk kanan pada tombol J. Silahkan agan raba 2 tombol tersebut, umumnya ada tanda khusus untuk mempermudah mengetik 10 jari.

Posisi center ini adalah posisi utama tangan agan, usahakan posisi tangan agan tetap disini ketika mengetik.

3. Mulai Mengetik 10 Jari

Mulailah agan mengetik dengan 10 jari, pelan-pelan saja. Cari kalimat-kalimat bebas, agan juga bisa menulis lirik lagu. Latihlah secara rutin, nanti skill mengetik 10 jari agan menjadi bagus.

4. Latihan Mengetik 10 Jari Dengan Web, Game, dan Aplikasi.

Nah untuk mempermudah agan dalam belajar mengetik 10 jari, agan bisa menggunakan bantuan web, game, dan aplikasi. Website yang bisa agan gunakan untuk berlatih mengetik 10 jari salah satunya adalah Typing Tutor Online. Sedangkan untuk game atau aplikasi yang dapat membantu agan untuk berlatih mengetik 10 jari adalah Typing Master, UltraKey, Rapid Typing, dan Typer Shark Deluxe.

Untuk bisa menguasai teknik mengetik 10 jari, agan harus sabar dan konsisten untuk berlatih. Tidak ada cara instan untuk bisa menguasai.

Sekian pembahasan tentang pengertian dan tata cara latihan mengetik 10 jari untuk pemula pada komputer kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon