Wednesday, 24 October 2018

Cara Menggunakan Linux Pada Android Tanpa Root Dengan UserLAnd

Cara Menggunakan Linux Pada Android Tanpa Root Dengan UserLAnd

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menggunakan Linux pada smartphone Android tanpa root menggunakan UserLAnd.

UserLAnd dapat agan gunakan sebagai emulator untuk install Linux di Android. Apa itu UserLAnd? Apa yang dibutuhkan untuk melakukan installasi Linux di Android?
Nah, saya akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas melalui artikel ini. Jadi silakan agan simak sampai selesai.

Cara Menjalankan Linux di Android Tanpa Root


Cara Menggunakan Linux Pada Android Tanpa Root Dengan UserLAnd

Belum lama ini saya menemukan sebuah aplikasi yang dapat membantu agan menjalankan Linux di Android. Aplikasi ini adalah UserLAnd, dan sepenuhnya gratis karena sifatnya open source. Kode dari UserLand dapat diakses bebas melalui GitHub.

Versi terbaru dari aplikasi ini adalaha 1.0.0, rilis setelah dilakukan penyempurnaan pada versi demo beta 0.5.3 yang sedang dikembangkan beberapa bulan terakhir. Sejak awal, Android memang sistem operasi yang berasal dari Linux yang dimodifikasi. Jadi masuk akan bila Android mampu menjalankan perintah Linux dan menggunakan tool seperti ssh.

Cara Menggunakan Linux Pada Android Tanpa Root Dengan UserLAnd

UserLAnd mempermudah agan untuk menjalankan Linux di Android seperti distro Debian dan Ubuntu. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah memungkinkan agan menggunakan Linux di smartphone Android tanpa root.

Karena proses rooting memang dapat membuka celah yang rentan dari segi keamanan dan secara otomatis menghilangkan garansi dari smartphone tersebut. Untuk menggunakan aplikasi UserLAnd, agan hanya perlu menginstal aplikasi seperti pada umumnya.

Ada 2 mode yang dapat agan pilih untuk menjalankan Linux di Android menggunakan UserLAnd. Metode pertama adalah menggunakan sekali klik dengan pengaturan konfigurasi default. Metode kedua adalah kustom, dimana agan dapat mengatur filesystem dan layanan yang agan gunakan (ssh atau vnc) sesuai keinginan.

Setelah itu aplikasi akan mengunduh file yang diperlukan untuk menjalankan Linux di Android, melakukan konfigurasi, dan menghubungkan ke server. Secara umum seperti itu prosesnya.

Jika agan ingin mendapatkan informasi mendetail penggunaan UserLAnd untuk menjalankan Linux di Android, agan dapat mengunjungi situs website UserLAnd dan laman utama Project GitHub UserLAnd.


Sekian pembahasan singkat tentang cara menggunakan Linux pada smartphone Android tanpa root menggunakan UserLAnd.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon