Saturday, 20 October 2018

Pengertian, Fungsi, Dan Macam Perangkat Lunak Pengolah Kata

Pengertian, Fungsi, Dan Macam Perangkat Lunak Pengolah Kata

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian dari perangkat lunak pengolah kata beserta fungsi dan macam-macamnya pada perangkat komputer.

Perangkat lunak pengolah kata pada komputer sangat penting karena memegang peran utama. Manfaat perangkat lunak pengolah kata sangat besar, hampir setiap aktivitas dengan komputer membuhkan perangkat lunak pengolah kata.

Software atau perangkat lunak pengolah kata banyak jenisnya, walaupun secara garis besar mempunyai fungsi yang hampir sama, namun memiliki keunggulan masing-masing. Walaupun perangkat lunak pengolah kata bisa memasukan angka, namun ada perangkat lunak khusus yang berfungsi untuk mengolah angka. Namun saya tidak akan membahas tentang perangkat lunak pengolah angka.

Pembahasan ini akan saya bagi-bagi perbagian agar lebih mudah dipahami, dimana satu bagian membahas satu penjabaran sub bab. Sub bab yang akan saya bahas antara lain pengertian perangkat lunak pengolah kata, manfaat perangkat lunak pengolah kata, jenis-jenis perangkat lunak pengolah kata, dan fungsinya.

Pengertian, Fungsi, Dan Macam Perangkat Lunak Pengolah Kata


Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat Lunak Pengolah Kata

Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata

Pengertian dari perangkat lunak pengolah kata adalah sebuah aplikasi pada komputer yang digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan membuat tulisan seperti dokumen, surat, buletin, buku, laporan, makalah, brosur, dan lain sebagainya.

Perangkat lunak pengolah kata umumnya tidak hanya mampu untuk mengolah tulisan saja, namun bisa membuat diagram, tabel, symbol, gambar, dan objek. Karena banyak karya tulis yang membutuhkan pelengkap data seperti gambar, tabel, maupun diagram.

Macam-Macam Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata banyak sekali jenisnya, setiap jenis juga mempunyai keunggulan masing-masing. Perangkat lunak pengolah kata yang paling banyak dikenal contohnya adalah Microsoft Word, OpenOffice Writer, Lotus Word Pro, dan Wordperfect. Berikut adalah penjelasannya.

1. Microsoft Word

Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft yang di bundle menjadi satu dalam paket Microsoft Office, yang isinya antara lain ada Microsoft Office, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Outlook, Microsoft Access, Microsoft Publisher, dan lain sebagainya.

Microsoft Word sangat banyak penggunanya karena memiliki fitur yang lengkap, mudah digunakan, dan terintegrasi perangkat lunak lain seperti Power Point. Kekurangan dari perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word adalah harganya yang lumayan mahal. Sehingga banyak yang beralih ke aplikasi yang sifatnya freeware atau opensource.

2. Lotus Word Pro

Lotus Word Pro merupakan perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh IBM, di bundle bersama Lotus 123 yang merupakan perangkat lunak pengolah angka yang sejenis dengan Microsoft Excel yang dikeluarkan dalam paket Lotus Smartsuite. Lotus Word Pro dapat dijalankan di komputer Windows.

Kelebihan dari aplikasi pengolah kata ini adalah dapat membuka dan menjalankan file dokumen dari Microsoft Word, sehingga tidak ada halangan untuk melakukan pertukaran dokumen. Selain kelebihan tersebut, Lotus Word Pro juga memiliki fitur-fitur yang update. Dengan fitur ini agan mampu meningkatkan produktivitas.

Lotus word Pro memungkinkan agan untuk mendiktekan secara langsung teks-teks yang ingin agan ketik. Lotus Word Pro juga dilengkapi dengan fasilitas Helpfull Menu Finder yang bisa membantu agan dalam menemukan seluruh perintah yang sesuai dengan perintah wordperfect. Kelebihan software ini adalah dapat digunakan untuk menuliskan bahasa HTML, dimana agan tidak dapat melakukan hal ini di Microsoft Word.

3. Corel Word Perfect

Corel Word Perfect adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Corel. Software ini dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Windows. Untuk penggunaanya tidak akan sulit, bagi agan yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word maka tidak akan kesulitan menggunakan Corel Word Perfect.

Keunggulan dari perangkat lunak pengolah kata Corel Word Perfect adalah dapat bekerja bedampingan dengan Microsoft Office,, dimana agan dapat membuka file Microsoft PowerPoint, Microsoft Word, dan Microsoft Excel. Dari harga juga relatif lebih murah, harga Corel Word Perfect hanya setengah dari Microsoft Office.

4. Star Office Writer

Star Office Writer adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata yang populer karena memiliki fitur yang lengkap dan gratis. Iya benar, Star Office Writer memang gratis dan bersifat open source. Walaupun gratis, fitur dari perangkat lunak pengolah kata ini tidak kalah dengan Microsoff Word. Bahkan mampu membuka file dari Microsoft Word dan Corel Word Perfect, sehingga sangat fleksibel.

Karena sifatnya yang open source, membuat perangkat lunak ini mudah dikembangkan. Bahkan sekarang sudah menjadi perangkat lunak multiplatform yang bisa berjalan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Solaris, dan MacOS. Bahkan sudah tersedia banyak sekali contoh resume surat, fax, dan lain sebagainya untuk panduan yang memudahkan agan untuk menulis. Agan dapat mendapatkan perangkat lunak pengolah kata ini gratis melalui link dibawah ini.

5.Open Office Writer

Open Office Writer adalah perangkat lunak pengolah kata yang bersifat opensource sehingga dapat agan gunakan secara gratis. Aplikasi ini sangat fleksibel karena dapat membuka file dari pengolah kata lain seperti *.doc, *.rtf, dan *.odt. Bahkan juga dapat mengkonversi dokumen ke format PDF (Portable Document Format).

Walaupun perangkat lunak pengolah kata ini gratis, tetapi memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dengan yang versi berbayar, seperti fitur AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and formatting, Text Frames and Linking, Table of Content, Indexing, Bibliographical references, Illustrations, dan Tables.

6. Abi Word

Abi Word adalah aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, QNX, Solaris, dan FreeBSD. Aplikasi pengolah kata Abi Word dapat menjalankan dan merubah berbagai file dokumen dari Open Office, Microsoft Word, Word Perfect, Rich Text Format (rtf), HTML, dan lain sebagainya. Pada software Abi Word juga dilengkapi fitur seperti advanced document layout options yang memungkinkan agan untuk membuat dokumen dengan tampilan yang lebih professional dan elegan.

Abi Word sudah mendukung banyak bahasa, lebih dari 30 bahasa. Abi word memiliki kemiripan dengan Microsoft word yang memiliki fitur mail merge yang dapat melakukan automasisasi pekerjaan untuk memuat surat. Satu kelebihan dari perangkat lunak pengolah kata Abi Word ini adalah ukuran programnya yang sangat kecil dan ringan. Sehingga cocok untuk dipakai pada komputer kelas menengah kebawah.

7. KWord

Kword adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata gratis terbaik dan merupakan proyek dari KOffice yang bekerja pada lingkungan Desktop Environment. Kword didesain untuk dapat digunakan pada banyak platform sistem operasi. KWord dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Macintosh.

Pengembangan perangkat lunak pengolah kata ini dimulai pada awal tahun 1998 dengan frame yang dibuat oleh FrameMarker, hingga pada awal tahun 2000-an KWord menjadi kurang terpelihara dan akhirnya mulai ditinggalkan oleh para penggunanya.

Semua fitur yang ada di Kword sama dengan yang ada pada program aplikasi pengolah kata pada umumnya, namun sangat disayangkan aplikasi ini masih kalah populer dengan produk perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft.

Fungsi Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata memiliki banyak sekali fungsi, antara lain:

  1. Menyunting dan melakukan pemformatan pada dokumen.
  2. Mencetak dokumen.
  3. Membuat Cover.
  4. Memberikan hiasan/bingkai pada sebuah dokumen.
  5. Mengarsipkan sebuah tulisan.
  6. Penulisan digital.
  7. Untuk kepentingan kepenulisan perusahaan, dan lain sebagainya.


Itulah pembahasan singkat tentang pengertian dari perangkat lunak pengolah kata beserta fungsi dan macam-macamnya pada perangkat komputer.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

SOURCE

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon