Wednesday, 14 November 2018

Cara Memperbaiki HP Android Terkena Air

Cara Memperbaiki HP Android Terkena Air

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara memperbaiki HP Android yang terkena air.

Kita memang selalu berusaha berhati-hati saat beraktivitas, termasuk ketika sedang menggunakan smartphone Android. Namun yang namanya kecelakaan kadang tidak bisa dihindari karena memang tidak terduga. Saya belum lama ini juga mengalami hal tersebut, yaitu HP saya terjatuh di wastafel penuh air, sedangkan HP saya bukan smartphone anti air.

Ketika itu saya panik, HP langsung saya angkat dari dalam air dan saya goyang-goyangkan untuk menjatuhkan air yang masuk kedalam HP saya. Nah itu adalah kesalahan besar saya, seharusnya saat HP terkena air kita tidak boleh menggoyangkan smartphone untuk mengeluarkan air, karena air yang sudah ada di celah casing HP malah akan semakin menyebar dan merusak komponen mesin HP. Jadi sebeharnya apa sih yang harus dilakukan ketika HP Android terkena air? Simak artikel ini sampai selesai.

Cara Memperbaiki HP Android Terkena Air



Langkah Pertama dan Paling Penting


Saat HP agan terkena air, langkah pertama adalah mematikan HP Android agan. Jika memungkinkan, copot baterai smartphone agan untuk menghindari hubungan arus pendek. Selanjutnya lepas semua yang bisa dilepas, seperti kartu SIM dan kartu memori. Jangan sampai kartu SIM dan kartu memori ikut rusak karena kena air. Langkah selanjutnya adalah proses mengeringkan HP yang terkena air tersebut.

Proses Pemgeringan Awal


Diawal tadi sudah saya ceritakan bahwa mengguncangkan HP untuk meniriskan air adalah sebuah langkah yang tidak benar karena malah membuat air semakin masuk dan menyebar di dalam mesin HP. Langkah yang benar adalah mengelap air yang ada diluar HP Android agan dengan kain yang lembut dan menyerap air, atau juga bisa dengan menggunakan tisu kering.

Mengeringkan HP Dengan Beras



Setelah air di luar kering, sekarang saatnya mengeringkan air yang ada didalam HP Android agan. Cara pertama ini menggunakan beras. Yaitu masukan HP agan kedalam beras ditempat tertutup, kalau ditempat terbuka ya percuma. Cara paling mudah yaitu masukan HP yang terkena air bersam dengan beras kering kedalam plastik, seperti pada gambar diatas.

Proses ini memang membutuhkan waktu agak lama, bisa sampai 7 hari. Namun hasilnya memuaskan kok gan, sudah banyak yang membuktikannya. Untuk cara mengeringkan HP Android terkena air yang lebih cepat, bisa menggunakan cara lain seperti dibawah ini.

Mengeringkan HP Dengan Gel Silika



Gel Silika adalah butiran padat seperti kaca berukiran kecil yang terbuat dari Natrium Silikat. Teksturnya yabg berongga membuatnya menjadi menyerap dan mengikat air atau kelembaban.

Biasanya setiap agan membeli produk baru seperti sepatu atau produk elektronik pasti ada gel silika. Nah dengan menggunakan bahan ini kita bisa mengeringkan HP Android yang terkena air dengan cepat, lebih cepat dari beras.

Caranya sama, masukan HP yang terkena air dan gel silika ditempat yang tertutup rapat, dalam plastik juga bisa. Setelah itu agan tunggu 2-3 hari sampai HP benar-benar kering.

Oh iya, agan bisa membeli gel silika di Bukalapak, Tokopedia, atau toko-toko perkakas rumah tangga. Harganya juga sangat murah kok.

Metode Lain


Ada cara lain untuk mengeringkan HP Android yang terkana air, misalnya dengan menggunakan microwave dan dijemur dibawah sinar matahari. Namun sebaiknya agan jangan coba-coba menggunakan microwave atau oven, karena berbahaya. Jika agan ingin menggunakan sinar matahari, itu tidak masalah.

Tetapi agan harus berhati-hati, yaitu jangan menjemur HP agan secara langsung dibawah terik matahari. Agan bisa melapisinya dulu dengan handuk kering agar tidak terlalu panas dan jangan menjemurnya lebih dari 1 jam.

Pada kasus yang lain mungkin HP agan tidak hanya tercebur dalam air biasa, bisa jadi HP Android agan masuk ke cairan yang bukan air. Sehingga sebelum dikeringkan agan harus mencuci HP agan dahulu. Jika zat tersebut susah hilang, biasanya kita bisa mencucinya dengan menggunakan alkohol.

Alkohol memang manjur digunakan untuk membersihkan, nanun berbahaya bagi layar smartphone. Tapi walaupun ada cacat sedikit di layar smartphone, setidaknya smartphone agan bisa hidup lagi.

Kesimpulan


HP Android yang terkena air masih bisa diselamatkan selama benar dalam penanganannya. Untuk mengeringkannya bisa menggunakan beras maupun gel silika. Namun kalau di tempat servis HP resmi, untuk mengeringkannya tidak menggunakan beras dan gel silika, tetapi menggunakan alat khusus berupa vacum yang diproduksi oleh perusahaan Redux. Jika agan mau, agan juga bisa menggunakan alat tersebut. Bentuk alatnya seperti gambar dibawah ini.


Sekian pembahasan tentang cara memperbaiki HP Android yang terkena air kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

1 komentar so far

Mantap min, Masukan HP ke dalam beras terbukti Wirk , sekarang HP nya bisa nyala lagi :)

Nitip:
http://andrialdemar.blogspot.com

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon