Tuesday, 6 November 2018

Pengertian Dan Cara Kerja BlueSmack, Serangan DoS Melalui Bluetooth

Pengertian Dan Cara Kerja BlueSmack, Serangan DoS Melalui Bluetooth

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas membahas tentang pengertian dan cara kerja BlueSmack, Serangan DoS melalui Bluetooth.

Pengertian BlueSmack Attack adalah adalah serangan DoS yang dilancarkan menggunakan Bluetooth sebagai medianya. Sistem kerja serangan ini sejenis dengan serangan Ping of Death. Dimana penyerangan menggunakan lapisan L2CAP untuk mengirim paket dalam volume besar sehingga receiver tidak mampu menerima dan mengakibatkan serangan DoS.

Sebenarnya serangan DoS jenisnya sangar beragam, untuk lebih jelasnya agan bisa melihat artikel saya yang berjudul Pengertian, Jenis DDoS, Dan Cara Melindungi Server Dari Serangan DoS. Sebelum membahas lebih jauh tentang serangan DoS dengan teknik BlueSmack, alangkah baiknya kita mempelajari dulu apa itu pengertian L2CAP.


Pengertian L2CAP

Untuk memahami L2CAP kita harus mengetahui dulu semua lapisan dari protokol Bluetooth. Berikut adalah lapisan protokol Bluetooth:

  • SDP
  • LMP
  • L2CAP
  • RFCOMM
  • TCS



Protokol SDP

SDP atau Service Discovery Protocol adalah bagian yang bertanggung jawab untuk mendeteksi layanan yang diberikan oleh perangkat Bluetooth lain yang diaktifkan. Sebuah perangkat Bluetooth yang aktifkan dapat melacak keberadaan perangkat Bluetooth lain yang diaktifkan dalam jangkauan operasi menggunakan protokol ini.

Protokol LMP

LMP atau link Managing Protocol bertanggung jawab untuk melakukan interaksi antar perangkat Bluetooth yang aktif. Sebuah perangkat Bluetooth yang aktif dapat dipasangkan dengan perangkat Bluetooth yang lain juga sama-sama aktif menggunakan protokol ini.

Protokol L2CAP 

L2CAP atau Logical Link Control and Adaption Protokol merupakan bagian yang menyediakan layanan data connectionless dan connection-oriented ke lapisan atas dari lapisan protokol Bluetooth.

Protokol RFCOMM

RFCOMM atau Radio Frequency Communication adalah protokol yang menggunakan L2CAP dan bertanggung jawab untuk menyediakan port serial ke perangkat lain. Sebuah perangkat Bluetooth yang aktif dapat menghubungkan dengan perangkat Bluetooth lain sebanyak 60 secara bersamaan menggunakan protokol RFCOMM.

Protokol TCS

TCS atau Telephony Control Protocol adalah protokol yang menggunakan L2CAP dan menyediakan fungsi pengendalian terhadap aplikasi telephony.

Cara Kerja Serangan DoS BlueSmack 

Dalam protokol L2CAP, kita bisa meminta dan menerima echo dari perangkat Bluetooth lain. Hal ini dilakukan menggunakan fitur ping L2CAP. Ping L2CAP ini sebenarnya membantu dalam memeriksa konektivitas dan waktu roundtrip dari sambungan Bluetooth yang saling terhubung.

Setiap perangkat memiliki batas pada ukuran ping L2CAP ini. Jika kita mendapatkan paket ping L2CAP yang melebihi batas ukuran, maka akan menyebabkan crash. Dan hal ini dimanfaatkan oleh para penyerang untuk melakukan serangan DoS, cara kerjanya mirip dengan Ping of Death.

Serangan BlueSmack dapat dilakukan dengan alat-alat yang bisa mengirimkan paket melalui Linux Bluez Utils.

l2ping adalah tool standar dari distribusi BlueZ Utils yang memungkinkan kita untuk menentukan panjang paket dari l2ping menggunakan -s <ukuran paket> option. Mayoritas perangkat sudah menunjukan gejala mau crash saat dikirim paket sebesar 600 bytes. Semakin besar paketnya maka semakin efektif pula serangannya.

Cara Pencegahan Serangan DoS Bluetooth BlueSmack

  • Matikan Bluetooth jika tidak digunakan.
  • Jangan menyimpan PIN pairing Bluetooth secara permanen.
  • Gunakan pengaturan Bluetooth, misalnya hanya mampu disambungkan dengan perangkat lain tidak lebih dari 3 meter.


Sekian pembahasan singkat tentang pengertian dan cara kerja BlueSmack, Serangan DoS melalui Bluetooth kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon