Sunday, 18 November 2018

6 Software Audio Mixer, Equalizer, Dan Surround Sound PC Terbaik

6 Software Audio Mixer, Equalizer, Dan Surround Sound PC Terbaik

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang software PC atau komputer terbaik untuk soud system, yaitu software audio mixer, software equalizer, dan software surround sound.

Software sound system ini berjalan pada PC atau komputer, dan karena saya menggunakan Windows 10 maka saya belum bisa mengecek di Windows lain. Namun umumnya jika software audio mixer, equalizer, dan surround sound ini bisa dijalankan di Windows 10 berarti juga bisa digunakan pada PC dengan OS Windows 7, dan Windows 8.

Dalam artikel ini saya sudah memilah beberapa software pengolah audio yang meliputi 3 jenis, yaitu software audio mixer, software equalizer, dan software surround sound yang masing-masing saya pilih yang terbaik menurut versi saya. Berikut adalah software sound system terbaik untuk komputer PC.

Software Audio Surround Sound PC Terbaik


Dengan menggunakan software surround sound di PC, membuat suara audio game dan film dari headphone stereo agan menjadi lebih realistis. Suara surround virtual akan membuat agan seakan-akan berada ditempat dimana film atau game tersebut berasal. Berikut adalah software audio surround sound PC terbaik.

1. Razer Surround 



Razer Surround adalah software audio surround sound 7.1 yang dirancang untuk memberikan efek suara surround virtual ke sebuah headphone atau earphone stereo. Software ini dikembangkan oleh perusahaan Razer, dari namanya saja pasti agan sudah tahu bahwa software audio ini memang dirancang khusus untuk game. Jika agan bermain game seperti BattleField 5 dengan menggunakan Razer Surround, maka agan akan mendapatkan efek sound yang menakjubkan, seakan-akan agan berada di tengah medan perang.

Untuk menggunakan efek virtual dari Razer Surround Sound untungnya sangat mudah, untuk mematikan dan nenghidupkan efek audio tersebut agan hanya perlu melakukan satu kali klik. Menurut saya Razer Surround benar-benar pilihan terbaik bagi para gamer.

Spesifikasi Yang Dibutuhkan:
  • Windows 7/8/8.1/10, 32-bit dan 64-bit
  • Ruang minimal 100 MB

2. Dolby Atmos



Software audio Dolby Atmos dapat diakses dengan mengunduh aplikasi Dolby Access dari Microsoft Store di Windows 10.  Pengoperasian Dolby Atmos agak lebih ribet daripada Razer Surround. Namun untuk Dolby Atmos lebih diutamakan untuk agan yang menggunakan headphone yang sudah mendukung fitur surround sound.

Silakan agan mencoba menggunakan software ini dan rasakan apakah ada perbedaan saat mengaktifkan surround sound dan tidak. Secara keseluruhan, Dolby Atmos adalah software audio surround sound PC yang sangat baik.

Spesifikasi Yang Dibutuhkan:
  • Windows 10 versi 15063.0 keatas 32-bit dan 64-bit

Software Audio Equalizer PC Terbaik


Dengan equalizer, agan bisa mengubah profil audio di PC atau komputer agan. Dimana equalizer ini biasanya digunakan untuk meningkatkan bass dan aspek-aspek lainnya saat mendengarkan musik maupun memutar film.

Dengan dengan software equalizer ini, agan dapat memilih preset yang sesuai untuk genre musik tertentu atau membuat preset equalizer khusus agan sendiri di PC. Saya sudah memilih dua software equalizer dibawah ini yang menurut saya terbaik di komputer PC Windows.

1. FxSound Enhancer



FxSound Enhancer melalui situs webnya mengklaim bahwa software ini mampu meningkatkan kualitas musik di PC agan. Software ini menggunakan preset EQ untuk memperbaiki kualitas suara, namun semuanya juga tergantung dengan kualitas speaker audio yang agan pakai.

Pada dasarnya ketika agan mengaktifkan software FxSound Enhancer maka secara otomatis akan menambahkan preset EQ didalam audio dan akan meningkatkan kualitas musik di PC agan. Software ini menggunakan teknik dekompresi audio yang membuat suara musik menjadi lebih jernih dan jelas. Agan dapat merasakan efeknya saat agan melakukan streaming langsung di YouTube atau platform lainnya.

Spesifikasi Yang Dibutuhkan:
  • Windows XP/Vista/7/8/8.1/10, 32-bit dan 64-bit
  • Ruang minimal 50 MB

2. APO Equalizer dengan Peace Interface



Jika agan menginginkan software equalizer PC yang nyaman, tampilan bagus, dan pengaturan yang mudah, saya tetap menyarankan agan untuk menggunakam FxSound Enhancer di atas. Namun jika agan bersedia untuk sedikit melakukan otak-atik preset audio dan mencari software yang gratis maka agan bisa menggunakan APO Equalizer, karena sifatnya meman open source.

Pengaturannya memang sedikit membutuhkan waktu dan agan perlu membaca file untuk operasional dengan teliti. Agan harus menginstal software Equalizer APO di PC agan dan kemudian mengunduh Peace Interface. Kombinasi APO Equalizer dan Peace Interface memberikan kontrol audio yang kuat dan tampilan interface yang interaktif.

Dengan menggunakan Peace Interface, agan mendapatkan kendali penuh untuk membuat preset audio equalizer agan sendiri. Ada juga beberapa preset yang sudah tersedia sebagai sample, dan agan bisa langsung menggunakannya. Software audio equalizer ini berjalan lancar tanpa kendala di komputer PC Windows 10.

Spesifikasi Yang Dibutuhkan:
  • Windows XP/Vista/7/8/8.1/10, 32-bit dan 64-bit
  • Ruang minimal 50 MB


Software Audio Mixer PC Terbaik


Fitur audio mixer pada komputer standar sangat terbatas, jadi saya pikir perlu lah kita menambah software tambahan pengelola sound system untuk audio mixer. Saya memberikan 2 rekomendasi software audio mixer terbaik yang bisa agan tambahkan di PC agan.

1. Eartrumpet



EarTrumpet telah dianggap sebagai salah satu software audio mixer terbaikpada Windows 10. Dari segi tampilan, audio mixer ini bahkan tidak menampilkan jendela program, namun menyatu dengan menu utility Windows 10.  Pada dasarnya fungsi dari EarTrumpet memang diperuntukan untuk memperluas UI audio mixer standar pada Windows 10.

Dengan EarTrumpet agan dapat mengontrol volume masing-masing dari setiap program yang terbuka dan agan dapat mengganti perangkat pemutaran media. Agan juga bisa mengatur perangkat audio default untuk program tertentu.

Yang saya sukai dari software audio mixer ini adalah mampu terintegrasi dengan baik ke Windows 10, sehingga lebih mirip seperti pembaruan terhadap audio mixer bawaan daripada program pihak ketiga.

EarTrumpet adalah program audio mixer gratis yang bisa agan download dari Microsoft Store, sayangnya software ini hanya tersedia untuk PC dengan sistem operasi Windows 10 saja.

Spesifikasi Yang Dibutuhkan:
  • Windows 10, 32-bit dan 64-bit

2. VoiceMeeter



VoiceMeeter adalah software audio mixer yang mirip dengan EarTrumpet, namun memiliki pengaturan tambahan dimana agan bisa menyesuaikan aliran audio sesuai dengan keinginan agan.

Dengan VoiceMeeter, agan dapat mengubah EQ beberapa perangkat audio sekaligus dan menyesuaikan ke mana audio diarahkan. Misalnya, agan dapat merekam audio desktop tetapi bukan suara agan, atau sebaliknya.

Misalnya agan sedang melakukan streaming YouTube dan melakukan komunikasi chatting dengan teman agan secara bersamaan. Nah, agan bisa merekam suara chattingan agan saja tanpa terganggu dengan suara dari YouTube. Software VoiceMeeter ini gratis, namun agan perlu penyesuaian saat pertamakali menggunakan karena menang agak rumit.

Spesifikasi Yang Dibutuhkan:
  • Windows Vista/XP/7/8/8.1/10 32-bit dan 64-bit
  • Minimal Prosesor Celeron/Duo Core 1.8 Ghz
  • Minimal RAM 512 MB


Itulah beberapa software audio mixer, software equalizer, dan software surround sound terbaik di PC menurut versi saya.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

2 komentar

kok iklan ente tetep nongol gan padahal ane dah pake adblock, tutornya?

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon