Monday, 12 November 2018

Tips Efektif Untuk Meningkatkan Kecepatan Mengetik

Tags

Tips Efektif Untuk Meningkatkan Kecepatan Mengetik

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips efektif untuk meningkatkan kecepatan mengetik agan dikomputer.

Mengetik dengan cepat saat ini merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh semua orang saat ini. Karena saat ini hampir semua orang sudah pernah menyentuh komputer yang jelas memerlukan kemampuan untuk mengetik. Apalagi agan bekerja membutuhkan kemampuan mengetik cepat seperti penulis, blogger, admin, customer service, ataupun yang lainnya.

Sebelum agan mempelajari cara mengetik dengan cepat, agan sudah harus mengerti dasar-dasar teknik mengetik 10 jari. Nah jika agan belum mengetahuinya, silakan agan lihat dulu artikel saya yang berjudul Pengertian Dan Tata Cara Latihan Mengetik 10 Jari Untuk Pemula.

Nah setelah agan sudah paham dengan teknik mengetik 10 jari baru melanjutkan untuk mempelajari beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan mengetik di komputer. Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa membatu agan dalam meningkatkan kecepatan mengetik agan di komputer.

Tips Efektif Untuk Meningkatkan Kecepatan Mengetik



Mengetik Tanpa Melihat


Jika agan sudah mampu mengetik dengan baik tanpa melihat keyboard, itu artinya agan sudah menguasai teknik mengetik dengan cepat. Modal utamanya tentu saja agan harus sudah hafal posisi tombol keyboard dan pembagian tugas tiap jari tangan agan. Materi ini sudah saya jelaskan sebelumnya di artikel yang sudah saya sarankan untuk agan buka pada awal-awal artikel tadi.

Tetapi bagaimana cara berlatih agar bisa mengetik tanpa melihat keyboard? Tentu saja agan harus belajar membiasakan diri untuk mengetik tanpa melihat keyboard. Awal-awal pasti agak susah, tulisan berantakan, kosa kata salah, tapi tidak masalah karena masih dalam proses belajar. Latih terus tangan agan secara berkala, nanti lama kelamaan akan terbiasa dan bisa menulis tanpa melihat keyboard.

Untuk melatih tangan agan, ada banyak game yang memang khusus digunakan untuk latihan mengetik. Jika agan tidak ingin susah-susah menginstal program latihan mengetik, agan bisa mengunjungi web Typing Club. Web ini khusus digunakan untuk latihan mengetik. Nanti disana agan bisa melihat poin dan progres latihan agan, jadi sangat membantu agan dalam belajar mengetik.

Mengetik Dahulu, Diperbaiki Belakangan


Sebenarnya mengetik dikomputer itu ada 2 proses, yaitu menulis dan mengoreksi. Jadi saat agan melakukan kesalahan saat mengetik maka biarkan saja dan lanjutkan mengetiknya. Biar nanti diperbaiki diakhir kalau proses menulis sudah selesai. Jika agan memainkan tombol Backspace setiap kali agan mengalami salah ketik maka akan sangat membuang waktu karena sama saja agan melakukan dua kali kerja. Toh nanti setelah selesai menulis juga akan dikoreksi lagi.

Proses kedua yaitu mengoreksi ulang tulisan tersebut, jika ada salah ketik maka diperbaiki, jika ada ejaan yang kurang enak dibaca ya diperbaiki lagi. Itu biasanya jadi tugas editor, tapi jika agan menulis sendiri maka mau tidak mau harus disunting sendiri.

Pilih Keyboard Yang Tepat


Keyboard sangat berpengaruh dengan kecepatan pengetikan agan. Silakan agan cari keyboard yang dirasa paling cocok untuk agan, jangan menggunakan keyboard yang tombolnya keras. Saya pribadi lebih suka menggunakan keyboard yang tombolnya pipih seperti keyboard pada laptop daripada keyboard yang tombolnya tinggi seperti keyboard gamming.

Kenapa saya memilih keyboard yang tombolnya pipih? Ya karena sejak awal saya latihan mengetik sudah menggunakan keyboard pipih, yaitu keyboard pada laptop Asus. Faktor selanjut yaitu tidak perli mengangkat jari tinggi-tinggi sehingga tidak mudah capek, dan tidak mudah typo untuk saya. Intinya karena saya sudah menggunakan keyboard seperti itu.

Sambil Mendengarkan Musik Kesukaan


Mengetik sambil mendengarkan musik adalah saya banget. Saat saya mengetik artikel ini saja saya sambil mendengarkan musik, yaitu lagu dari The Amity Affliction yang berjudul Pittsburgh dengan headset menggunakan SoundCloud saya. Maklum, ini sudah menjadi kebiasaan saya sejak dahulu. Masalah lagu mungkin saya dengan agan tidak sama, silakan agan dengarkan musik kesayangan agan yang membuat agan nyaman saat menulis.

Itulah beberapa tips dari saya pribadi yang bisa agan terapkan untuk meningkatkan kecepatan menulis agan.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon