Saturday, 22 December 2018

6 Aplikasi Remot TV Dan DVD Universal Terbaik Android

Aplikasi Remot TV Dan DVD Universal Terbaik Android

Saat ini mayoritas alat elektronik sudah bisa dikontrol menggunakan remot secara jarak jauh, seperti TV, DVD, AC, dan lain-lain. Jadi untuk mengoperasikanya agan hanya perlu memencet remot sambil duduk di kursi dengan santai. Namun yang namanya alat elektronik suatu saat pasti mengalami rusak, entah itu karena terbanting atau terkena air.

Namun agan tidak usah khawatir karena saat ini sudah banyak sekali aplikasi Android remot TV dan DVD yang bisa agan gunakan di smartphone agan. Smartphone Android memang mempunyai fungsi yang sangat luas saat ini, karena sudah banyak developer aplikasi yang sudah mengembangkan berbagai aplikasi remot TV terbaik yang bisa agan gunakan secara gratis.

Aplikasi android remot TV ini bisa agan download langsung melalui Google Play Store. Mungkin ada beberapa merk televisi dan smartphone yang tidak mendukung untuk menggunakan aplikasi-aplikasi ini, namun saya sendiri sudah mencoba dan benar-benar bekerja. Berikut adalah daftar aplikasi Android remot TV dan DVD terbaik.

Daftar Aplikasi Android Remot TV dan DVD Universal Terbaik



Catatan: Dalam penjelasan ini, setiap aplikasi remot TV saya cantumkan satu merk perangkat TV atau DVD. Namun bukan berarti aplikasi ini tidak dapat digunakan pada merk lain. Hanya saja aplikasi ini sudah dipastikan bisa digunakan pada perangkat dengan merk tersebut.

1. Peel Universal TV Remote (Aplikasi Remot TV Samsung dan HTC)



Peel Universal TV Remote adalah aplikasi remot TV yang dikembangkan oleh Peel Technologies Inc. melalui kerjasama dengan perusahaan Samsung dan HTC. Sehingga aplikasi ini mampu digunakan untuk mengontrol perangkat dari dua perusahaan tersebut, termasuk TV dari Samsung.

Aplikasi remot ini sebenarnya tidak hanya bisa untuk mengontrol televisi, namun juga bisa digunakan untuk mengontrol perangkat pintar lain seperto Set To Box. Namun perlu agan catat, semua aplikasi remot TV bekerja menggunakan IR blaster, sehingga smartphone Android agan harus sudah dilengkapi dengan hardware IR didalamnya.

Jika smartphone agan tidak mempunyai IR, berarti tidak bisa menggunakan aplikasi remot TV yang bekerja menggunakan IR blaster. Jika seperti itu agan bisa menggunakan opsi lain, yaitu agan bisa menggunakan remot dengan menyambungkannya dalam jaringan rumah atau Home Network.

Salah satu kelebihan dari aplikasi remot TV Peel Universal TV Remote adalah tampilannya yang user friendly dan kemudahan dalam pengoperasiannya. Agan bisa dengan mudah berpindah dari satu channel ke channel lain, mengontrol audio, dan lain sebagainya.

Agan juga bisa mengaktifkan voice control pada aplikasi ini, sehingga agan hanya perlu berbicara untuk mengoperasikan TV seperti mematikan, menghidupkan, menambah volume, dan lain sebagainya.

2. SURE Universal TV Remote (Aplikasi Remot TV Dan DVD Roku)



SURE - Smart Universal Remote Control adalah aplikasi Android untuk remot yang dikembangkan oleh perusahaan SURE Universal. Aplikasi ini adalah aplikasi remot TV terbaik yang sudah sangat populer untuk mengoperasikan TV, DVD, dan media streaming dari Roku.

Cara kerja aplikasi ini menggunakan 2 metode, yaitu IR blaster dan Wi-Fi. Sehingga jika perangkat Android agan tidak mendukung IR, agan bisa memilih menggunakan Wi-Fi, dan juga sebaliknya, jika perangkat agan tidak mendukung Wi-Fi agan bisa memilih menggunakan IR.

Secara garis besar aplikasi remot TV dan DVD ini sangat baik karena mempunyai tampilan yang bagus dan mudah digunakan. Bahkan dapat digunakan pada televisi model lama dalam mode IR.

3. AnyMote Universal TV Remote (Aplikasi Remot TV LG)



Aplikasi remot TV ini sangat kompatibel dengan produk LG, seperti smartphone LG G5, LG V10, dan lain sebagainya. Perangkat-perangkat smartphone LG seperti itu umumnya sudah dilengkapi dengan hardware emitor IR bawaan, jadi agan tidak perlu khawatir. Agan tinggal mendownload aplikasi remot TV ini dan menggunakannya pada perangkat TV LG, bisa juga pada TV merk lain.

Untuk bisa menggunaka aplikasi AnyMote Universal TV Remote agan tidak harus memiliki perangkat LG, karena aplikasi ini juga dapat bekerja dengan baik pada perangkat merk lain seperti televisi, Set Top Box, dan perangkat pemutar media lainnya.

Selain memggunakan IR blaster, agan bisa menggunakan jaringan Wi-Fi untuk mengontrol perangkat di rumah agan. Pada aplikasi ini agan bisa melakukan konfigurasi khusus, misalnya agan mengatur bahwa DVD dan TV menyala bersama sekali ketuk pada remot. Hal ini bisa mempermudah kerja agan karena tidak perlu repot untuk menyalakan satu persatu.

4. Easy Umiversal TV Remote (Aplikasi Remot TV Vizio)



Aplikasi Easy Universal TV Remote bisa bekerja dengan baik pada perangkat TV pintar maupun TV konvensional. Beberapa merk yang didukung antara lain adalah Samsung, LG, Vizio, Panasonic, dan Sony.

Dari segi fungsionalitas, aplikasi remot ini sangat baik karena selalu rutin diperbarui secara berkala. Tampilannya pun user friendly dan mudah digunakan, sehingga orang yang pertama kali menggunakan pun tidak akan terlalu kesulitan untuk mengoperasikannya.

Aplikasi remot TV ini bisa digunakan pada hampir semua perangkat televisi baik versi lama maupun versi baru. Jika aplikasi remot ini tidak bisa digunakan pada TV agan, agan hanya perlu menunggu pembaruan yang memberikan dukungan untuk televisi agan, atau agan bisa langsung memberikan feedback ke pengembang.

5. Mi Remote Controller (Aplikasi Remote TV Sony)



Agan mungkin berpikir bahwa aplikasi remot Android Mi Remote Controller hanya kompatibel dengan perangkat Xiaomi saja. Namun aslinya aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone Android lain dengan lancar mulai dari Samsung, Huawei, hingga HTC. Bahkan aplikasi ini kompatibel dengan smartphone Sony dan juga perangkat televisi dari Sony.

Aplikasi remot Android ini bisa bekerja pada semua smartphone Android yang dilengkapi dengan emitor IR. Perangkat yang dapat dikontrol antara lain TV, AC, Set Top Box, dan kamera digital. Untuk mengotrol TV pintar, agan bisa memanfaatkan jaringan Wi-Fi, ini adalah pilihan terbaik karena memiliki lebih banyak fitur yang bisa digunakan.

6. ZaZa Universal TV Remote (Aplikasi Remot DVD Player) 



Aplikasi remot TV dan DVD ini menggunakan pemancar IR untuk terhubung dengan berbagai perangkat yang dilengkapi dengan IR bawaan. Sebagian besar smartphone Android yang mempunyai ini berasal dari Samsung, HTC, HUAWEI, Xiaomi, TCL, OPPO, dan Lenovo.

Aplikasi Remot TV ZaZa dapat mengontrol TV, DVD Player, AC, dan Set Top Box agan. Fitur IR DIY dari aplikasi ini memungkinkan agan untuk mengatur perangkat sesuai dengan keinginan agan, sehingga agan dapat menyesuaikan antarmuka aplikasi.

Itulah beberapa aplikasi remot TV Android terbaik yang bisa agan pilih. Mungkin beberapa aplikasi diatas tidak bisa digunakan pada perangkat Android agan, namun pada umunya bisa berjalan lancar pada perangkat Android yang sudah dilengkapi dengan IR bawaan.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon