Monday, 3 December 2018

Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Secara Permanen

Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Secara Permanen

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mematikan update otomatis Windows 10 Secara permanen.

Sistem operasi Windows 10 berbeda dengan Windows versi sebelumnya, karena Windows 10 saat ini sudah dijadikan sebagai suatu layan oleh Microsoft. Sehingga dampaknya Windows 10 akan sangat sering mendapatkan update untuk menjaga sistem selalu dalam kondisi yang baik.

Update yang diberikan oleh Windows 10 ini secara default adalah update otomatis yang nantinya akan mengunduh konfigurasi baru saat komputer terhubung ke jaringan internet. Tujuan diberikannya update otomatis secara berkala pada Windows 10 sebenarnya baik, yaitu untuk menyempurnakan kinerja sistem Windows 10.

Namun efek samping yang ditimbulkan saat Windows 10 sedang melakukan update otomatis jelas membuat kita sebagai pengguna menjadi kurang nyaman. Selain memperlama proses booting atau saat memghidupkan komputer, proses update Windows 10 juga memakan data internet yang tidak sedikit.

Hal ini akan terasa sangat boros jika agan menggunakan paket internet dengan kuota yang terbatas. Untuk mematikan update otomatis pada Windows 10 secara permanen, agan harus melakukan sedikit usaha karena agan harus masuk ke layanan servis Windows dan file host. Berikut adalah cara mematikan update otomatis Windows 10 Secara permanen.

Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Secara Permanen



Langkah 1



Silakan agan masuk ke Control Panel, untuk cara yang paling cepat silakan agan akses melalui fitur Search seperti gambar diatas.

Langkah 2



Setelah jendela Control Panel terbuka silakan agan masuk ke bagian System and Security, lalu klik menu Administrative Tools.

Langkah 3



Langkah untuk mematikan fitur auto update Windows selanjutnya adalah dengan melakukan 2x klik pada bagian Services dan nanti akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


Klik 2x pada bagian Windows Update dan ganti pengaturan Startup Type menjadi Disable, lalu klik OK. Nah dengan begitu fitur update otomatis Windows 10 sudah berhasil dimatikan.

Namun masih jika cara mematikan update otomatis Windows 10 diatas belum berhasil maka saya masih punya cara kedua, yaitu dengan memodifikasi file host. Namun dengan catatan cara pertama diatas sudah agan lakukan.

Cara melakukannya cukup mudah, silakan agan masuk Windows Explorer dan buka file host yang berada di C:\Windows\System32\drivers\etc. Buka file host tersebut dan copy paste tulisan dibawah ini di baris paling bawah file host tadi:

127.0.0.1 update.microsoft.com
127.0.0.1 download.windows.update.com

Selanjutnya save file host tersebut. Jika masih bingung cara merubah file host, silakan agan lihat artikel saya yang berjudul Cara Merubah File Host.

Sekian pembahasan tentang cara mematikan update otomatis Windows 10 Secara permanen kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon