Wednesday, 26 December 2018

Pengertian Dan Cara Kerja Sistem Enkripsi Jaringan Internet Tcpcrypt

Pengertian Dan Cara Kerja Sistem Enkripsi Jaringan Internet Tcpcrypt

Komunikasi antar komputer dalam jaringan internet adalah sesuatu yang sangat riskan. Karena setiap data yang ditransmisikan tersebut rawan disadap oleh pihak luar yang tidak bertanggung jawab. Solusi untuk mengamankan kegiatan pertukaran data dalam jaringan internet adalah melakukan enkripsi pada lalu lintas data tersebut.

Ada beberapa metode yang bisa agan lakukan untuk memambah layer enkripsi untuk keamanan jaringan, antara lain menggunakan SSL, TLS, dan Tcpcrypt. Nah kali ini saya akan fokus membahas satu saja, yaitu Tcpcrypt. Mungkin agan masih bertanya-tanya, apa sih Tcpcrypt itu? Bagaimana cara kerja Tcpcrypt? Nah jika agan ingin tau tentang Tcpcrypt, silakan agan simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Dan Cara Kerja Sistem Enkripsi Tcpcrypt



Pengertian Tcpcrypt


Tcpcrypt adalah sebuah protokol khusus untuk mengenkripsi komunikasi dalam lalulintas jaringan. Protokol ini diimplementasikan sebagai ekstensi dari TCP dan dapat digunakan menggunakan beberapa sistem otentikasi seperti password dan sertifikat khusus.

Tcpcrypt menyediakan enkripsi oportunis yang harus didukung oleh kedua belah pihak yang melakukan komunikasi. Jika salah satu pihak tidak mendukung ekstensi ini maka Tcpcrypt tidak dapat bekerja, yang artinya komunikasi dalam jaringan internet tersebut kembali ke TCP normal yang tidak terenkripsi.

Tidak seperti TLS, Tcpcrypt tidak bisa melakukan otentikasi dengan sendirinya. Tetapi memberikan ID sesi unik kepada aplikasi dan menggunakan token tersebut untuk otentikasi. Dengan menggunakan Tcpcrypt mekanisme otentikasi dapat dilakukan, termasuk menggunakan password.

Penggunaan Enkripsi Tcpcrypt 


Untuk penggunaan Tcpcrypt saat ini masih belum terlalu luas, karena memang sistem enkripsi komunikasi jaringan ini sifatnya masih eksperimental sehingga belum stabil dalam beberapa sistem. Sistem enkripsi Tcpcrypt untuk saat ini masih belum dapat digunakan menggunakan pada koneksi IPv6, yang saat ini hanya didukung oleh versi kernel Linux.

Semoga saja untuk setiap sistem operasi yang akan datang sudah menggunakan Tcpcrypt sebagai sistem enkripsi standar yang sudah dibekalkan secara built-in sehingga tidak perlu melakukan instalasi sendiri.

Cara Kerja dan Performa Tcpcrypt 


Cara kerja Tcpcrypt adalah dengan menambahkan signature khusus berdasarkan waktu dan menambahkan opsi TCP nya sendiri dalam setiap paket data yang ditransmisikan. Yaitu berupa penambahan paket data sebesar 36 byte dalam setiap paket yang berisi signature dan otentikasi lain dari Tcpcrypt.

Untuk koneksi TCP yang rata-rata sebesar 471 byte per paket, penambahan data 36 byte per paket akan menyebabkan overhead bandwidth sebesar 8%. Overhead 36 bytes saya kira tidak akan bermasalah jika terjadi pada jaringan dengan kecepatan koneksi internet 64 kbps keatas, tetapi bisa menjadi masalah jika agan menggunakan internet dial-up.

Saya kira cukup untuk pembahasan dasar seputar Tcpcrypt kali ini karena sudah mencakup pengertian Tcpcrypt,  cara kerja enkripsi Tcpcrypt, dan sedikit penjelasan tentang performanya. Untuk pembahasan yang lebih detail mungkin akan saya bahas pada kesempatan lain, terimakasih.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon