Friday, 18 January 2019

7 Buah Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Menurunkan berat badan memang bukanlah hal yang mudah. Saya yakin agan pasti sudah pernah menemui orang yang sudah melakukan diet penurun berat badan namun masih saja gemuk, atau bahkan agan sendiri yang mengalami hal tersebut. Tubuh secara alami memproduksi lemak untuk menyimpan cadangan energi kalau suatu saat agan kekurangan makanan atau lemak tersebut berfungsi untuk melindungi tubuh agan.

Lemak sejatinya penting bagi tubuh agan, disaat agan kelaparan lemak tersebut akan dibakar menjadi kalori yang bisa menambah energi tubuh. Sehingga bukan sesuatu yang bijak jika kita melakukan diet ekstrim sampai kehilangan semua lemak tubuh. Karena sesungguhnya tujuan diet adalah menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima dan seimbang.

Sebaiknya kita harus selalu menjaga agar lemak dalam tubuh kita berada pada batas "cukup", jangan sampai kita kekurangan lemak dan kelebihan lemak. Nah pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas adalah cara menurunkan berat badan dengan cara mengonsumsi buah-buahan yang sudah terbukti efektif menurunkan berat badan dengan membakar lemak yang berlebihan.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah pernah membahas tentang beberapa camilan sehat yang baik untuk menurunkan berat badan.

Buah Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat


Menurut penelitian, buah-buahan banyak yang mengandung antioksidan anthocyanin (flavonoid) yang dapat membantu dalam diet penurunan berat badan. Ciri-ciri buah yang mengandung anthocyanin umumnya berwarna merah dan ungu. Berikut adalah 7 buah yang sangat bagus untuk program diet menurunkan berat badan agan. Dengan berbagai manfaat diatas, buah ceri cocok ditambahkan dalam daftar menu diet agan.

1. Buah Ceri



Buah ceri sangat cocok menjadi menu pelengkap pada diet penurunan berat badan. University of Michigan sudah melakukan penelitian dengam memberikan makan buah ceri dan yang lain diberikan menu ala diet Barat selama 12 minggu. Hasilnya cukup mengagumkan, tikus yang mengonsumsi buah ceri mengalami pengurangan lemak perut 9% lebih besar daripada yang diberikan makanan ala diet Barat.

Sebenarnya cara kerja dari buah ceri adalah dengan mengubah gen pada lemak tersebut. Di penelitian lain juga mengungkapkan bahwa buah ceri bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mengurangi peradangan.

2. Semua Jenis Beri



Ternyata semua jenis buah beri seperti blackberry, blueberry, strawberry, dan sejenisnya sangat bagus untuk diet. Buah jenis beri ini kaya akan polifenol yang menyehatkan. Tidak hanya mampu untuk menurunkan berat badan, namun benar-benar bisa menghentikan pembentukan lemak berlebih.

Sebuah studi dari Texas Women's University menemukan bahwa tikus yang diberi 3 porsi buah beri atau bubuk beri setiap hari mampu mengurangi pembentukan sel lemak sebanyak 73%. Buah beri termasuk jenis buah-buahan yang enak dan dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Bisa dicampurkan dalam salad, oatmeal, yogurt, bahkan bisa dalam kondisi dikeringkan.

3. Semangka



Mungkin banyak yang beranggapan bahwa semangka kurang baik untuk yang sedang diet karena mengandung banyak gula, namun sebenarnya anggapan tersebut kurang tepat. Menurut University of Kentucky, makan semangka dapat menurunkan akumulasi lemak kita dan meningkatkan profil lipid untuk boot.

Jus buah semangka juga dipercaya mampu mengurangi nyeri otot setelah agan bekerja dan berolah raga. Buah semangka juga termasuk buah yang mudah didapatkan dan harganya juga tidak terlalu mahal.

4. Ruby Red Grapefruit



Ruby red grapefruit ini adalah buah jeruk gan, walaupun jika dilihat dari namanya grapefruit adalah anggur. Ruby red grapefruit adalah jeruk besar dengan kulit berwarna yang bulir jeruknya berwarna merah ruby. Grapefruit rasanya kombinasi dari asam dan manis dengan sedikit rasa pahit. Buah ini di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan jeruk Bali. Ya karena buah yang berasal dari Barbados ini merupakan hasil kawin silang yang tidak disengaja antara jeruk Bali dan spesies jeruk manis.

Mengonsumsi buah ini saat sarapan sangat baik untuk mengurangi lemak perut dan menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, peserta dalam studi enam minggu yang mengonsumsi jeruk Bali setiap hari rata-rata menyusut satu inci ukuran pinggang mereka. Para peneliti berpikir alasannya adalah kombinasi antara phytochemical dan vitamin C yang ditemukan dalam buah jeruk ini.

5. Apel Merah Muda



Buah apel merah muda umumnya adalah sumber serat yang bisa terlarut, yang akan berubah menjadi seperti gel saat berada di perut agan sehingga menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Wake Forest Baptist Medical Center melaporkan bahwa setiap kali agan mengonsumsi 10 gram lebih serat larut untuk diet agan, lemak perut akan berkurang 3,7% selama periode lima tahun.

Itu berarti bahwa apel dapat membantu penurunan berat badan agan dengan membuat agan kenyang lebih lama, serta terus melangsingkan pinggang agan dalam beberapa tahun ke depan. Apel merah muda telah ditemukan memiliki antioksidan flavonoid, menjadikannya yang terbaik di antara banyak jenis apel besar lainnya untuk menurunkan berat badan.

6. Persik, Plum, dan Nektarin



Tiga buah tersebut masih satu keluarga, dikenal dapat membantu mencegah sindrom metabolik, yang merupakan nama untuk sekelompok risiko penyakit yang terkait dengan obesitas. Diabetes adalah contoh utama gangguan metabolisme, dan lemak perut adalah faktor risiko serius dalam hal ini.

Buah-buahan tersebut mengandung senyawa fenolik tinggi yang berperan dalam menginstruksikan perilaku gen lemak. Mereka juga lebih rendah gula daripada buah-buahan lainnya, sehingga membuatnya sangat ideal untuk diet.

7. Buah Pir



Meski rasanya sangat manis, buah pir didominasi air dan serat , dua hal yang sangat membantu dalam diet penurunan berat badan. Agan akan tetap kenyang lebih lama, meskipun buah pir 100 gram hanya memiliki 56 kalori. Serat juga mendukung pencernaan dan eliminasi yang sehat, sehingga agan tidak merasa sembelit dan kembung.

Sebagai tambahan, vitamin C dan vitamin A dalam dalam pir mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan. Hal ini dapat membantu agan terlihat lebih muda dan sehat secara keseluruhan. Pastikan memilih buah pir segar atau beku, karena buah pir kalengan cenderung dikemas dalam sirup yang manis.

Saat agan melakukan diet, buah harus menjadi sumber gula utama agan. Gula adalah sesuatu yang dibutuhkan tubuh untuk sumber energi, tetapi gula dalam banyak makanan olahan umumnya berlebihan dan berbahaya. Agan tidak perlu terlalu khawatir dengan gula dalam buah selama agan memakan seluruh buah, bukan hanya jusnya.

Serat yang agan dapatkan membantu memodulasi pelepasan gula ke dalam aliran darah agam, sehingga mampu menghindari lonjakan dan penurunan kadar glukosa secara tiba-tiba. Hal itu penting tidak hanya untuk melindungi dari diabetes tipe 2, tetapi juga untuk mengurangi konsumsi makanan manis ketika gula darah agan naik

Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya satu porsi buah-buahan ini setiap kali makan untuk memperkuat hasil penurunan berat badan agan dan untuk menikmati rasa manis yang merupakan hadiah dari alam.

Sekian pebahasan tentang beberapa jenis buah yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon