Cara Mudah Meningkatkan IQ Dan Kecerdasan Otak

Cara Mudah Meningkatkan IQ Dan Kecerdasan Otak

Saya pernah mendengar bahwa ada suatu cara meningkatkan IQ dan kecerdasan otak dengan cara menstimulasi otak dengan listrik. Caranya dengan menaruh spons basah di kulit kepala bagian atas telinga, lalu mengalirkan tegangan listrik dari baterai 9 volt ke bagian lobus temporalis dengan perantara spons basah.

Metode meningkatkan IQ dengan listrik tersebut merupakan hasil eksperimen dari David Adam yang dia lakukan terhadap dirinya sendiri. Eksperimen dari David tersebut ditulis dalam buku yang berjudul The Genius Within. Sebenarnya David Adam bukan seorang ilmuan, dia adalah seorang reporter dari Nature.

Walaupun saya tertarik untuk mencoba meningkatkan IQ dan kecerdasan otak saya, namun saya sama sekali belum terpikir untuk mencoba teknik stimulan otak dengan listrik seperti yang dilakukan oleh David Adam. Saya mempunyai cara yang lebih aman dan mudah untuk melatih otak agar bisa lebih cerdas dan berimbas dengan naiknya IQ kita. Cara ini sudah terbukti efektif untuk meningkatkan IQ otak berdasarkan sains.

Meningkatkan IQ dan Kecerdasan Otak



1. Diet


Arti sebenarnya dari diet adalah menerapkan pola makan yang seimbang dan sehat. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan IQ dan kecerdasan otak adalah dengan melakukan diet Mediterania.  Diet Mediterania mampu menjaga kesehatan otak karena makanan yang dikonsumsi dalam diet ini adalah sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan, dengan menambahkan porsi ikan secukupnya untuk memenuhi kebutuhan protein hewani.

Agan juga harus mengurangi daging merah dan gula, ini menjadi kewajiban dari diet Mediterania dan juga merupakan ciri umum dari kebanyakan diet Barat. Dalam sebuah jurnal Neurology telah ditulis rincian sebuah penelitian. Dimana dalam penelitian ini melibatkan ratusan orang dewasa dari berbagai tingkat umur melakukan diet Mediterania.

Sebelum dan sesudah melakukan diet, peneliti melakukan pengukuran volume otak dengan MRI. Dari penelitian ini para ilmuan ingin tahu apakah diet Mediterania mampu mengurangi degenerasi, dan ternyata benar. Dengan melakukan diet Mediterania, ditambah dengan konsumsi banyak ikan segar dan pengurangan daging merah mampu meningkatkan kapasitas otak. Dari situ dapat kita simpulkan bahwa makanan juga bisa mempengatuhi kemampuan otak, termasuk IQ dan kecerdasan.

2. Olahraga 


Kita semua sama-sama tahu bahwa dalam tubuh yang sehat memiliki pikiran yang sehat pula, tetapi olahraga seperti apa yang bisa mengasah kecerdasan otak dan meningkatkan IQ?

Ternyata hampir semua olahraga memiliki manfaat, tetapi kesehatan kardiovaskular juga sangat penting. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik mampu meningkatkan kecerdasan akademik pada anak-anak, meningkatkan memori kerja dan perhatian, bahkan mampu memperkuat fungsi eksekutif dari lobus frontal.

Namun berapa banyak olahraga yang dibutuhkan? Menurut SharpBrains, sebuah perusahaan pendidikan yang didedikasikan untuk penelitianilmu saraf dan kebugaran otak, tiga sesi seminggu mungkin cukup, masing-masing berlangsung selama setidaknya setengah jam.

Olahraga yang agan lakukan tidak perlu yang berat-berat, namun juga jangan hanya berupa jalan kaki saja. Agan bisa memai kan badminton, aerobik, tenis meja, dan sejenisnya. Latihan ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan IQ agan, tetapi juga mampu mengurangi risiko gangguan kognitif di usia tua.

3. Mengasah Otak


Untuk bisa membuat otak menjadi tetap cerdas maka yang perlu agan lakukan adalah terus mengasahnya setiap hari dengan belajar dan beraktivitas dengan otak. Orang yang pandai adalah orang yang mau belajar, sedangkan dia akan menjadi bodoh ketika berhenti belajar. Semakin banyak digunakan untuk berfikir, otak kita akan semakin cerdas.

Salah satu metode untuk mengasah otak dan meningkatkan IQ adalah dengan melakukan permainan teka-teki dan belajar bahasa asing. Dengan mempelajari bahasa asing agan akan membuat otak untuk menerima hal-hal baru seperti kosa kata baru, ilmu baru, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara yang bisa agan lakukan untuk meningkatkan IQ dan kecerdasan otak. Kecerdasan otak merupakan sesuatu yang bisa ditungkatkan dengan cara dilatih terus-menerus untuk berfikir. Jika agan berhenti melatih kecerdasan, maka lama-lama kemampuan kognitif agan juga akan menurun.

Referensi:

Luciano, M., Corley, J., Cox, S., Hernandez, M., Craig, L., Dickie, D., Karama, S., McNeill, G., Bastin, M., Wardlaw, J., and Deary, I. (2017). Mediterranean-type diet and brain structural change from 73 to 76 years in a Scottish cohort, Neurology, 88, 449-455.

Wilson, R., Barnes, L., Aggarwal, N., Boyle, P., Hebert, L., de Leon, C., and Evans, D. (2010). Cognitive activity and the cognitive morbidity of Alzheimer disease, Neurology, 75, 990-996.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

  1. Infonya sangat bermanfaat mas,terimakasih sudah berbagi semoga bermanfaat buat yang lainnya juga,kalau ada kesempatan mampir dong ke web ku maaf sebelumnya bukan bermaksud untuk nyepam atau apa tapi Blog Ku
    Ahir Ahir ini tidak bisa di akses,mohon bantuannya kepada siapa saja kira kira apa penyebabnya yah,padahal itu blog pertamaku semenjak 2010 awal.

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....