Type something and hit enter

author photo
By On

Aplikasi Pengirim WhatsApp Massal Pro Untuk Bisnis
Kali ini saya akan membahas daftar negara yang pernah menjajah Indonesia. Sebagai rakyat Indonesia pasti sudah akrab dengan kata penjajah karena jika kita membahas sejarah Indonesia pasti kata-kata tersebut muncul.

Indonesia sebelum merdeka dijajah oleh banyak negara secara silih berganti dalam periode ratusan tahun. Dahulu para pejuang kemerdekaan berjuang mempertaruhkan segalanya demi merebut kemerdekaan Indonesia. Untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan kita harus melanjutkan perjuangan mereka dengan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal-hal positif.

Baca juga: Pengertian Dan Cara Mencegah Serangan Komputer IP Spoofing

Salah satunya adalah dengan selalu mengingat dan mempelajari sejarah Indonesia salah satunya adalah mengingat daftar negara yang pernah menjahah Indonesia. Presiden Soekarno pernah mengatakan bahwa kita jangan sekali-sekali melupakan sejarah, karena sejarah akan membuat kita semangat dan tidak lupa dengan jati diri bangsa.

Sebenarnya penyebutan yang tepat untuk negara kita saat itu adalah Nusantara, bukan Indonesia. Namun untuk mempermudah maka akan saya sebut Indonesia saja. Berikut adalah beberapa negara yang pernah menjajah Indonesia

Daftar Negara Yang Pernah Penjajah Indonesia 



1. Portugis


Portugis menjajah Indonesia pada periode tahun 1509 sampai 1595 Masehi. Awal mula penjajahan Portugis di Indonesia adalah saat seorang pelaut Portugis bernama Fransisco Serrao datang ke kepulauan Maluku.

Pada awal keamanannya bahkan Portugis sudah bisa membangun benteng yang bernama Benteng Ternate karena pada awalnya rakyat Ternate menyambut baik dan memberikan kepercayaan kepada pihak Portugis.

Namun pihak Portugis malah mengkhianati kepercayaan yang diberikan oleh rakyat Ternate dan mulai melakukan praktek penjajahan dengan melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah dengan cara yang kotor. Itulah awal mula Portugis menjajah negara Indonesia.

Baca juga: 10 Situs Tempat Download Film Gratis Terbaik Dan Terlengkap

2. Spanyol


Spanyol berada di Indonesia pada periode tahun 1521 sampai 1662 Masehi.  Spanyol pernah menjajah dan menguasai salah satu wilayah di Indonesia, yaitu di Minahasa, Sulawesi Utara.

Pada awal tahun 1617, Spanyol melakukan koalisi dengan Kerajaan Tidore untuk melawan Kerajaan Ternate (yang bersekutu dengan Portugis). Namun pada akhirnyadideklarasikan perjanjian Saragosa padatahun 1583. Isi perjanjian itu adalah Portugis memperoleh Kepulauan Malukudan Spanyol memperoleh wilayah Filipina.

Namun kehadiran Spanyol di Indonesia berlangsung lama. Pada 1646, Spanyol diusir dari Minahasa. Dan akhirnya pada tahun 1962 Spanyol berhasil sepenuhnya diusir dari Sulawesi Utara.

3. Belanda


Belanda menjajah Indonesia pada periode tahun 1602 sampai 1942 Masehi.  Dari beberapa negara di atas, Belanda merupakan salah satu negara yang paling lama menjajah Indonesia, yakni sekitar 350 tahun atau sekitar 3 setengah abad. Selama itu, Belanda berhasil menguasai beberapa wilayah Nusantara.

Diantaranya wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Papua.Pada 31 Desember 1799, VOC resmi dibubarkan oleh pemerintah Belanda. VOC sendiri adalah sebuah lembaga dagang yang berpusat di Kota Batavia dan diberi hak monopoli dagang oleh pemerintah Belanda.

Dan sejak saat itu, Indonesia berada di bawah kekuasaan pemerintah Belanda secara langsung yang diwakili oleh beberapa gubernur jenderal seperti Daendel dan Janssens.

4. Perancis


Perancis menjajah Indonesia pada periode tahun 1806 sampai 1811 Masehi. Jenderal Daendels memang merupakan seorang Belanda. Namun dia bekerja untuk kerajaan Prancis di bawah kekuasaan Raja Napoleon.

Dan awal mula jenderal Daendels dikirim ke Indonesia untuk melindungi Belanda dari serangan Inggris. Bukti lain bahwa Indonesia pernah dijajah Prancis adalah beredarnya mata uang dengan inisial huruf ‘LN’ yang merupakan singkatan dari penguasa Prancis saat itu, Louis Napoleon.

Baca juga: Cara Menghapus Virus, Trojan, Malware, Worm, Dan Sejenisnya Di Komputer

5. Inggris


Inggris menjajah negara Indonesia pada periode tahun 1811 sampai 1816 Masehi. Pada 17 Sepetember 1811, pemerintah Inggris secara langsung mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai gubernur jenderal di Indonesia.

Di bawahpimpinan Raffles, Indonesia banyak mengalami perubahan. Mulai dari penghapusan sistem monopoli, perbudakan, membagi Pulau Jawa menjadi 16 karesidenan, penulisan buku “The History of Java” dan beberapa perubahan lainnya.

6. Jepang


Jepang menjahah negara Indonesia pada periode tahun 1942 sampai 1945 Masehi. Jepang mulai menjajah Indonesia sejak mulai terlibat Perang Dunia II dengan Amerika Serikat pada 1941. Untuk menggunakan mesin-mesin perang, Jepang membutuhkan bahan mentah.

Karena mengetahui Indonesia kaya akan bahan mentah, Jepang pun mendatangi kepualauan Indonesia.Hingga akhirnya penjajahan itu berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945, yaitu tepat saat proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Itulah daftar negara yang pernah menjajah negara Indonesia. Sebaiknya kita terus mengingat dan mempelajari sejarah, jangan sampai melupakan sejarah Indonesia.

Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
#CP


Artikel Terkait