Sunday, 3 February 2019

40 Fakta Tentang Galaksi Yang Belum Banyak Diketahui

Tags

Alam semesta ini masih menyimpan sejuta misteri yang belum bisa diraih oleh otak manusia. Bahkan kita sebagai manusia belum ada yang bisa memastikan luasnya jagat raya ini. Kita manusia hidup di Bumi yang mengelilingi Matahari yang kita sebut dengan Tata Surya. Sistem Tata Surya atau Solar System kita berada di galaksi gugusan bintang Milky Way atau galaksi Bimasakti.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa fakta seputar galaksi yang mungkin belum banyak diktetahui.

Fakta-Fakta Seputar Galaxy



Fakta 1

Seorang filusuf abad ke-18 yang bernama Immanuel Kant adalah orang pertama yang mengeluarkan teori bahwa galaksi Bimasakti atau Milky Way bukan satu-satunya galaksi di jagat raya ini.

Dia berkata bahwa di jagat raya terdapat sangat banyak galaksi lain seperti halnya pulau-pulau yang ada di Bumi. Immanuel Kant dahulu menggunakan istilah "pulau semesta" untuk menggambarkan tentang galaksi.

Fakta 2

Saat ini para ilmuan di bidang Astronomi memperkirakan jumlah galaksi di jagat raya yang dapat diamati oleh manusia jumlahnya sekitar 100 miliar.

Fakta 3

Istilah penyebutan galaksi yang kita tempati ini dengan sebutan Milky Way pertamakali dilakukan oleh Geoffrey Chaucer pada abad ke-14 dalam puisinya yang berjudul "The House of Fame".

Fakta 4

Para ilmuan mengatakan bahwa di dalam galaksi Bimasakti terdapat beberapa planet yang kemungkinan bisa digunakan untuk hidup. Planet-planet tersebut kemungkinan berada di 1 dari 5 bintang di galaksi Bimasakti

Fakta 5

El Gordo adalah galaksi terbesar yang sudah diketahui oleh manusia. Galaksi ini pertamakali teramati dari pegunungan Atacama di Chile.

Fakta 6

Ada banyak galaksi yang merupakan hasil pemisahan dari galaksi Bimasakti. Galaksi ini umumnya berukuran lebih kecil dan memiliki kecepatan yang lebih cepat dari galaksi Bimasakti. Galaksi-galaksi ini letaknya dekat dengan galaksi Bimasakti.

Fakta 7

Galaksi-galaksi hasil dari pemisahan galaksi Bimasakti bentuknya ada yang bulat seperti bola kaki namun agak lonjong. Ada juga yang berbentuk pipih dengan banyak tentakel di tepinya seperti galaksi Bimasakti.

Fakta 8

Tidak semua galaksi di jagat raya ini memiliki ukuran yang besar. Banyak terdapat galaksi kerdil yang jumlah bintangnya hanya dalam kisaran beberapa ratus atau beberapa ribu bintang. Untuk perbandingan saja, galaksi Bimasakti memiliki jumlah bintang sampai 100 miliar.

Fakta 9

Galaksi kerdil biasanya berada di kerumunan galaksi besar. Dari situ dapat kita simpulkan bahwa galaksi kerdil mungkin merupakan kumpulan bintang yang memisahkan diri dari galaksinya dulu.

Fakta 10

Galaksi kerdil mungkin saja dulunya adalah galaksi besar yang bintang-bintangnya tertarik oleh gravitasi galaksi didekatnya sehingga bintang tersebut meninggalkan galaksi lamanya. Kasus ini juga sering terjadi pada bintang-bintang di galaksi kerdil karena gravitasi galaksi besar didekatnya lebih kuat.

Fakta 11

Terdapat lubanya hitam besar yang berada di pusat galaksi Bimasakti. Jika agan ingin tahu, arah lubang hitam tersebut sejajar dengan rasi bintang Sagitarius. Namun walaupun agan telah melihat dalam arah yang benar, agan tetap tidak akan bisa melihat lubang hitam tersebut.

Fakta 12

Sebagian besar galaksi di jagat raya ini memiliki lubang hitam di pusatnya. Para astronom memperkirakan massa dari lubang hitam tersebut adalah 1/1000 dari massa galaksi inangnya.

Fakta 13

Dua galaksi terdekat dari galaksi Bimasakti yang bernama Small Magellanic Cloud dan Large Magellanic Cloud tidak memiliki lubang hitam di pusatnya. Atau mungkin mempunyai lubang hitam namun karena massanya yang terlalu kecil maka kita tidak bisa mendeteksinya.

Fakta 19

Setiap galaksi memiliki debu yang diproduksi oleh bintang-bintangnya. Debu ini membuat cahaya menjadi lebih merah jika diamati secara visual. Hal ini dapat mempersulit para astronom untuk mempelajari sifat bintang-bintang.

Fakta 20

Debu-debu galaksi tersebut bisa berpindah tempat karena beberapa galaksi mempunyai angin galaksi yang bisa menggerakan debu dan gas dengan kecepan ratusan kilometer per detik di ruang antar galaksi.

Fakta 21

Angin galaksi terbentuk akibat dari tekanan cahaya bintang yang bereaksi dengan debu dan gas galaksi.

Fakta 22

Kecepatan rotasi galaksi Bimasakti sekitar 250 kilometer per detik dan menyelesaikan revolusi penuh setiap 200 juta tahun sekali.

Fakta 23

Galaksi berputar lebih cepat dari yang kita perkirakan. Sumber energi untuk berputar berasal dari gravitasi bintang-bintangnya. Para astronom menyimpulkan bahwa ada tambahan energi gravitasi untuk berputar dari Dark Matter, materi gelap yang tidak memancarkan cahaya dan juga tidak memantulkan cahaya.

Fakta 24

Sebagian besar galaksi adalah ruang kosong antar bintang. Jika kita ibaratkan ukuran bintang-bintang tersebut seukuran buah jeruk, uang kosong antar bintang ini panjangnya bisa mencapai 4800 kilometer.

Fakta 25

Jika galaksi diumpamakan seukuran buah apel maka jarak antar galaksi tersebut cukup dekat, hanya beberapa meter. Dalam beberapa kasus, galaksi yang jaraknya relatif dekat kadang bergabung menjadi satu.

Fakta 26

Dalam rentang waktu 4 miliar tahun, galaksi Bimasakti dan Andromeda diperhitungkan akan bergabung menjadi satu. Proses penggabungan ini memerlukan waktu sekitar 100 juta tahun dan akan menghasilkan galaksi elipsoidal yang bernama Milkomeda.

Fakta 27

Galaksi MACS0647-JD adalah galaksi yang jaraknya terjauh yang ditemukan oleh NASA melalui teleskop HUBBLE.

Fakta 28

Galaksi NDC6872 adalah galaksi spiral terbesar yang pernah diketahui manusia. Galaksi ini jaraknya adalah 212 juta tahun cahaya dari bumi.

Fakta 29

Setiap galaksi memiliki bentuk struktur yang berbeda-beda, ada yang berbentuk elipsoidal (hampir bulat, kayak telur), spiral, spiral batangan, dan tidak beraturan.

Fakta 30

Jumlah seluruh galaksi di jagat raya ini diperkirakan lebih dari 170 miliar. Diameter galaksi tersebut umumnya berkisar antara 1000 Parsec hingga 100.000 Parsec.

Fakta 31

Para ilmuan memperkirakan bahwa di galaksi Bimasakti ini terdapat 17 miliar planet yang mirip dengan Bumi.

Fakta 32

10 - 20% bagian dari galaksi terdiri dari debu, gas, dan bintang. Materi-materi tersebut diikat oleh tarikan energi gravitasi.

Fakta 33

Galaksi mempunyai cahaya sendiri. Galaksi itu mempunyai bentuk-bentuk tertentu, serta berjarak jutaan tahun cahaya.

Fakta 34

Mayall`s Object adalah hasil dari dua galaksi bertabrakan terletak 500 juta tahun cahaya dalam konstelasi Ursa Major.

Fakta 35

Triangulum Galaxy adalah anggota ke 3 terbesar dari kelompok Galaksi Bima Sakti, Galaxy Andromeda, dan sekitar 30 galaksi kecil lainnya.

Fakta 36

Galaksi Cartwheel adalah galaksi lenticular berjarak sekitar 500 juta tahun cahaya dan berotasi dengan kecepatan 217 km/s.

Fakta 37

Grand Spiral Galaxy juga dikenal sebagai NGC 123, galaksi yang menakjubkan ini didominasi oleh jutaan bintang terang dan gelap serta debu.

Fakta 38

Ruang antar Galaksi diisi oleh gas tipis dengan kerapatan massa kurang dari satu atom per meter kubik.

Fakta 39

Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi spiral dengan ukuran besar berdiameter sekitar 30 kiloparsec dan ketebalan sekitar satu kiloparsec.

Fakta 40

Galaksi Bima Sakti dan galaksi Andromeda, keduanya saling bergerak menuju satu sama lain dengan kecepatan kira-kira 130 km/s.

Itulah beberapa fakta tentang galaksi di jagat raya ini yang mungkin belum agan ketahui.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon