Keajaiban Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi 1 Minggu

Keajaiban Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi 1 Minggu

Kurma memiliki ribuan keajaiban dan manfaat untuk tubuh kita jika kita konsumsi rutin. Apa manfaat yang akan kita dapat jika mengkonsumsi buah kurma secara rutin setiap hari dalam 1 minggu? Simak terus artikel ini, karena saya akan menjabarkan manfaat-manfaat buah kurma untuk kesehatan.

Pohon kurma umumnya tumbuh di daeeah Mediterania, Afrika Utara, dan Asia. Buah kurma menyebar ke seluruh dunia dalam bentuk kering yang mengandung gula dan zat fenolik lebih besar daripada kurma yang masih segar.

Baca juga: Cara Memperbaiki HP Android Terkena Air

Menurut jurnal Frontiers in Plant Science, buah kurma sebenarnya masuk kedalam buah jenis berry sehingga tinggi akan antioksidan dan nutrisi yang memberikan sifat terapeutik yang kuat. Kurma juga mengandung banyak vitamin, antioksidan, gula yang mudah dicerna, dan zat gizi mikro.

Salah satu penyumbang manfaat dari buah kurma adalah kandungan antioksidannya. Kandungan antioksidan dalam kurma dapat melundungi sel-sel tubuh kita dari radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh kita dan menyebabkan penyakit.

Baca juga: Rahasia Bisnis Online Sampingan Tanpa Modal Untung Besar

Keajaiban Manfaat Buah Kurma

3 Antioksidan Paling Kuat Dari Buah Kurma


1. Flavonoid


Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah diteliti potensinya untuk mengurangi risiko diabetes dan penyakit Alzheimer.

2. Karotenoid


Karotenoid terbukti mampu meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata seperti degenerasi makula.

3. Asam Fenolik


Dikenal karena sifat anti-inflamasinya, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Kurma jenis Medjool mengandung kalori sekitar 24 gram dan sebagian kurma menyediakan 30% dari kebutuhan serat harian kita. Satu porsi kurma 1 ons (28 gram) mengandung 21 gram karbohidrat atau sekitar 7% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Kurma kaya akan vitamin B, A, K, tembaga, mangan, magnesium, dan kalium. Mengkonsumsikurma secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, meningkatkan kesehatan gigi, dan mencegah kanker karena tingginya jumlah selenium pada kurma.

Buah ini juga mengandung protein, 23 jenis asam amino yang berbeda, dan tinggi serat, sehingga membantu pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

Kurma sangat baik untuk penderita diabetes, karena memiliki indeks glikemik yang rendah, serta tidak menyebabkan fluktuasi kadar glukosa darah yang cepat dan besar. Penelitian juga menunjukkan bahwa kurma kaya akan polifenol.

Baca juga: Cara Menyelamatkan Diri Dari Bencana Tsunami

Berikut adalah keajaiban manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Buah Kurma


1. Peradangan


Peradangan kronis dalam tubuh telah ditemukan sebagai penyebab utama berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid dalam kurma mampu mencegah dan mengobati peradangan.

2. Kesehatan Pencernaan


Kurma kaya akan serat, sehingga bagus untuk pencernaan. 100 gram kurma dapat mengandung antara 3,5 sampai 11 gram serat yang sebagian besar tidak larut. Selain itu, kurma bertindak sebagai probiotik, dan meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus kita. Dengan demikian maka mengkonsumsikurma bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Sumber Energi Tambahan


Kurma mengandung gula alami seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Gula ini mudah diproses dan dimanfaatkan oleh tubuh untuk menjadi energi. Mengkonsumsi beberapa kurma Medjool atau memasukkannya ke dalam camilan adalah ide yang bagus ketika kita mencari sumber energi yang sehat. Di seluruh dunia, kurma digunakan untuk cemilan sore yang berfungsi menangkal kelelahan.

Baca juga: 15 Makanan Sumber Lemak Nabati dan Hewani

4. Turunkan Kolesterol dan Trigliserida


Kurma Medjool sarat dengan senyawa fenolik yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Kandungan gula dalam kurma telah diteliti dan hasilnya ternyata tidak meningkatkan kadar glukosa darah sehingga aman.

5. Kesehatan jantung


Kurma adalah sumber makanan yang kaya potasium, magnesium, dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. 100 gram kurma mengandung 700 mg potasium atau 20% dari kebutuhan potasium harian kita. National Institutes of Health mengklaim bahwa asupan potasium yang lebih tinggi mampu mengurangi risiko berbagai penyakit jantung kardiovaskular.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine menunjukkan bahwa antioksidan dalam kurma Ajwa bisa melawan peradangan, menurunkan lemak darah, dan mencegah kematian sel kardio. Juga, ekstrak dari buah kurma efektif memperbaiki jaringan jantung bagi yang mempunyai riwayat serangan jantung.

6. Kesehatan tulang


Kurma adalah buah yang mengandung kalsium serta tinggi fosfor yang bekerja sama untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Sekitar 85 persen fosfor tubuh ada di tulang dan gigi.

Fosfor diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua jaringan dan sel, untuk produksi blok pembangun genetik, DNA dan RNA. Fosfor juga diperlukan untuk membantu menyeimbangkan penggunaan vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin D, yodium, magnesium, dan seng.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Tahap Demi Tahap Proses Kehamilan

7. Pemanis Alami


Kurma merupakan buah yang sangat manis dan kaya akan vitamin, mineral, serta serat. Oleh karena itu dapat digunakan sebagai alternatif yang sehat untuk pengganti gula serta juga mengandung banyak kalori.

8. Penurunan berat badan


Kandungan serat yang tinggi dan gula kurma yang sehat membantu proses penurunan berat badan. Para peneliti dari Harvard Medical School mengklaim bahwa asupan serat yang tinggi adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

9. Melahirkan Lebih Mudah


Kurma sangat baik dikonsumsi selama kehamilan dan bahkan memudahkan persalinan. Terutama dikonsumsi pada saat trimester terakhir, kurma memiliki efek positif pada persalinan. Konsumsi harian kurma bisa mengurangi lama persalinan, dan dalam banyak kasus msmpu menghindari kebutuhan oksitosin untuk memulai persalinan.

Baca juga: Hal yang Terjadi Ketika Tidak Sengaja Menelan Permen Karet

Nah itulah beberapa manfaat penting dari buah kurma. Bahkan banyak sekali suplemen kesehatan yang berasal dari kurma. Jadi kita tidak usah ragu untuk mengkonsumsi buah kurma setiap hari, dengan catatan jangan berlebihan.

Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment