Type something and hit enter

author photo
By On

Aplikasi Pengirim WhatsApp Massal Pro Untuk Bisnis
Makanan yang tinggi serat.
Makanan yang kita konsumsi berdampak sangat besar terhadap kesehatan kita. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga pola makan kita agar selalu mencukupi kebutuhan gizi tubuh kita.

Salah satu kebutuhan gizi yang harus selalu kita penuhi adalah serat pada makanan. Serat sangat penting bagi tubuh seperti halnya karbohidrat, kita harus memenuhi kebutuhan serat harian kita minilam 30 gram untuk perempuan dan 38 gram untuk laki-laki.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi daftar makanan yang tinggi serat yang wajib ada dalam menu makan kita.

Daftar Makanan Tinggi Serat


Makanan tinggi serat, sayuran tinggi serat, buah banyak serat

1. Buah Pir


Buah pir adalah jenis buah populer yang enak dan bergizi. Ini adalah salah satu sumber serat buah terbaik karena memang mengandung banyak serat, mencapai 3,1%.

Kandungan serat: 5,5 gram dalam pir berukuran sedang, atau 3,1 gram per 100 gram.

2. Buah Stoberi


Stroberi adalah buah yang banyak disukai oleh semua orang termasuk anak-anak sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan serat mereka. Stroberi termasuk buah yang mempunyai nutrisi yang lengkap, selain serat terkandung juga vitamin C, mangan, dan kaya akan antioksidan. Kandungan serat pada buah stroberi rata-rata 2%.

Kandungan serat: 3 gram dalam satu cangkir, atau 2 gram per 100 gram. Ini sangat tinggi mengingat stroberi sangat rendah kalori.

Baca juga: 6 Gejala Kanker Yang Sering Disepelekan

3. Buah Alpukat


Alpukat adalah buah yang spesial karena beda dengan yang lainnya. Buah alpukat memiliki karbohidrat dan lemak yang tinggi, namun lemak ini menyehatkan dan tidak masalah bagi agan yang sedang menjalani diet.

Buah alpukat memiliki serat yang sangat tinggi yaitu mencapai 6,7%. Selain serat yang tinggi buah ini juga mengandung vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan berbagai jenis vitamin B yang sangat bagus untuk kesehatan kita.

Kandungan serat: 10 gram dalam satu cangkir, atau 6,7 gram per 100 gram

4. Buah Apel


Siapa sih yang tidak suka dengan buah apel? Buah yang manis ini memiliki kandungan serart yang lumayan tinggi, yaitu 2,4%

Kandungan serat: 4,4 gram dalam apel berukuran sedang, atau 2,4 gram per 100 gram

Baca juga: 11 Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak

5. Buah Raspberry


Raspberry sangat bergizi dengan rasa yang sangat kuat. Buah ini sarat dengan vitamin C dan mangan, serta memiliki kandungan serat sebanyak 6,5%.

Kandungan serat: Satu cangkir mengandung 8 gram serat, atau 6,5 gram per 100 gram

6. Buah Pisang


Pisang adalah sumber nutrisi yang baik, termasuk vitamin C, vitamin B6, dan kalium.

Pisang hijau atau mentah juga mengandung sejumlah besar pati resisten , sejenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna yang berfungsi seperti serat. Kandungan serat pada buah pisang sebesar 2,6%.

Kandungan serat: 3,1 gram dalam pisang berukuran sedang, atau 2,6 gram per 100 gram.

7. Wortel


Wortel adalah sayuran umbi-umbian yang enak, renyah, dan bergizi tinggi.

Wortel tinggi akan vitamin K, vitamin B6, magnesium dan beta-karoten yang merupakan antioksidan yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Kandungan serat pada wortel adalah 2,8%.

Kandungan serat: 3,6 gram dalam satu cangkir, atau 2,8 gram per 100 gram.

8. Bit (2,8%)


Bit adalah sayuran umbi-umbian yang kaya akan berbagai nutrisi penting seperti asam folat, zat besi, tembaga, mangan, dan kalium. Bit juga  mengandung nitrat anorganik, yang merupakan nutrisi yang terbukti memiliki berbagai manfaat terkait dengan tekanan darah. Kandungan serat pada Bit adalah 2,8%.

Kandungan serat: 3,8 gram per cangkir, atau 2,8 gram per 100 gram.

Baca juga: 5 Aplkasi Penghitung Kalori Terbaik Android dan iPhone

9. Brokoli


Brokoli merupakan sayuran yang sangat bagus untuk tubuh karena memiliki nutrisi yang sangat banyak.

Di dalam brokili terkandung vitamin C, vitamin K, asam folat, vitamin B, potasium, zat besi, dan mangan. Sayur ini juga mengandung antioksidan dan nutrisi pencegah kanker yang kuat. Sayuran yang tinggi akan protein ini memiliki serat sebanyak 2,6%.

Kandungan serat: 2,4 gram per cangkir, atau 2,6 gram per 100 gram.

10. Artichoke


Mungkin agan belum pernah mendengar nama ini, karena ini memang makanan yang jarang ditemukan dipasaran karena banyak orang yang tidak menyukainya. Untuk memakan sayur ini cukup repot dan susah, karena bentuknya yang mirip nanas dengan kulit daun yang tajam dan keras seperti duri.

Walaupun begitu, sayuran ini memiliki kandungan serat yang tinggi mencapai 8,6%.

Kandungan serat: 10,3 gram dalam satu artichoke, atau 8,6 gram per 100 gram.

11. Kubis Brussel


Kubis brussel adalah sayuran yang mirip dengan kubis pada umumnya, namun agak berbeda dan agak sulit ditemukan di pasar-pasar biasa.  Sayuran ini sangat tinggi vitamin K, potasium, asam folat  dan antioksidan kuat untuk melawan kanker. Kandungan serat pada sayuran ini adalah 2,6%.

Kandungan serat: 4 gram per cangkir, atau 2,6 gram per 100 gram.

12. Kacang Polong


Kacang polong berasal dari buah polong kering yang dikupas hingga menyisakan biji polong. Kandungan serat pada kacang ini mencapai 8,3%.

Kandungan serat: 16,3 gram per cangkir kacang polong matang, atau 8,3 per 100 gram.

13. Buncis


Buncis adalah jenis kacang-kacangan yang sarat dengan nutrisi, termasuk mineral dan protein. Buncis mengandung serat sebanyak 7,6%, termasuk sangat tinggi

Kandungan serat: 12,5 gram per cangkir buncis yang dimasak, atau 7,6 per 100 gram.

Baca Juga: 6 Camilan Sehat Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

14. Popcorn


Jika tujuan aga. adalah ingin meningkatkan asupan serat, popcorn mungkin merupakan camilan terbaik yang bisa agan makan. Popcorn sangat tinggi serat dan kalori. Namun, jika agan menambahkan banyak lemak, maka rasio serat dan kalori akan berkurang secara signifikan. Kandungan serat pada popcorn adalah 14,5%.

Kandungan serat: 1,2 gram per cangkir popcorn, atau 14,5 gram per 100 gram.

15. Oat


Oat merupakan makanan biji-bijian yang sangat menyehatkan karena kaya akan protein, serat, dan nutrisi lainnya. Agan dapat mengonsumsi oat untuk mengontrol gula darah dan juga kolesterol. Kandungan serat pada oat sangat tinggi, yaitu mencapai 10,6%.

Kandungan serat: 16,5 gram per cangkir gandum mentah, atau 10,6 gram per 100 gram.

Baca juga: Menurut Penelitian, Virus HIV Bukan Penyebab AIDS Secara Langsung

Itulah daftar makanan yang tinggi serat, semoga dapat memberikan referensi bagi agan yang ingin menyusun menu makanan sehat.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait