Type something and hit enter

author photo
By On

Aplikasi Pengirim WhatsApp Massal Pro Untuk Bisnis
Nah sekarang sudah ada teknologi baru yang mampu membuat layar PC atau laptop menjadi layar sentuh atau touch screen. Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan bernama AirBar. Alat kecil ini hanya diberi harga sekitar Rp700.000 saja perbuah.

Harganya lebih hemat jika dibandingkan dengan kita mengganti layar laptop dengan layar versi touch screen. Neonode AirBar berbentuk seperti stik tipis yang ditempelkan di bagian pinggir layar dan disambungkan dengan konektor USB.

Baca juga: Ternyata Otak Manusia 30 Kali Lebih Cepat Dari Super Komputer

Alat ini sebenarnya tidak mengubah layar lama PC menjadi layar sentuh, hanya saja Neonode AirBar ini mampu menerima gestur jari yang diusapkan ke layar monitor PC dan sensor akan merespon dengan perintah tertentu.

Neonode AirBar, Teknogi Untuk Mengubah Layar PC Menjadi Layar Sentuh


Cara membuat PC menjadi layar sentuh

AirBar bekerja dengan memantulkan sinar inframerah yang mengenai jari-jari tangan kita saat menyentuh layar. Dari segi kinerja memang sistem sensor inframerah dari AirBar tentu tidak sebagus layar sentuh asli karena kalah dari segi presisi dan fleksibilitas seperti kemampuan mulitouch.

Namun teknologi AirBar ini bisa menjadi alternatif bagi agan yang ingin menikmati PC dengan layar sentuh yang harganya murah. Teknologi layar sentuh ini sangat mudah digunaka, tidak perlu melakukan prosedur yang rumit. Tinggal colokan ke port USB dan alat ini langsung bekerja tanpa perlu menginstal program atau driver tambahan.

Baca juga: Cara Belajar Agar Efektif dan Mudah Paham

Namun perlu dicatat, komputer yang bisa menggunakan teknologi touch screen dari AirBar hanyalah yang memiliki lebar layar 15,6 inci, 14,0 inci, dan 13,3 inci untuk resolusi dengan perbandingan 16 : 9.

Salah satu kelemahan dari AirBar adalah kabel USB nya yang tergolong pendek. Mungkin akan cukup jika agan menggunakannya pada laptop yang memiliki port USB disamping.

Namun tidak akan cukup jika agan menggunakannya pada komputer yang harus menyambungkan AirBar dari monitor ke CPU. Tetapi agan masih bisa mengatasinya dengan menambahkan kabel USB ekstender.

AirBar Sangat Efektif Digunakan Pada Laptop


AirBar mempunyai fleksibilitas yang cukup bagus karena menggunakan sendor cahaya untuk mendeteksi gestur sentuhan pada layar. Agan tetap dapat menyentuh layar walaupun agan menggunakan sarung tangan, bahkan agan juga bisa menyentuhnya dengan barang-barang seperti kuas.

Sehingga agan bisa melukis langsung ke layar komputer seperti melukis diatas kanvas, sehingga tidak perlu menggunakan paint tab jika ingin menggambar di PC.

Akurasi dari sentuhan AirBar berkisar sekitar 1 sentimeter, jadi masih kalah dari layar sentuh asli. Namun jika agan terbiasa melakukan scrolling dengan menggeser scroll bar di pinggir layar maka agan masih bisa melakukan dengan mudah dengan AirBar ini.

Dari berbagai riset yang dilakukan oleh para IT review menhasilkan kesimpulan bahwa ketepatan akurasi dari AirBar ini tergantung pada seberapa dekat posisi perangkat AirBar dengan layar komputer.

Secara garis besar untuk sekedar bisa bekerja pada komputer cukup mudah tinggal tancapkan ke port USB, namun untuk bisa mendapatkan performa yang bagus agan perlu melakukan berbagai penyesuaian kecil.

Cahaya yang ditembakan oleh AirBar menggunakan sudut tertentu ke jari-jari kita, sehingga kita juga harus membiasakan diri dengan akurasi dari AirBar tersebut. Jadi tidak hanya AirBar yang dikalibrasi, namun jari kita juga harus dikalibrasi dengan cara menyesuaikan diri.

Baca juga: Rahasia Bisnis Online Sampingan Tanpa Modal Untung Besar

Sekian ulasan singkat tentang teknologi yang mengubah layar PC dan laptop menjadi touch screen dari AirBar.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait