Rahasia Bisnis Online Sampingan Tanpa Modal Untung Besar

Rahasia Bisnis Online Sampingan Tanpa Modal Untung Besar

Rahasia bisnis online sampingan tanpa modal dengan tanpa modal mungkin belum banyak yang tau. Karena itu pada kesempatan ini saya akan membongkar trik rahasia bisnis online tanpa modal dengan untung besar, hanya dengan internet saja.

Namun yang saya maksud tanpa modal disini bukan berarti kita sama sekali tidak mengeluarkan uang. Yang namanya bisnis apapun itu kita tetap harus keluar modal untuk merintis. Hanya saja rahasia peluang bisnis online yang akan saya ulas ini hanya perlu modal kecil, Rp100 ribu sampai Rp300 ribu pun sudau sangat cukup.

Baca juga: 6 Aplikasi Kompas Android Offline Terbaik dan Terakurat

Jika digunakan untuk usaha modal segitu saya rasa termasuk kecil mengingat yang namanya membuka usaha umumnya membutuhkan modal jutaan rupiah. Namun karena yang akan saya bahas adalah usaha online jadi ya hanya modal internet dan sedikit uang untuk modal awal saja.

Peluang bisnis yang sangat menjanjikan ini menggunakan media marketplace online untuk memasarkan produk dan menjaring konsumen. Marketplace yang dapat kita manfaatkan untuk membangun bisnis sangat banyak, kita bisa menggunakan yang gratis seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Menghentikan Autoplay Gambar Animasi GIF Di Browser

Saya tidak akan membahas tentang cara memposisikan produk agan di marketplace-marketplace tersebut karena di internet sudah banyak yang membahas. Namun yang akan saya bahas adalah trik-trik rahasia marketing seperti cara memikat pembeli supaya jualan kita laris, teknik copywriting, dan sejenisnya.

Trik bisnis yang saya bagikan ini memang untuk bisnis online di marketplace, namun juga dapat agan gunakan untuk menjalankan bisnis offline karena dasarnya sama, yaitu sama-sama untuk memikat konsumen.

Baca juga: 10 Web Tempat Download Software Freeware Legal dan Aman Terbaik

Rahasia Bisnis Online Tanpa Modal


Rahasia bisnis online tanpa modal untung besar internet laris

Bisnis Apa Sih Yang Tanpa Modal atau Modalnya Kecil?
Pertanyaan ini adalah yang paling sering berada di pikiran orang-orang yang ingin memulai bisnis tetapi bingung mau bisnis apa dan memulainya bagaimana. Kendala utama dalam bisnis adalah modal, sehingga kita ini harus memutar otak supaya bisa bisnis dengan modal yang kecil namun menghasilkan untung yang besar.

Apakah ada peluang bisnis seperti itu? ADA!! Kita bisa memilih bisnis model Dropship. Tugas kita hanyalah memposting barang di internet marketplace dan mencari pembeli. Jika ada pembeli maka kita tinggal menghubungi pihak supplier agar mengirim barang ke alamat pembeli. Sangat mudah kan? Kita tidak perlu stok barang sehingga tidak ada istilah rugi, modalnya kecil, dan kita tidak perlu repot-repot packing barang.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Karena packing barang dan mengirimnya ke pembeli adalah tugas dari supplier. Sehingga kerja kita sangat ringan, cuma pencet-pencet HP aja bisnis sudah jalan. Bagian yang agak sulit adalah saat mencari supplier, karena mereka lah tumpuan kita.

Kita harus bisa mencari supplier yang memiliki barang dengan kualitas bagus, packing rapi, pengiriman cepat, terpercaya, dan tetu saja mempunyai harga yang murah. Namun agan tenang saja, akan saya beri gambaran dan panduan dalam memilih supplier untuk dropship.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan Metode DNS Hack

Cara Memilih Supplier Dropship Online Terpercaya


Memilih supplier bisnis online sebenarnya adalah usaha yang harus dilakukan sendiri oleh agan yang ingin nembuka bisnis online. Saya tidak akan memberikan purusahaan-perusahaan supplier secara langsung, namun akan saya beri panduan untuk cara mencarinya.

Kita bisa memanfaatkan internet untuk mencari supplier, silakan agan ketik "supplier dropship" di internet maka akan muncul banyak sekali supplier yang menawarkan sistem kerjasama bisnis dropship.

Baca juga: 5 Sistem Operasi Distro Linux Paling Cocok Untuk Pendidikan Anak

Jika agan ingin bisnis pakaian, agan bisa mengambilnya dari Tanah Abang. Disana banyak sekali yang mengijinkan pembelian sistem dropship. Harganya juga sangat murah, karena memang menggunakan harga grosir walaupun membeli ecer.

Keuntungan Bisnis Online Melaui Marketplace 


1. Gratis


Ini adalah salah satu keunggulan dari berjualan di marketplace, yaitu gratis. Bayangkan jika kita harus membuka toko sendiri, pasti membutuhkan biaya yang besar. Dengan memanfaatkan marketplace, kita bisa menjalankan bisnis walaupun dengan modal kecil karena tidak perlu membangun toko sendiri.

Baca juga: 40 Fakta Tentang Galaksi Yang Belum Banyak Diketahui

2. Transaksi Aman dan Terpercaya


Jika kita berjualan di marketplace sekelas Bukalapak, Shopee, dan sejenisnya maka sudah dijamin aman dalam bertransaksi. Pembeli juga merasa aman dan tidak ragu untuk membeli barang kita. Karena ketika bertransaksi sudah menggunakan sistem rekening bersama yang dihandle oleh pihak marketplace.

3. Tidak Perlu Mencari Calon Pembeli

Dengan membuka toko di marketplace kita tidak perlu repot-repot promosi untuk mencari calon pembeli karena sudah ada jutaan pengunjung setiap harinya di marketplace tersebut. Hal ini seperti saat kita membuka kios di pasar besar yang setiap hari banyak pengunjungnya, kita tinggal buka toko dan berdiam diri saja otomatis para pembeli akan datang sendiri.

Teknik Upload Barang Untuk Menarik Pembeli


Karena kita membuka bisnis online di marketplace maka kita harus tau cara upload barang supaya menarik pembeli. Katalog online shop kita itu bagaikan etalase toko, semakin menarik maka akan semakin besar peluang penjualannya.

Baca juga: Berapa Jam Kebutuhan Tidur Manusia Yang Cukup?

1. Beri Judul Yang Menarik


Judul adalah kata-kata awal yang digunakan untuk memikat calon pembeli, sehingga sebisa mungkin dibuat yang menarik agar pengunjung tertarik untuk melihat barang kita.

Saya kasih contoh ya, misalnya bisnis online kita berjualan pakaian kaos t-shirt maka judul yang menarik adalah seperti:

  • Keren Banget Kaos Cotton Casual Navy, Untuk Santai Maupun Pesta Murah
  • Model Kaos Cakep Biru Navy Jaman Now, Harga Grosir Tapi Beli Ecer
  • Kaos Keren Terlaris Dan Termurah Bulan Ini

Analisa untuk judul Keren Banget Kaos Cotton Casual, Untuk Santai Maupun Pesta Murah adalah sebagai berikut:

  1. Keren Banget merupakan kata-kata pancingan agar tertarik dengan produk kita atau biasa disebut dengan kata-kata Copywriting. Saat pengunjung mengetikan pencarian produk di online marketplace maka dia akan scroll hasil pencarian produk tersebut. Nah kata-kata Keren Banget merupakan kata Stop Scrolling agar pengunjung berhenti scroll dan melihat produk kita. Disini kita sudah berpeluang untuk mendapatkan pembeli.
  2. Kata-kata Casual, Murah, Cocok Untuk Santai Maupun Pesta adalah kalimat pemikat supaya pengunjung tambah tertarik terhadap produk kita dan membeli produk kita. 
  3. Navy adalah sebuah warna yaitu biru tua yang agak condong ke hitam. Fungsi kita memasukan kata Navy adalah karena pengunjung biasanya juga mengetikan warna saat mencari kaos di pencarian, misalnya "Kaos Santai Navy". Nah jika ada pengunjung yang mengetikan pencarian seperti itu otomatis produk kita akan tampil di atas.

Kira-kira seperti itu analisa dari contoh judul produk yang pertama. Untuk yang nomor 2 dan 3 juga sama seperti itu strukturnya, jadi tidak perlu saya jabarkan satu persatu.

Baca juga: Penelitian Mengungkapkan Bawang Putih Bisa Mengobati Kanker Otak

2. Gunakan Foto Produk yang Bagus


Dalam dunia bisnis online, foto adalah pemikat utama dari pembeli dan faktor terbesar dia mau melanjutkan untuk membeli atau tidak. Oleh karena itu sebisa mungkin kita menggunakan foto dengan resolusi yang bagus.

Foto yang kita gunakan minimal memiliki resolusi 700x700 dan maksimal 2000x2000. Hal tersebut hanya sebatas patokan saja agar foto yang kita upload tidak blur dan pecah.

Baca juga: 13 Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Untuk lebih menarik pembeli, kita juga perlu untukk melakukan editing pada foto dengan menambahkan background dan nominal harga. Misalnya harga produk kita aslinya Rp100.000 maka dalam foto kita kasih harga Rp130.000 atau lebih.

Fungsinya adalah agar pembeli segera membeli produk kita karena mereka berfikir kalau harga yang asli adalah yang tertera pada foto. Jika mereka tidak segera membeli mereka takut harganya akan segera naik seperti harga di foto.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Penyakit Kanker Secara Alami

3. Beri Deskripsi Yang Lengkap dan Menarik


Deskripsi adalah penjelasan yang memberikan informasi tentang produk yang kita jual. Kita jangan asal memberikan deskripsi. Kita harus mempelajari cara membuat deskripsi yang baik dan apa saja yang harus ada di dalam deskripsi produk bisnis online kita.

Berikut ini hal-hal yang harus ada di dalam deskripsi produk kita:

  • Headline Produk
  • Detail Produk
  • Bahan jika ada
  • Tambahan Bonus
  • Hot Word
  • Keterbatasan
  • Penutup

Baca juga: 7 Cara Efektif Mencegah Kanker Payudara

Unsur-unsur diatas mempunyai fungsi masing-masing dan sangat penting untuk menunjang suksesnya bisnis online kita. Jika agan belum paham maka akan saja jelaskan satu persatu unsur-unsur tersebut.

1. Headline Produk
Headline merupakan kalimat pertama atau kalimat pembuka dalam deskripsi yang memancing rasa penasaran pembaca dan membuat mereka mau membaca deskripsi produk kita hingga habis.

Contoh Headline adalah Kaos cotton produk unggulan dari kami, sudah terjual ribuan buah perbulan. Itu hanya contoh saja, agan bisa mengkreasikan sendiri yang lebih menarik.

2. Detail Produk
Ini adalah informasi inti mengenai produk kita, sebisa mungkin kita berikan informasi dengan lengkap seperti bahan, kualitas bahan, jenis, ukuran, warna, dan lain sebagainya, itu berlaku jika kita berjualan pakaian.

Jika barang kita bukan pakaian ya menyesuaikan, misalnya jika smartphone ya kita berikan detail seperti spesifikasi dan sejenisnya. Intinya menyesuaikan dengan produk yang kita jual.

Baca juga: Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke Dengan Berjalan Kaki

3. Bonus
Nah ini penting, kita juga bisa menambahkan bonus pada deskripsi produk dan benar-benar kita berikan jika pembeli membeli produk kita. Misalnya kita memberikan bonus souvenir seperti bross atau apa gitu agar pembeli tertarik.

4. Hot Word
Hot Word merupakan kata yang kita gunakan untuk memanas-manasin calon pembeli supaya segera membeli. Contohnya Harga ini hanya berlaku minggu ini kak, karena harga akan kembali normal lagi. Nah Hot Word ini ada korelasinya dengan teknik penulisan harga di foto produk, silakan agan lihat lagi pembahasan bagian Teknik Upload Foto di atas pada poin nomor 2. Hot Word lain juga bisa kita pakai seperti Segera beli kak sebelum habis, stok sangat terbatas misalnya.

Baca juga: Fakta Bahaya Radiasi Smartphone Yang Dikabarkan Menyebabkan Kanker

5. Keterbatasan
Keterbatasan sebenarnya agak mirip dengan Hot Word, hanya saja kalau Keterbatasan ini lebih detail. Contoh kalimat Keterbatasan yang bisa kita pakai misalnya:

  • Khusus hari ini saja kita kasih gratis ongkir
  • Stok tinggal sedikit kak, tersisa 5 lagi
  • Kami beri diskon 5% untuk 10 pembeli pertama, buruan beli
  • dan sebagainya

6. Penutup
Untuk kalimat penutup ini fungsinya hanya untuk pemanis saja gan, kita bisa pakai kata-kata yang terkesan akrab dan ramah seperti Terimakasih banyak kak sudah melihat-lihat produk kami, jangan lupa membeli ya kak.  Agan bisa mengkreasikan sendiri kalimatnya sesuai dengan keinginan agan.

Baca juga: Cara Membobol Rekening Bank Dengan Metode Skimming Dan Cara Menghindarinya

Sekian pembahasan singkat tentang rahasia bisnis online tanpa modal dengan untung besar sekaligus strategi cara online shop untuk menarik pembeli.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment