7 Cara Mengatasi Tindakan Diblokir Di Instagram Sekaligus Penyebab Dan Pencegahannya

7 Cara Mengatasi Tindakan Diblokir Di Instagram Sekaligus Penyebab Dan Pencegahannya

cara mengembalikan instagram yang diblokir sementara, tindakan diblokir saat follow ig, tindakan diblokir di instagram tidak bisa follow, ciri ciri instagram diblokir sementara, anda diblokir untuk sementara waktu instagram, tindakan diblokir di instagram tidak bisa follow

Pesan Tindakan Diblokir, Diblokir Sementara, atau Action Blocked kadang muncul di Instagram, efeknya kita menjadi tidak bisa melakukan hal seperti like, komen, atau membuat story Instagram. Saya kadang juga merasa jengkel saat sedang menggunakan Instagram dan tiba-tiba muncul pesan aksi diblokir.

Bagaimana cara mengatasi tindakan diblokir, aksi diblokir, Instagram diblokir sementara, atau action blocked di Instagram? Sebelum membahas cara mengasi Instagram tindakan diblokir, alangkah baiknya kita melakukan sedikit investigasi terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui penyebab Instagram kita diblokir aktivitasnya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Banyak Follower Aktif Instagram

Jika kita sudah mengetahui penyebab kenapa tindakan Instagram kita diblokir, kita akan bisa tahu dengan jelas bagaimana cara mengatasi masalah tindakan diblokir pada Instagram kita tersebut. Jika kita mengklasifikasikan penyebab tindakan diblokir pada Instagram, kita bisa mengelompokannya menjadi dua jenis.

Yaitu tindakan Instagram diblokir karena kesalahan kita, dan aksi diblokir Instagram karena kesalahan dari pihak Instagram sendiri. Yang termasuk dalam kategori pemblokiran Instagram karena kesalahan kita adalah pemblokiran tindakan Instagram karena kita melakukan aksi-aksi ilegal seperti spam, auto like, auto komen, dan sejenisnya.

Aksi diblokir Instagram yang disebabkan oleh pihak Instagram sendiri adalah karena pihak Instagram keliru mendeteksi aktivitas kita. Sehingga kita yang tidak melanggar apa-apa dianggap bersalah. Kok bisa seperti itu? Sangat bisa, karena pihak Instagram melakukan pemblokiran tindakan secara otomatis alias menggunakan program.

Tentu saja yang namanya program pasti sekali dua kali pasti pernah melakukan kesalahan. Misalnya kita dianggap spam, dianggap menggunakan bot, dan sejenisnya. Terus bagaimana kita mencegah terkena masalah tindakan diblokir Instagram?

Nah untuk pembahasan seputar penyebab,  cara mengatasi tindakan diblokir Instagram, dan pencegahannya silakan agan simak artikel ini sampai selesai, karena akan saya kupas tuntas satu-persatu. Berikut adalah pembahasan lengkap seputar tindakan diblokir Instagram.

Pembahasan Lengkap Seputar Tindakan Diblokir Di Instagram


7 Cara Mengatasi Tindakan Diblokir Di Instagram Sekaligus Penyebab Dan Pencegahannya

Penyebab Tindakan Diblokir Oleh Instagram


Ketika muncul notifikasi bahwa tindakan diblokir atau aksi diblokir oleh Instagram, biasanya disebabkan oleh hal-hal dibawah ini:

  • Kita terlalu banyak follow akun Instagram orang lain dalam waktu yang singkat.
  • Kita terlalu banyak unfollow akun Instagram orang lain dalam waktu yang singkat.
  • Kita terlalu banyak komentar dengan teks yang sama.
  • Kita terlalu sering berkomentar dalam waktu yang singkat, sehingga dianggap spam.
  • Menggunakan program bot untuk berbagai aktivitas seperti auto like, auto follow, auto comment, dan sejenisnya.


Cara Mengatasi Tindakan Diblokir Instagram 


1. Reinstall Aplikasi Instagram


Cara pertama untuk mengatasi tindakan diblokir adalah dengan mencopot aplikasi Instagram dan memasangnya kembali. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa salah satu penyebab tindakan diblokir pada Instagram adalah karna terdeteksi tindakan ilegal dan mencurigakan.

Sedangkan di dalam aplikasi Instagram terdapat terdapat jejak cache yang menyimpan log aktivitas.kita ketika menggunakan Instagram. Jadi jika kita melakukan pemasangan ulang aplikasi Instagram maka data-data dalam cache ini bisa terhapus.

Namun perlu agan catat, walaupun kita sudah menghapus semua cache bukan berarti pihak Instagram tidak mengetahui riwayat aktivitas kita. Karena IP kita tetap tercatat oleh pihak Instagram. Namun cara ini tidak jarang berhasil untuk mengatasi tidakan diblokir, aksi diblokir, action blocked, dan diblokir sementara oleh Instagram.

2. Menggunakan VPN


Cara mengatasi tindakan diblokir oleh Instagram selanjutnya adakah dengan menggunakan aplikasi VPN, tujuannya adalah untuk menyamarkan IP network kita sehingga aktivitas kita sebelumnya tidak terdeteksi. Tidak jarang aplikasi ini bisa mengatasi kasus Instagram yang diblokir sementara.

Untuk aplikasi VPN yang digunakan silakan agan pilih sendiri, semuanya sama kok. Jika agan bingung mau menggunakan yang mana, agan bisa memilih penyedia VPN yang terkenal  di Play Store. Selain itu, VPN juga sangat penting untuk keaman dan privasi kita di internet.

Baca juga: Pentingnya VPN Untuk Keamanan Dan Privasi Android

3. Beralih Ke Jaringan Seluler


Nah jika agan sedang menggunakan internet Wi-Fi, coba agan beralih ke jaringan internet seluler atau data pribadi. Karena dulu saya sudah mengalami hal seperti ini. Waktu menggunakan jaringan Wi-Fi tiba-tiba muncul pemberitahuan tindakan diblokir oleh Instagram, setelah beralih menggunakan data seluler langsung hilang blokiran tersebut.

4. Mengakses Instagram Melalui Browser


Nah jika Instagram agan diblokir sementara atau muncul notifikasi tindakan diblokir maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan beralih ke browser untuk membuka Instagram. Jadi saat membuka Instagram kita tidak melalui aplikasi, melainkan menggunakan browser seperti Firefox dan Chrome dengan mengunjungi https://instagram.com.

Cara ini termasuk ampuh untuk mengatasi aksi diblokir Instagram, tindakan diblokir Instagram, action blocked, ataupun diblokir sementara oleh Instagram.

5. Membuka Instagram Dengan Perangkat Lain


Cara lain untuk mengatasi tindakan diblokir Instagram atau diblokir sementara oleh Instagram adalah dengan mengganti perangkat. Misalnya agan meminjam HP Android milik kakak agan untuk membuka Instagram. Tinggal login saja, nanti akan muncul perintah verifikasi. Lakukan verifikasi dan selamat blokiran pada Instagram agan sudah berhasil dibuka.

6. Laporkan


7 Cara Mengatasi Tindakan Diblokir Di Instagram Sekaligus Penyebab Dan Pencegahannya

Saat muncul notifikasi tindakan diblokir atau action blocked maka akan ada 2 pilihan yang bisa kita pilih. Untuk melakukan pelaporan maka tap pada tulisan Laporkan didekat tulisan Oke. Nanti pihak Instagram akan menerima laporan kita dan mengkaji ulang. Jika dirasa kita tidak salah maka pemblokiran akan dicabut.

7. Tunggu


Pilihan terakhir jika kita tidak bisa membuka blokiran adalah dengan menunggu sampai blokiran selesai. Setau saya ada 3 jenis blokiran di Instagram yang bisa kita bedakan dari notifikasinya.

Tindakan Diblokir umumnya hanya memblokir tindakan tertentu, misalnya yang diblokir adalah tindakan komentar maka yang tidak bisa kita lakukan hanya komentar saya. Sedangkan kita masih bisa mekakukan like dan membuat story.

Yang kedua adalah Diblokir Sementara, dimana kita hanya bisa membaca story saja tanpa bisa like, comment, dan membuat story. Blokiran ini biasanya hanya sebentar, kisaran 1-3 hari saja.

Yang ketiga adalah Diblokir Permanen, kalau ini sudah tidak bisa diapa-apakan lagi karena sudah permanen blokirannya. Penyebab dari diblokir permanen adalah karena pelanggaran berat pada Terms of Service Instagram.

Diatas adalah beberapa cara untuk mengatasi berbagai kasus Instagram diblokir seperti tindakan diblokir, action blocked, dan Instagram diblokir sementara. Penyebab dari tindakan diblokir oleh Instagram adalah karena tindakan-tindakan ilegal seperti penggunaan bot dan spam.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Like Instagram Dengan Hublaagram Autolike

Cara Mencegah Tindakan Diblokir Instagram dan Instagram Diblokir Sementara/Permanen


Dibawa ini adalah cara mencegah terjadinya pemblokiran Instagram seperti tindakan diblokir, Instagram diblokir sementara, dan Instagram diblokir permanen.

1. Jangan Menggunakan Bot dan Aplikasi Pihak Ketiga


Pantuan dari pihak Instagram sangat ketat terhadap aktivitas penggunanya. Salah satunya adalah tindakan-tindakan yang tidak wajar seperti penggunaan bot auto like, auto follow, auto comment, dan sejenisnya.

Intunya pihak Instagram akan mencurigai akun yang melakukan banyak aktivitas dalam waktu singkat, yang jika dikerjakan manual akan sangat sulit dilakukan. Tindakan dari pihak Instagram adalah dengan melakukan pembatasan tindakan.

Misalnya melarang aktivitas dengan tindakan diblokir, aksi diblokir, dan akun Instagram diblokir sementara.

Baca juga: Pengertian Bot Spam Dan Cara Untuk Mengatasinya

2. Jangan Terlalu Banyak Melakukan Aktivitas


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, jika kita melakukan banyak aktivitas dalam waktu yang singkat maka akan dianggap sebagai pengguna bot. Satu lagi, jangan komentar di beberapa story atau foto dengan komentar yang sama, karena kita akan dianggap spam.

Intinya kita harus menggunakan Instagram secara wajar, jangan terlalu banyak aktivitas. Apalagi dengan sengaja menggunakan bot, akan sangat berbahaya terhadap akun kita. Bisa berujung tindakan diblokir dan akun Instagram diblokir sementara.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan jika mengalami tidakan diblokir Instagram, aks diblokir Instagram, dan Instagram diblokir sementara. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment