7 Cara Menyembuhkan Nyeri Sakit Gigi Dengan Mudah Dan Alami

7 Cara Menyembuhkan Nyeri Sakit Gigi Dengan Mudah Dan Alami

Cara menyembuhkan sakit gigi caranya bermacam-macam, dan yang paling saya sarankan untuk mengatasi sakit gigi tentunya adalah memeriksakan ke dokter gigi. Namun tidak semua orang mempunyai akses ke dokter gigi, jadi karena ada suatu hal membuatnya tidak bisa memeriksakan ke dokter gigi.

Sakit gigi juga bermacam-macam, ada sakit gigi karises, gigi sensitif, impaksi gigi, periodontitis, gingivitis, dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis sakit gigi diatas ada gejala pasti yang diakibatkan oleh sakit gigi tersebut yaitu nyeri. Semua orang pasti sepakat bahwa nyeri sakit gigi rasanya luar biasa sakit.

Baca juga: Penelitian Mengungkapkan Bawang Putih Bisa Mengobati Kanker Otak

Bahkan membuat kita jadi tidak bisa makan, tidak bisa minum, bahkan untuk berbicara saja sakit. Nah kali ini saya akan memberikan beberapa metoda alternatif cara meredakan rasa nyeri sakit gigi dengan cara yang mudah dan alami yang mungkin bisa agan coba untuk mengurangi rasa sakit gigi agan.

7 Obat Nyeri Sakit Gigi Ampuh



1. Air Garam


Berkumur dengan menggunakan air garam terbukti ampuh untuk mengatasi rasa nyeri pada sakit gigi. Agan cukup mencampur air hangat dengan garam secukupnya lalu diaduk sampai semua garamnya terlarut dalam air.

Setelah itu gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur maka bisa mengurangi rasa nyeri pada sakit gigi. Ternyata air garam tidak hanya bisa menyembuhkan sakit gigi, namun juga ampuh untuk menyembuhkan sariawan.

Larutan air garam mampu membunuh bakteri dalam mulut. Coba agan ingat-ingat pelajaran di sekolah dulu, pasti pernah diajarkan bahwa garam adalah salah satu pengawet makan alami yang mampu membuat makanan tahan lama karena sifatnya yang bisa membunuh bakteri pembusuk.

2. Kompres Air Dingin


Air dingin juga bisa digunakan untuk mengurangi nyeri pada sakit gigi dengan cara menempelkan air dingin yang dimasukan kedalam plastik atau botol dibagian pipi yang terasa nyeri. Pipi yang nyeri umumnya juga dibarengi dengan adanya pembengkakan yang mengindikasikan telah terjadi infeksi.

Infeksi ini berada di rahang dan terdapat kantung nanah di gusi atau akar gigi. Jika agan sudah mengalami hal ini maka segera periksakan ke dokter, mengompres dengan air dingin tidak cukup untuk mengatasi sakit gigi ini karena sudah termasuk infeksi serius di rahang.

3. Es


Fungsi es dengan air dingin sama, yaitu untuk mengurangi rasa nyeri sakit gigi dengan cara dikompres. Hanya saja es memiliki efek yang lumayan cepat untuk meredakan nyeri daripada air dingin.

Cukup tempel dan gosokan es batu kecil di area pipi yang nyeri atau bengkak jika agan tahan dengan dingin. Jika agan tidak terlalu tahan dengan dingin, agan bisa membungkus es batu dengan plastik atau kain, baru setelah itu ditempelkan ke bagian yang nyeri.

Selain ditempelkan langsung ke bagian pipi yang sakit, agan juga bisa menempelkan es batu tersebut ke bagian ibu jari dan jari telunjuk tangan selama 7 menit. Para peneliti percaya bahwa kita bisa menghentikan sinyal rasa sakit ke otak menggunakan es batu.

4. Minyak Cengkeh


Minyak cengkeh mampu meredakan rasa sakit sebagai obat pemati rasa sakit alami yang cara kerjanya mungkin mirip dengan benzocaine. Cara penggunaannya basahi kapas dengan minyak cengkeh lalu oleskan pada area yang sakit, misalnya pada gusi.

Baca juga: Fakta Bahaya Radiasi Smartphone Yang Dikabarkan Menyebabkan Kanker

5. Bawang Putih


Bawang putih bisa kita gunakan untuk meredakan rasa nyeri saat sakit gigi. Caranya kupas dan potong bawang menjadi potongan kecil, lalu coba dikunyah menggunakan gigi di area yang nyeri. Cara ini memang kurang diminati karena selain rasa dari bawang putih yang tidak enak, mengunyah bawang pitih akan sangat sakit apa lagi gigi agan yang sakit berlubang.

Cara yang lebih mudah adalah agan potong kecil bawang putih dan letakan potongan bawang putih tersebut pada area gigi atau gusi yang sakit.

6. Teh Celup


Nah agan bisa menggunakan teh celup bekas untuk mengobati rasa nyeri sakit gigi. Caranya seduh teh celup lalu ambil teh celupnya dan agan gigit lembut kantong teh celup menggunakan gigi yang sakit dalam keadaan teh celup yang masih hangat.

7. Obat Anti Nyeri


Pilihan terakhir adalah agan pergi ke apotek lalu minta obat pereda nyeri. Agan bisa menceritakan ke apoteker masalah keluhan agan. Nanti apoteker akan memberikan obat pereda nyeri yang cocok untuk agan. Obat pereda nyeri yang paling umum adalah ibuprofen untuk dewasa dan asetaminofen untuk anak-anak.

Baca juga: Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke Dengan Berjalan Kaki

Itulah berapa cara untuk mengatasi sakit gigi atau meredakan nyeri sakit gigi yang bisa kita coba sendiri.
Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment