Type something and hit enter

author photo
By On

Aplikasi Pengirim WhatsApp Massal Pro Untuk Bisnis
Cara menulis lamaran kerja yang baik dan benar adalah sangat penting, karena menentukan diterima atau tidaknya kita di pekerjaan tersebut. Cara melamar pekerjaan saat ini juga bermacam-macam, ada yang melamar kerja tulis tangan, lamaran kerja online, lamaran kerja format PDF, lamaran kerja Gmail, maupun lamaran kerja dengan amplop yang ditulis tangan.

Baca juga: 7 Website Terbaik Tempat Mencari Lowongan Kerja Indonesia

Setiap pekerjaan juga memiliki format lamaran yang berbeda, namun perbedaannya tidak terlalu banyak. Namun agar lebih jelas pembahasannya maka saya akan memberikan contoh lamaran kerja dari berbagai bidang pekerjaan lengkap, mulai dari surat lamaran kerja umum, surat lamaran versi terbaru, surat lamaran kerja bank, surat lamaran kerja guru, surat lamaran kerja dokter, surat lamaran kerja perawat, surat lamaran kerja rumah sakit, surat lamaran kerja karyawan, surat lamaran kerja polisi, surat lamaran kerja CPNS, surat lamaran kerja fresh graduate, dan masih banyak lagi.

Cara Menulis Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar


cara menulis surat lamaran kerja

Sebelumnya saya tekankan dulu cara menulis lamaran yang akan saya bahas ini bukan berisi "teknis" atau struktur teks lamaran kerja, namun berisi tips menulis lamaran yang baik supaya lebih besar peluangnya untuk diterima dalam kerja.

Namun jika agan belum tahu teknis cara menulis lamaran atau strukturnya, silakan agan lihat contoh surat lamaran kerja yang akan saya berikan di akhir artikel. Nanti saya akan memberikan contoh surat lamaran pekerjaan dari berbagai profesi atau pekerjaan, jadi agan tinggal mencocokan saja dengan pekerjaan yang ingin agan lamar.

Berikut ada cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

1. Menggunakan Bahasa Yang Baik Dan Sopan


Menulis lamaran harus menggunakan bahasa yang baik. Maksudnya jika menulis lamaran kerja dengan bahasa Indonesia maka harus menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baku dan benar, begitu juga jika menggunakan bahasa Inggris atau yang lainnya.

Melamar pekerjaan adalah sesuatu yang formal, sehingga kita juga harus menulis lamaran kerja dengan kata-kata yang formal, jangan menggunakan kata-kata gaul sehari-hari. Nanti efeknya akan membuat kita terkesan kurang sopan.

Padahal akhlak khususnya kesopanan sangat penting karena termasuk faktor pertimbangan dari pihak perusahaan untuk menerima kita. Jadi intinya saat menulis surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku, formal, dan sopan.

2. Menulis Surat Lamaran Kerja Dengan Struktur Yang Benar


Ini adalah aturan dasar yang mengacu pada struktur teks surat lamaran pekerjaan sesuai kaidah bahasa Indonesia. Struktur teks selalu mempunyai aturan yang tetap dan seragam. Artinya dimanapun kita melamar pekerjaan yang namanya surat lamaran pekerjaan ya seperti itu bentuk dan strukturnya.

Yang saya maksud struktur dari surat itu adalah bentuk baku dari surat lamaran kerja. Misalnya setiap surat lamaran pasti pertama yang tertulis adalah nama penerima surat disusul dengan alamatmya. Contohnya adalah Kepada yth. Bapak Kepala Sekolah SMA N Yogyakarta di Yogyakarta misalnya, dan seterusnya.

Untuk pembahasan soal struktur teks surat lamaran kerja tidak akan saya bahas secara detail. Untuk lebih jelasnya agan nanti langsung lihat saja contoh suratnya di akhir artikel agar mempersingkat tulisan ini, karena jika saya jelaskan secara detail akan sangat panjang.

3. Lengkap


Tulislah surat lamaran kerja yang lengkap informasinya. Surat lamaran yang lengkap itu akan mempermudah pihak HRD perusahaan untuk menilai kita, karena surat lamaran pekerjaan tersebut adalah cerminan dari diri kita. Pihak perusahaan melihat dan menilai kita ya Melaui surat lamaran.

Biasanya setiap lowongan pekerjaan pasti membutuhkan syarat-syarat administrasi tertentu, misalnya surat kesehataan, serrtifikat keahlian, dokumen pengalaman kerja, ijazah, surat kepolosian, CV, SIM. dan lain-lain sesuai kebijakan pihak perusahaan.

Nah lengkapi semua syarat administrasi tersebut serta jelaskan sejelas-jelasnya tentang diri kita seperti, keahlian kita, kelebihan kita, motivasi kerja kita, bahkan sampai hobi dan kegenaran kita. Asal jangan memberikan informasi-informasi negatif yang sekiranya merusak reputasi kita.

4. Jelas, Ringkas, Dan Tidak Berbelit-Belit


Walaupun tadi saya katakan bahwa di surat lamaran kita harus menuliskan informasi tentang diri kita secara lengkap, namun jangan berbelit-belit. Tulis poin-poinnya saja secara jelas dan ringkas. Nanti pihak perusahaan setelah membaca surat lamaran kita pasti akan menanyakan beberapa hal tentang kita.

Nah disitulah nanti kita punya kesempatan untuk menjelaskan panjang lebar namun secara lisan. Bisa dibilang surat lamaran tersebut hanyalah ringkasan tentang diri kita.

5. Rapi Dan Bersih


Surat lamaran pekerjaan umumnya ada 2 jenis, yaitu surat lamaran kerja yang berbentuk fisik dan non fisik. Yang termasuk non fisik adalah surat lamaran kerja yang dikirim melalui email, sedangkan yang fisik adalah surat lamaran yang memang benar-benar berbentuk surat kertas.

Nah kerapian dalam menulis surat lamaran sangat penting, jika diketik ya kita harus memperhatikan penggunaan huruf kecil, huruf besar, koma, titik, batas margin, ukuran font, jenis font, dan lain sebagainya. Standarnya surat lamaran yang diketik menggunakan huruf Times New Roman atau Arial tegak dengan ukuran font 12px dan menyesuaikan margin dengan mempertimbangkan sisi visual saja.

Untuk yang ditulis tangan usahakan juga ditulis dengan rapi dan rata. Jangan ada yang tulisannya miring ke kanan trus miring ke kiri, karena pihak HRD akan menilai kepribadian kita dari tulisan tangan kita. Menurut ilmu psikologi jika tulisan tangan kita tidak tetap, ada yang miring ke kanan, ada yang miring ke kiri, dan tinggi tidak sama berarti kita ini memiliki kepribadian yang plin plan alias tidak konsisten.

Begitu juga jika tulisan kita konstan miring ke kiri maka kita dinilai sebagai orang yang memiliki pikiran negatif.  Nah tulisan tangan yang baik itu miring ke kanan semua dengan tinggi yang sama, lurus, dan rapi. Dengan begi kepribadian kita terlihat sebagai orang yang teguh pendirian, berfikir positif, ulet, dan telaten.

Masih banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan penilaian tersebut dikala ingin mencari karyawan, jadi kita perlu mempertimbangkan hal diatas. Selain itu diusahakan surat lamaran kita bersih dari segala noda termasuk coretan dan tipex, serta jangan sampai ada bagian yang tertekuk.

Itulah beberapa cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Seperti yang saya janjikan tadi, saya akan memberikan beberapa contoh surat lamaran kerja dari berbagai bidan profesi yang bisa agan jadikan untuk bahan referensi.

Contoh Surat Lamaran Kerja



Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa agan jadikan referensi. Sekian pembahasan tentang cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait