Contoh Penulisan Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Baik Dan Benar

Contoh Penulisan Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Baik Dan Benar

Contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar mungkin berguna bagi agan yang sedang melamar pekerjaan namun belum tahu cara penulisannya yang benar. Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) umumnya dilampirkan bersama dengan surat lamaran pekerjaan dan berkas-berkas pendukung lainnya.

Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang tata cara penulisan lamaran pekerjaan yang baik dan benar beserta contoh surat lamaran pekerjaan berbagai profesi. Penulisan data riwayat hidup berbeda-beda sebenarnya, tergantung ketentuan pihak perusahaan.

Ada yang disuruh menulis daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan, ada juga yang diketik dengan komputer. Jika agan ingin menulis dengan tulisan tangan maka gunakan bolpoin warna hitam atau biru. Usahakan juga tulisan kita rapi, miring ke kanan secara stabil, dan juga bersih dari coretan-coretan tidak penting.

Baca juga: 7 Website Terbaik Tempat Mencari Lowongan Kerja Indonesia

Dalam kasus lain ada juga perusahaan yang meminta untuk membuat daftar riwayat hidup dengan format yang khusus. Misalnya saat perusahaan membuka lowongan untuk posisi desain grafis, kadan perusahaan meminta pelamar pekerjaan untuk membuat daftar riwayat hidup dengan desain yang unik dan menarik.

Kira-kira apa saja unsur-unsur yang harus ada pada surat daftar riwayat hidup? Jika agan belum tahu, silakan agan simak pembahasan berikut ini.

Unsur-Unsur Yang Harus Ada Dalam Daftar Riwayat Hidup



1. Identitas


Jelas identitas atau data diri kita wajib ada di dalam surat daftar riwayat hidup. Tujuannya ya jelas agar pembaca atau dalam hal ini pihak perusahaan tahu siapa orang yang di deskripsikan dalan surat daftar riwayat hidup atau CV ini.

Data yang perlu ditulis dalam kolom identitas yang paling pokok adalah nama agan, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat rumah, dan nomor telepon.

2. Riwayat Pendidikan


Riwayat pendidikan formal agan adalah hal yang wajib ada di dalam daftar riwayat hidup. Karena saat ini masih banyak perusahaan yang menggunakan tingkat pendidikan dan jurusan pendidikan untuk menerima karyawan.

Penulisannya diurutkan dari jenjang yang terendah sampai jenjang yang tertinggi, jangan lupa untuk mencantumkan tahun saat agan melaksanakan pendidikan tersebut.

3. Pengalaman Kerja


Jika agan mempunyai pengalaman kerja sebelumnya maka silakan ditulis semuanya karena mau bagaimapun pengalaman kerja menjadi salah satu bahan pertimbangan pihak perusahaan untuk menerima karyawan.

Jika agan mempunyai banyak pengalaman kerja dibidang yang sama dengan lowongan yang agan masuki, maka perusahaan akan menilai anda sebagai calon karyawan yang berkompeten dan berkemampuan bagus.

Baca juga: Peluang Bisnis Usaha Agen Pembayaran PLN Asuransi PDAM BPJS Tiket Pulsa

4. Pengalaman Organisasi


Salah satu penilaian dari perusahaan yang akan menerima karyawan adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, teamwork, dan juga rasa solidaritas. Dengan agan banyak berorganisasi maka perusahaan akan menganggap bahwa agan memiliki kemampuan-kemampuan itu semua.

5. Pendidikan Non Formal


Jangan lupa agan cantumkan pendidikan-pendidikan non formal yang pernah agan ikuti seperti kursus keterampilan kerja, kursus bahasa, dan sejenisnya. Sebab jika pihak perusahaan tahu bahwa agan mempunyai kemampuan kusus dibidang lain maka akan diprioritaskan untuk diterima kerja.

6. Skill dan Kemampuan


Ini adalah bagian yang paling penting, jelaskan secara lengkap kemampuan-kemampuan apa saja yang agan kuasai. Lebih bagus lagi kalau agan mempunyai sertifikasi di bidan tersebut, maka nanti sangat menentukan agan diterima atau tidak dan juga kadang menentukan posisi pekerjaan agan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar 


DAFTAR RIWAYAT HIDUP

A. Data Pribadi

Nama: Anjar Joko
Tempat, Tanggal Lahir: Yogyakarta, 5 Maret 1979
Jenis Kelamin: Laki-laki
Agama: Islam
Status: Kawin
Alamat: Jl. Brigjen Katamso No.27, Yogyakarta 55284
Nomor Telp: 082133060589

B. Pendidikan

1. Pendidikan Formal
  • Tahun 1985-1991 SD N 2 Yogyakarta
  • Tahun 1992-1994 SMP N 1 Yogyakarta
  • Tahun 1994-1997 STM 1 Yogyakarta
  • Tahun 2001-2005 FKM URINDO Jakarta Timur

2. Pendidikan Tambahan
  • Pelatihan HIPERKES K3

C. Pengalaman Kerja

  • ADM Qualiti Kontrol PT. Kontec Indonesia
  • Staff HRD PT. Cosmo Tech

Demikian surat daftar riwat hidup ini, saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggung jawabkan.


Yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat daftar riwayat hidup adalah ditulis dengan data yang benar dan jujur. Karena jika kita berbohong dalam penulisan daftar riwayat hidup maka akan menyulitkan kita dalam bekerja di kemudian hari.

Baca juga: Strategi Dan Cara Memulai Usaha Modal Kecil Sukses

Sekian pembahasan tentang contoh penulisan daftar riwayat hidup yang baik dan benar ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates