Type something and hit enter

author photo
By On

Aplikasi Pengirim WhatsApp Massal Pro Untuk Bisnis
Makanan terbaik untuk kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk tubuh kita. Bahkan kita harus memberikan perhatian ekstra untuk kesehatan jantung, karena jantung adalah organ utama tubuh kita. Sebagai mesin utama tubuh, tentu kita tidak bisa hidup tanpa jantung.

Jantung yang bermasalah dapat memberikan dampak buruk bagi seluruh tubuh kita. Penyakit jantung juga sering dikaitkan dengan keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, endokarditis, dan penyakit arteri koroner. Kita mungkin akan mengalami kelelahan kronis, mual, dan pusing.

Baca juga: 13 Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Kesehatan jantung sangat berpengaruh dengan pola hidup kita, termasuk pola makan kita. Sehingga kita harus selalu mengevaluasi dan memperbaiki menu makanan kita. Jangan sampai kita mengonsumsi banyak makanan yang kurang baik untuk kesehatan jantung.

Untuk memperbaikinya kita perlu mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan jantung kita. Berikut adalah daftar makan terbaik untuk kesehatan jantung.

Daftar Makanan Yang Menyehatkan Jantung



1. Ikan Salmon


Agan mungkin sudah tahu bahwa ikan salmon adalah bagian penting dari diet  jantung sehat. Salmon liar adalah pilihan yang sangat baik karena mempunyai asam lemak omega-3. Menu makanan yang kaya omega-3 telah terbukti efektif untuk meningkatkan penanda metabolisme untuk penyakit jantung.

Sebagai bonus kita akan mendapatkan banyak selenium, yang merupakan antioksidan yang melindungi kesehatan seluruh sistem kardiovaskular kita.

Yang mungkin jarang kita perhatikan adalah kita harus memilih ikan salmon liar, bukan yang dibudidayakan. Sayangnya 70% ikan salmon yang betedar di supermarket dan pasar adalah ikan salmon hasil budidaya, bukan liar. Padahal ikan salmon liar dan salmon hasil budidaya sangat berbeda dari segi kesehatan.

Baca juga: Strategi Dan Cara Memulai Usaha Modal Kecil Sukses

Ikan salmon liar jelas lebih sehat karena memakan makanan alami di laut. Sedangkan ikan salmon hasil budidaya diberi makan dengan makanan tidak alami yang mengandung antibiotik kimia dan pewarna makanan yang membuat daging terlihat sehat.

2. Kembang Kol


Kita harus memasukan menu sayuran dalam makanan kita, namun jika agan suka makanan yang memiliki rasa yang kuat maka kurang cocok mengonsumsi kembang kol. Kembang kol memang memiliki rasa yang ringan, namun mempunyai banyak antioksidan dan serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kembang kol sangat mudah dikonsumsi, bisa dijadikan jus, direbus, dicanpur soup, dan masih banyak lagi. Menambahkan kembang kol dalam menu makan kita sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan, melancarkan percernaan, dan mengurangi kolesterol.

3. Hati


Mungkin hati adalah satu-satunya daging merah yang masuk dalam menu makanan untuk jantung sehat. Hati memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam seperti protein, vitamin C, vitamin B12, tembaga, zat besi, dan seng.

Satu porsi hati mengandung sekitar enam gram lemak, tetapi itu adalah jenis lemak sehat yang bagus untuk tubuh. Jika bisa mengonsumsi hati secara rutin maka akan sangat bagus. Karena hati adalah makanan sumber protein yang  sangat seimbang.

4. Kentang


Beberapa orang menghindari kentang karena mereka menganggap warna putih pada kentang mengandung banyak zat tepung yang cenderung meningkatkan gula darah. Tapi itu adalah anggapan yang tidak benar karena kentang mengandung banyak serat untuk mendorong laju penyerapan glukosa.

Melakukan diet dengan kentang telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Kentang juga mengandung banyak potasium, yang dapat menurunkan tekanan darah kita. Kita bisa memakai kentang ungu untuk mendapatkan antioksidan yang tinggi, tetapi kentang merah dan kentang putih juga banyak mengandung antioksidan.

Baca juga: UY Scuti, Bintang Terbesar Di Jagat Raya Yang Pernah Ditemukan

5. Buah Apel 


Kolesterol yang tinggi adalah faktor risiko utama penyebab penyakit jantung, dan apel mengandung polifenol antioksidan yang berfungsi menjaga keseimbangan kadar kolesterol baik dan kolesterol jahat. Pektin dalam apel sebenarnya menghambat penyerapan kolesterol, sementara serat membantu mendorongnya keluar dari tubuh.

Menggunakan apel sebagai menu sehari adalah pilihan yang bijak, karena telah terbukti mengurangi kolesterol LDL sebesar 40%. Selain kandungan nutris ramah jantungnya, apel juga terbukti mengurangi risiko kanker, melindungi paru-paru, dan membantu mengendalikan nafsu makan.

6. Kacang Kenari


Kacang kenari adalah camilan sehat yang memiliki manfaat besar bagi jantung dan otak kita. Kacang kenari mengandung banyak asam lemak omega-3.  Mereka juga memiliki antioksidan tingkat tertinggi dari kacang yang biasa dimakan, sehingga memakannya dapat menurunkan kolesterol, menetralisir radikal bebas sebelum mereka dapat menyebabkan kerusakan sel, dan mengurangi peradangan.

Dalam hal urusan kesehatan jantung, folat, vitamin E, dan serat dalam kenari semuanya berkontribusi terhadap kesehatan jantung secara keseluruhan.  Ingatlah untuk memakannya tanpa garam.

7. Biji Chia


Biji chia seperti kacang hijau, bisa kita jadikan kecambah dan dimakan. Biji chia penuh dengan nutrisi termasuk kalsium, mangan, fosfor, magnesium, seng, vitamin B3 (niasin), kalium, vitamin B1 (tiamin), dan vitamin B2. Mereka juga memiliki banyak serat, protein, dan asam lemak omega-3.

Makan sesendok sehari tidak hanya bisa mengurangi kolesterol jahat di tubuh kita, namun juga bisa membersihkan penumpukan plak yang ada. Namun yang perlu diperhatikan adalah kita jangan memakan biji chia dalam keadaan kering. Biji chia bisa menyerap chairan dan mengembang, takutnya malah menyumbat kerongkongan kita.

Baca juga: Pengertian Bot Spam Dan Cara Untuk Mengatasinya

8. Teh Hijau


Teh hijau mampu memberikan efek menenangkan dan rileks, yang sangat bagus untuk kesehatan jantung kita. Tetapi teh juga menawarkan banyak manfaat seputar kesehatan jantung lainnya, termasuk menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan kadar trigliserida.

Teh hijau memiliki antioksidan dalam bentuk katekin dan flavonoid, yang menurut penelitian bermanfaat untuk jantung dan mengurangi risiko pembekuan darah berbahaya. Jika kita rutin mengonsumsi teh hijau setiap hari maka resiko kita terkena penyakit jantung akan sangat kecil.

9. Dark Cokelat


Dark coklat memiliki kandungan flavanol yang telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah sehingga membuat kerja jantung menjadi lebih ringan.

Cokelat hitam juga mengandung flavonoid, yang dapat memberikan perlindungan terhadap racun dari lingkungan serta memperbaiki kerusakan sel. Caranya adalah dengan memilih cokelat yang minimal mengandung 70% kakao dan tidak mengandung minyak kelapa sawit.

Baca juga: 10 Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Coklat

Itulah beberapa makanan terbaik untu jantung. Makanan-makanan ini memang sangat baik untuk jantung, asal dikonsumsi dalam jumlah yang secukupnya saja, jangan berlebihan.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait