Type something and hit enter

author photo
By On

Aplikasi Pengirim WhatsApp Massal Pro Untuk Bisnis
Daftar negara penghasil susu terbanyak di dunia.
Susu adalah cairan bergizi yang diketahui telah dikonsumsi manusia berabad-abad yang lalu. Produksi susu di dunia didominasi oleh susu sapi, yang memang paling mudah untuk diproduksi masal.

Kalau berbicara masalah negara dengan kuakitas susu terbaik di dunia, pasti pikiran kita langsung tertuju pada Belanda. Namun saya tidak akan membahas itu, yang akan saya bahas adalah negara-negara penghasil susu terbesar di dunia.

Susu sangat erat kaitannya dengan dunia kesehatan. Jika kita ditanya tentang minuman yang menyehatkan pasti langsung tertuju ke susu. Hal ini memang wajar, selain susu mengandung banyak nilai gizi,  susu juga melewati proses sterilisasi untuk menghilangkan bakteri-bakteri berbahaya di dalam susu.

Baca juga: Download Buku Belajar Teknik Professional Photoshop Bahasa Indonesia

 Selain populer sebagai minuman, susu sapi juga digunakan untuk membuat berbagai jenis olahan makanan seperti keju, krim, mentega, yogurt, susu cair, es krim, protein whey, dan masih banyak lagi. Dalam keadaan mentah, 87% komposisi susu sapi adalah air, sedangkan 13% lainnya terdiri dari berbagai komponen makanan seperti protein, lemak, kasein, laktosa, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Daftar Negara Penghasil Susu Terbesar



1. Amerika Serikat - 91,3 Metrik Ton


Sebenarnya jika dihitung total dalam produksi semua jenis susu, Amerika Serikat masuk ke posisi nomor dua sebagai negara penghasil susu terbesar. Namun jika dihitung dari segi produksi susu sapinya, Amerika Serikat adalah yang nomor satu di dunia.

Peoduksi susu memang tidak selalu berasal dari sapi, contohnya India. Negara India produksi susu mayoritas berasal dari kerbau, karena sapi merupakan hewan sakral di sana.

Baca juga: Rahasia Bisnis Online Sampingan Tanpa Modal Untung Besar i

California, Wisconsin, Idaho, New York, dan Pennsylvania adalah negara bagian di Amerika Serikat yang menjadi penghasil susu sapi terbesar. Banyak peternakan sapi perah besar disana yang memiliki lebih dari 15.000 ekor sapi.

2. India - 60,6 Metrik Ton


Jika dihitung dari jumlah produksi semua jenis susu, India sebenarnya nomor satu, didukung dengan produksi susu kerbau yang sangat besar. Namun kalau masalah susu sapi jelas India dibawah Amerika Serikat.

Produksi susu di India telah meningkat secara signifikan pada kurun waktu 2014-2015. Saat ini India berkontribusi memasok 9,5% produksi susu sapi global. Perencanaan yang cermat dan pendekatan ilmiah telah memainkan peran utama dalam peningkatan produksi susu ini.

Sekitar 80% produksi susu berasal dari sektor petani kecil yang tidak terorganisir. Negara ini memiliki lebih dari 130.000 perkumpulan koperasi susu di tingkat desa. Uttar Pradesh, Andhra Pradesh, Gujarat, dan Punjab adalah daerah penghasil susu utama di India.

Dengan produksi susunya yang besar, namun ini sebanding dengan besarnya konsumsi susu di India. Selain itu India juga mengekspor susu ke banyak negara termasuk Pakistan , Bangladesh, Uni Emirat Arab, Nepal , Bhutan , dan Afghanistan.

3. Cina - 35,7 Metrik Ton


Negara Asia adalah pemimpin dunia dalam hal produksi susu sapi, salah satunya adalah Cina duduk di posisi nomor tiga sebagai negara penghasil susu terbesar. Negara ini sekarang banyak berinvestasi dalam membangun peternakan sapi perah 100.000 ekor untuk mengekspor susu ke Rusia, karena Rusia telah memutuskan untuk menghentikan impor susu dari negara-negara di Uni Eropa. 

Menurut perkiraan, peternakan China tiga kali lebih besar dari peternakan sapi perah terbesar di Amerika Serikat.

4. Brasil - 34,3 Metrik Ton


Meskipun dahulu Brasil adalah importir besar produk susu, namun saai ini Brasil telah menjadi salah satu negara penghasil susu sapi terbaik. Peningkatan dukungan dari Pemerintah Brasil dan biaya produksi yang rendah adalah beberapa alasan utama di balik peningkatan produksi ini. 

Sektor susu di Brasil memiliki hubungan yang kuat dengan India, karena mereka memiliki sejumlah besar sapi 'Gir' yang murni berasal dari Gujarat, India , dan ini terkenal karena memproduksi susu dalam jumlah besar. Produksi susu sapi memberikan pekerjaan kepada hampir satu juta orang di Brasil . Dengan demikian, sektor susu cukup penting bagi perekonomian Brasil secara keseluruhan.

5. Jerman - 31,1 Metrik Ton


Dengan lebih dari 4,2 juta sapi perah, Jerman berada di posisi teratas produsen susu di Uni Eropa, dan yang kelima secara global.  Ada perbedaan besar dalam ukuran kelompok di negara ini. Jerman Timur dan Barat sama-sama memiliki proporsi yang signifikan dari produksi susu sapi Jerman. Namun, beberapa tantangan yang dihadapi oleh peternak sapi perah Jerman adalah kenaikan harga tanah dan defisit tenaga kerja yang berkualitas.

6. Rusia - 30,3 Metrik Ton


Meskipun masih terus menggunakan teknologi produksi susu tradisional dan penurunan jumlah sapi, Rusia masih memegang posisi keenam dalam produksi susu sapi global.  Produksi susu tetap stabil selama beberapa tahun terakhir. Moskow telah muncul sebagai daerah konsumsi utama susu sapi di negara itu selama bertahun-tahun.

Saat ini, negara Rusia berinvestasi secara substansial dalam mengembangkan breed yang menghasilkan lebih baik. Investor Rusia juga berinvestasi untuk membangun peternakan sapi perah terbesar di Cina untuk memenuhi permintaan domestik yang meningkat akan susu sapi.

7. Prancis - 23,7 Metrik Ton


Industri susu sangat penting di Perancis, dengan lebih dari 70.000 peternakan sapi perah memproduksi susu sapi di sana. Negara ini adalah produsen susu sapi terbesar kedua di Eropa, kedua setelah negara tetangga Jerman. Perancis memiliki lebih dari 3,6 juta sapi perah, dan berbagai macam fasilitas pengolahan susu sapi.

Sebagian besar susu yang dihasilkan diubah menjadi produk susu seperti keju dan susu bubuk. Prancis mengekspor produk susu yang tidak dikonsumsi dalam negeri terutama ke Italia dan Jerman.

8. Selandia Baru - 18,9 Metrik Ton


Negara kepulauan ini memiliki sekitar 5 juta sapi perah, dan rata-rata jumlah ternaknya terus meningkat. Mayoritas peternakan sapi perah terletak di Pulau Utara. Negara ini mengekspor produk turunan susu seperti susu bubuk, mentega, keju, dan krim ke negara lain di seluruh dunia. 

Negara sasaran ekspor Selandia Baru adalah Nigeria, Arab Saudi, Mesir, Yaman, Uni Emirat Arab, Bangladesh, Thailand, Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan. Selandia Baru membuat upaya untuk menggunakan teknologi baru dan penggunaan sumber daya yang efisien untuk meningkatkan sektor peternakan sapi perahnya di tengah perubahan iklim yang akan datang.

9. Turki - 16,7 Metrik Ton


Produksi susu sapi di Turki telah mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan dalam hasil laktasi dan jumlah sapi adalah kontributor utama peningkatan produksi yang stabil ini.  Pusat produksi susu sapi utama di Turki berada di İzmir, Balıkesir, Aydın, Çanakkale, Konya, Denizli, Manisa, Edirne, Tekirdag, Bursa, dan Burdur.

Negara ini mengekspor susu mayoritas ke Uni Eropa, meskipun pemerintah Turki telah mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan permintaan susu sapi di pasar domestik juga.

10. Inggris (13,9 miliar kilogram)


Di Inggris, peternakan sapi perah telah menjadi pekerjaan yang bergengsi selama berabad-abad, dan sekarang sapi perah dibiakkan khusus untuk menghasilkan susu dalam jumlah besar. Negara ini adalah produsen susu sapi terbesar ke-10 secara global, dan yang terbesar ketiga di Uni Eropa, hanya di belakang Jerman dan Prancis.

Namun, kekhawatiran besar adalah bahwa jumlah sapi perah menurun terus menerus di Inggris, dan telah terjadi penurunan 61% jumlah sapi di produsen susu yang terdaftar.

Itulah daftar negara penghasil susu terbesar dan terbanyak di dunia. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait