Cara Menggali Dan Mengenali Potensi Diri Untuk Sukses

Cara Menggali Dan Mengenali Potensi Diri Untuk Sukses

Cara mengenali potensi diri untuk suskes. Kunci kesuksesan seseorang adalah bisa mengembangkan dan mengelola potensi terkuat diri kita untuk mencapai tujuan hidup. Kita jangan pernah ragu dan pesimis dengan diri kita sendiri. Karena sejatinya setiap pribadi sudah mempunyai potensi-potensi yang sangat cukup untuk membuat kita menjadi orang sukses.

Saya tegaskan sekali lagi, potensi kita ini sudah sangat cukup untuk mewujudkan apa yang kita inginkan dalam hidup. Hidup kita ini singkat, jadi jangan pernah menghambat perkembangan hidup dengan keraguan. Kita harus tetap optimis, tanamkan motivasi yang kuat di dalam hati dan pikiran. Saya mempunyai potensi yang kuat, saya pasti bisa untuk sukses.

Baca juga: 8 Tips Memilih Pekerjaan Yang Cocok Dan Menyenangkan

Jika kita memenuhi pikiran dengan keraguan, maka bisa menyebabkan kita frustasi dengan kehidupan. Kita harus bisa mengolah hati dan pikiran agar terus termotivasi. Sehingga selalu menpunyai alasan untuk selalu berjuang pantang menyerah sampai meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup.

Di saat kita menjalani kehidupan, pasti kita selalu dihadapkan dengan berjuta-juta pertanyaan sulit yang dapat menggoyahkan semangat. Apakah saya ini bisa sukses? Bagaimana caranya sukses dengan keadaan yang serba terbatas ini? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang serupa.

Kita harus selalu ingat bahwa kita ini adalah manusia yang berpredikat sebagai makhluk berakal. Akal menjadi bekal kita untuk bisa hidup dan berkembang. Terus dan terus cari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, jangan putus asa.

Ada banyak sekali cara yang bisa kita tempuh untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seputar pengembangan diri tersebut, bisa dari buku, seminar, dan dialog dengan orang-orang yang sudah lebih berpengalaman.

Saya sendiri sudah pernah menghadapi situasi yang rumit seperti itu, lalu saya merenungkan diri untuk mencari jawaban. Akhirnya saya mendapatkan sebuah jawaban, yaitu saya harus action. Lalu saya memutuskan untuk membuat sebuah blog dengan tujuan untuk membagikan informasi dengan harapan saya bisa membantu orang lain dan suatu saat blog ini bisa membantu saya dalam meraih kesuksesan.

Setelah saya berani melakukan action, saya langsung bisa merasakan manfaatnya. Yaitu merasa ada kepuasan dan rasa keraguan saya berangsur-angsur menghilang. Kenapa bisa seperti itu? Karena saya sudah menemukan satu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut: Saya yakin bisa mencapai kesuksesan dengan menjadi seorang penulis blog.

Dari pengalaman diatas dapat saya simpulkan bahwa kita tidak harus menunggu sampai bisa menemukan potensi diri, setelah itu baru melakukan action. Tetapi potensi diri kita akan terlihat disaat kita sudah berani melakukan action. Jadi kita jangan takut untuk mencoba, karena kegagalan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti.

Baca juga: Ciri Kita Sudah Mendapatkan Pasangan Hidup Cocok Dan Terbaik

Jadi intinya jangan membebani diri dengan keraguan. Jika agan masih merasakan keraguan, saya akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi keraguan agar kita bisa menggali dan menemukan potensi diri untuk sukses.

Cara Mengatasi Keraguan Untuk Mengenali Potensi Diri



1. Buatlah Beberapa Pilihan Hidup yang Ingin Dikejar


Mungkin agan akan bertanya kepada saya, kenapa harus membuat beberapa pilihan hidup yang ingin dikejar? Jawabannya karena kita ini masih ragu, belum bisa menentukan arah kehidupan kita. Jadi mulai catatlah pilihan-pilihan hidup kita yang paling berpotensi untuk membuat kita sukses.

Kita pasti punya yang namanya minat, hobi, dan keterampilan. Jadi gunakanlah ketiga faktor tersebut untuk menentukan tujuan hidup. Kita tidak akan nyaman melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan hobi, minat, dan keterampilan.

2. Menentukan Arah dan Tujuan


Saya asumsikan disini agan sudah membuat beberapa pilihan hidup yang ingin dikejar atau singkatnya menentukan tujuan hidup. Sekarang saatnya agan menentukan arah kehidupan yang ingin agan tuju secara lebih spesifik.

Agan harus menentukan secara konkret bisnis apa yang akan agan jalankan dan memiliki potensi besar untuk sukses. Tentukan juga kapan waktu yang tepat untuk menjalankan rencana bisnis tersebut. Coba agan tanyakan kepada diri agan sendiri, "Jika saya mempunyai kesempatan untuk melakukan sesuatu yang pasti berhasil, apa yang ingin saya lakukan?"

Dari pertanyaan tersebut nanti agan akan mendapatkan sebuah jawaban yang mencerminkan tujuan hidup yang paling ingin agan lakukan. Tidak ada jawaban yang sempurna, agan tetap harus mencari tahu dengan melakukan trial dan error.

Artinya untuk bisa mendapatkan jawaban tersebut, agan harus melakukan berbagai percobaan dan mencari mana yang paling cocok untuk agan. Jawaban tersebut nantinya akan memperjelas kemana arah hidup agan dan apa tujuan hidup agan yang sesungguhnya.

3. Mulai Melakukan Action Dari Hal Kecil


Lawan keraguan kita dengan mulai melakukan hal kecil selangkah demi selangkah menuju apa yang ingin kita lakukan. Pada posisi ini kita sudah mempunyai arah dan tujuan yang jelas, maka jangan menunda-nunda lagi, langsung action.

Ingatlah bahwa kita ini makhluk sosial, yang artinya kita bisa meminta bantuan orang lain, entah itu bimbingan atau hanya sebagai inspirasi. Karena banyak orang di sekeliling kita yang sudah lebih dulu sukses, kita bisa belajar dari mereka.

Coba cari tahu apa yang membuat mereka bisa sukses, apakah itu karena mereka menjalin relasi dengan pihak tertenten atau bahkan karena mereka melakukan pelatihan tertentu. Kita bisa mengikuti jejak mereka yang lebih dulu sukses. Akan lebuh baik lagi jika kita secara terang-terangan meminta bimbingan mereka agar bisa menuntun kita menuju kesuksesan.

Baca juga: Cara Menyelamatkan Diri Dari Bencana Tsunami

4. Catat Pencapaian Kita


Setiap kita berhasil memenuhi target atau sudah mencapai suatu pencapaian yang bagus, kita harus mencatatnya. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi kinerja dan kemampuan diri kita. Dari catatan tersebut kita bisa mengoreksi diri, jika dirasa pencapaiannya menurun maka kita harus mencari cara agar bisa naik lagi.

Dari berbagai pencapaian tersebut kita juga bisa menyimpulkan bahwa kita ini sebenarnya lebih potensial di pekerjaan apa, dan kelebihan kita itu apa. Dan satu lagi dengan melihat hasil pencapaian maka kita bisa terus bersemangat untuk bekerja. Kita boleh berbangga diri agar kita ini tidak merasa pesimis.

Kita harus terus melangkah maju walaupun langkah kita lambat, yang penting jangan mundur. Yang namanya peluang untuk suskes itu pasti ada, tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha.

Itulah beberapa cara untuk menggali dan mengenali potensi diri sekaligus cara untuk mengembangkan potensi diri tersebut. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates