10 Peluang Usaha Sukses Tanpa Modal

10 Peluang Usaha Sukses Tanpa Modal

Cara usaha sukses tanpa modal mungkin banyak orang yang berfikir bahwa itu mustahil. Namun itu hanya untuk orang-orang yang pesimis saja. Karena faktanya kita sangat bisa membuka usaha sukses tanpa modal. Terus caranya seperti apa?

Caranya tidak terlalu sulit, hanya butuh kejelian dalam menangkap setiap peluang usaha, pantang menyerah, dan berani mencoba. Pertama kita harus tahu potensi dari diri kita. Coba kita tanya kepada diri kita sendiri, sebenarnya apa sih potensi dan kemampuan terbesar dari kita?

Baca juga: Tips Bisnis, Cara Memasarkan Produk Usaha Makanan Dan Minuman Laris

Setelah kita menemukan potensi diri kita, kita hanya perlu untuk memanfaatkan dan mengembangkan potensi tersebut menjadi peluang usaha. Misalnya kita ini hidup dari keluarga pedagang dan kebetulan sudah menyukai kegiatan jual beli, maka bisa memanfaatkan potensi kita tersebut untuk membuka usaha perdagangan.

Namun setelah itu kita akan mempunyai sebuah pertanyaan besar yang harus bisa kita atasi jika ingin melanjutkan langkah dan sukses. Pertanyaan tersebut adalah "Jika kita ingin membuka usaha perdagangan, kira-kira apa yang akan kita jual?".

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut lagi-lagi kita harus bisa membaca diri kita. Kita ini bisa memproduksi apa? Sedangkan kita ini ingin membuka usaha yang tanpa modal. Kemungkinan paling besar adalah kita menjual jasa atau barang yang kita tidak perlu keluar uang.

Namun apakah agan masih belum punya gambaran mau menjual produk apa? Tenang, agan tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan gambaran-gambaran peluang usaha menarik yang tidak memerlukan modal besar atau tanpa modal.

Peluang Usaha Sukses Tanpa Modal




1. Menjual Jasa Desain Logo


Jika agan hobi dan jadi dalam hal desain mendesain, maka manfaatkan potensi tersebut untuk menghasilkan uang. Agan bisa menjual jasa desain agan, misalnya desain logo. Sebenarnya tidak terbatas hanya logo saja, desain bisa sangat luas jangkauannya seperti desain brosur, desain kaos, desain icon, dan lain sebagainya.

Padahal harga logo saat ini terbilang sangat fantastis. Contohnya adalah logo Pertamana yang kelihatan sangat sederhana, namun harganya mencapai Rp2,5 miliar. Sungguh harga yang sangat tidak diduga-duga. Namun agan tidak perlu berfikir untuk membuat logo yang harganya Rp2,5 miliar, terapi coba aja agan membuka jasa desain logo dengan harga agak terjangkau.

Atau agan juga bisa membuat logonya dulu lalu menjualnya. Saat ini di internet sudah banyak situs tempat jual beli logo, agan bisa coba menawarkan produk agan disana. Salah satu situs jual beli logo yang bisa agan coba adalah Graphicriver. Graphicriver tidak hanya menjual logo saja, namun ada font, icon, dan produk-produk grafis lainnya.

3. Menjual Jasa Seputar Website


Jika agan mempunyai skill di bidang pembuatan website, agan bisa memanfaatkannya untuk mata pencaharian. Pasalnya untuk menjadi teknisi website agan tidak perlu modal besar, agan hanya perlu komputer dan akses internet yang sebagian besar sudah ada di rumah saat ini.

Jasa seputar website ada banyak, seperti setting SEO, setting template, jasa mempercepat load speed, jasa troubleshooting, dan masih banyak lagi. Tentunya upah dari pekerjaan ini lumayan besar, bahkan bisa jauh melebihi gaji pegawai negeri.

Baca juga: Peluang Bisnis Usaha Agen Pembayaran PLN Asuransi PDAM BPJS Tiket Pulsa

4. Menjual Template Website


Nah untuk pekerjaan yang satu ini butuh skill yang lumayan susah gan. Untuk bisa menjadi seorang pembuat template, setidaknya kita harus paham tentang SEO, paham dunia desain, paham HTML, CSS, Javascript, dan Bootstrap.

Membuat template website tidak hanya berurusan dengan tampilan saja, namun template tersebut juga harus memiliki struktur yang baik, SEO friendly, ringan, dan juga responsif. Jika agan sudah memenuhi semua kriteria tersebut dan sudah berhasil membuat sebuah template, agan cuma tinggal tidur di rumah dan uang tetep mengalir.

5. Menjual Tulisan


Nah jika agan tidak mempunyai skill yang bagus dalam desain grafis maupun dunia website, saya yakin agan pasti bisa menulis. Apakah kita bisa menjual tulisan? Sangat bisa. Artikel-artikel di dalam blog dan website yang ada di internet itu tidak semuanya asli tulisan pemilik blog tersebut, banyak yang artikelnya tersebut hasil dari membeli.

Agan bisa mengasah kemampuan menulis dan setelah mahir nanti bisa menjuak tulisan tersebut. Cobalah menulis artikel seperti artikel yang sedang agan baca ini. Namun untuk blog Indo Blogger ini semua artikelnya asli tulisan saya sendiri, tidak ada yang hasil dari membeli.

Terus dimana tempat kita menjual artikel? Untuk menjualnya agan bisa menawarkan ke grup-grup komunitas Blogger, baik di Telegram, Facebook, Forum, dan sejenisnya. Agan juga bisa menjual jasa tersebut melalui lapak online, misalnya OLX.

Atau agan bisa mempublikasikan tulisan tersebut di UC Nesws, BaBe, Jalan Tikus, dan Kaskus. Komisinya lumayan gan, satu artikel bisa sampai 50 ribu di Jalan Tikus.

6. Menjadi Blogger


Menjadi Blogger adalah salah satu pilihan yang baik jika agan ingin menghasilkan uang tanpa modal. Namun tentu agan harus bersabar dan tekun, karena jadi Blogger yang sukses butuh perjalanan yang panjang dan butuh perjuangan.

Bahkan saya sendiri pun belum bisa disebut sebagai seorang Blogger yang sukses. Namun saya pribadi sudah bertekad untuk terus menulis karena memang itu hobi saya dan juga ingin berbagi sedikit pengetahuan yang saya tahu. Masalah uang sebenarnya tidak pernah memikirkan hal itu waktu pertamakali mulai main blog dulu.

Namun saya bersyukur ternyata ada saja penghasilan dari blog ini. Penghasilan utama dari blog umumnya berasal dari iklan. Agan juga bisa memanfaatkan blog untuk mempromosikan produk agan sendiri. Selain itu ada sumber pendapatan lain dari blog, yaitu review produk, afiliasi, jual backlink, safelink, dan edorse.

7. Bisnis Afiliasi


Bisnis afiliasi cara kerjanya adalah agan menawarkan suatu produk milik orang lain, ketika ada yang membeli produk tersebut agan maka agan akan mendapatkan komisi dengan jumlah tertentu. Jadi tugas kita hanya mempromosikan produk tersebut sampai ada yang membeli.

Modal kita apa? Hanya modal HP dan koneksi internet saja. Bisnis afiliasi sangat banyak, ada afiliasi Lazada, Ratakan, Niagahoster, Hostinger, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Menurut Penelitian, Virus HIV Bukan Penyebab AIDS Secara Langsung

8. Makelar


Makelar adalah jasa perantara dalam sistem jual beli. Makelar yang paling menggiurkan adalah makelar tanah, rumah, dan kendaraan. Misalnya ada yang menjual tanah, kita bisa menghubungi penjual tersebut dan kita yang akan mencarikan pembeli dengan catatan nanti kita diberikan komisi. Besarnya komi ini tergantung negosiasi kita dengan si penjual.

9. Dropship


Bisnis dropship adalah kita menjual sebuah produk dari orang lain. Bedanya dengan afiliasi adalah jika afiliasi kita menjual produk dengan harga yang sudah ditentukan oleh pihak penjual dan pembeli membeli langsung ke penjual, lalu kita akan mendapatkan komisi sesuai yang dijanjikan oleh penjual.

Namun jika dropship kita ini membuka toko dengan menjual berbagai produk yang kita tidak menyetok produk tersebut. Nah saat ada pembeli maka pembeli tersebut membeli barang ke kita, dan kita akan memesan barang tersebut ke pihak supplier. Nanti pihak supplier akan mengirimkan barang tersebut langsung ke pembeli dengan atas nama kita. Masalah besar kecilnya keuntungan kita sendiri yang menentukan.

Untuk lebih jelasnya agan bisa melihat artikel saya yang berjudul Rahasia Bisnis Online Sampingan Tanpa Modal Untung Besar.

10. Jasa Mengerjakan Tugas


Untuk peluang usaha sukes tanpa modal yang kesepuluh ini sebenarnya termasuk pekerjaan yang kurang etis. Namun faktanya saat ini banyak sekali orang-orang yang membuka jasa mengerjakan tugas seperti makalah, karya ilmiah, puisi, dan bahkan sudah ada jasa mengerjakan skripsi.

Saya hanya sebatas memberikan gambaran saja bahwa pekerjaan ini sudah benar-benar ada yang melakukan terlepas ini pekerjaan baik atau buruk, dan saya tidak merekomendasikan agan untuk ikut membuka usaha sejenis ini karena bisa menurunkan kualitas anak muda kita.

Sebenarnya masih banyak peluang usaha lain yang tanpa perlu modal namun bisa berpeluang untuk sukses. Misalnya jasa desain rumah, menjual sourcode, jasa pembuatan aplikasi, jasa instal sistem operasi komputer, jasa pengetikan, dan bahkan teman saya dulu pernah membuka jasa download file seperti film dan software.

Baca juga: Aplikasi Prakiraan Cuaca Terbaik Paling Akurat 92% Android Gratis

Intinya kita harus selalu jeli dalam melihat setiap peluang usaha dan berani untuk mencoba. Sebenarnya banyak sekali potensi-potensi di sekeliling kita yang bisa kita jadikan ladang rejeki. Sekian pembahasan tentang peluang bisnis sukses tanpa modal kali ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates