Type something and hit enter

author photo
By On

Aplikasi Pengirim WhatsApp Massal Pro Untuk Bisnis
Strategi merupakan salah satu cara untuk memulai bisnis atau usaha yang suskes. Strategi bisnis merupakan hal-hal yang kita persiapkan supaya bisnis kita bisa lancar dan sukses. Jika kita memulai usaha bisnis tanpa memikirkan strateginya maka kita akan tersendat saat memulai bisnis.

Jadi proses ketika kita ingin memulai bisnis pertama-tama kita mencari ide usaha. Kira-kira apa bisnis yang akan kita jalankan dan memiliki prospek yang bagus. Nah disini kita perlu jeli untuk melihat peluang bisnis di sekitar lingkungan kita.

Baca juga: Peluang Bisnis Usaha Agen Pembayaran PLN Asuransi PDAM BPJS Tiket Pulsa

Setelah kita mendapatkan ide bisnis, kita juga harus memikirkan pasar yang kita tuju. Jadi kita harus tau sekiranya kita berhasil memproduksi barang, kemana kita harus menjual barang tersebut. Nah disini kita harus mencari banyak sasaran pemasaran produk hasil usaha kita, untuk memperluas pemasaran.

Diatas adalah sedikit uraian dasar mengenai cara memulai bisnis usaha yang bisa kita terapkan. Nah selain cara diatas kita juga harus memikirkan beberapa faktor lain secara matang sebelum memulai bisnis.

Berikut saya jelaskan secara garis besarnya tentang strategi saat memulai bisnis usaha yang sukses.

Strategi Memulai Usaha Sukses Dengan Modal Kecil


Strategi bisnis cara membuka usaha modal kecil sukses

1. Mencari Peluang Usaha


Ketika kita ingin membuka usaha baru, hal pertama adalah kita harus mencari ide bisnis atau peluang usaha yang prospeknya kedepan bagus. Nah disini kita harus bisa mengamati lingkungan sekitar kita untuk mencari ide bisnis. Saat ingin mencari ide bisnis diusahakan kita memang sudah menguasai dunia bisnis yang kita jalankan.

Saya kasih gambaran biar lebih jelas. Saya sendiri sangat suka dengan yang namanya kuo brownis. Sudah banyak toko roti yang sudah saya datangi untuk membeli brownis mereka. Sehingga saya bisa membandingkan mana rasa brownis yang enak dan mana yang tidak enak. Ditambah rumah saya berada di Yogyakarta yang banyak mahasiswa dan mahasiswi disini.

Dari latar belakang diatas kita dapat memanfaatkan hobi makan kue brownis sebagai ide bisnis. Ditambah lingkungan anak mahasiswa yang sangat bagus untuk kita jadikan sasaran pemasaran produk dari usaha kita, yaitu kue brownis.

2. Mempelajari Produk


Nah seperti yang sudah saya sampaikan diatas, alangkah baiknya kita terjun ke dunia bisnis yang memang kita sudah tau banyak tentang hal itu. Dalam hal ini kita ingin memulai bisnis kue brownis, karena posisi kita sebagai orang yang gemar makan kue brownis. Dengan begitu sudah pasti kita tahu banyak tentang kue brownis.

Tinggal kita cari resep kue brownis dan mencoba membuatnya. Di internet sudah banyak bertebaran resep kue brownis yang bermacam-macam. Kita bisa mencarinya dan langsung mencoba satu persatu atau menggabungkan berbagai resep kue brownis.

Pertama kita buat dalam jumlah kecil dulu dan kita kasih ke orang-orang sekitar kita untuk memberi nilai, apakah enak atau tidak. Terus kita coba sampai mendapatkan rasa yang pas. Begitu juga jika kita ingin memulai bisnis lain selain kue brownis, kita juga harus mempelajari produk yang akan kita jual.

3. Menentukan Target Pasar


Selanjutnya kita sebelum memulai bisnis kita harus tahu kemana kita harus memasarkan produk kita. Mau dipasarkan di toko sendiri, di toko orang lain yang bekerjasama dengan kita, dipasarkan melalui marketplace online, dan sebagainya.

Jika kita ingin memasarkan ke kelompok menengah kebawah, kita harus mempelajari daya beli mereka. Jangan sampai harga produk kita terlalu tinggi, bisa mengakibatkan bisnis kita macet karena mereka tidak mampu membeli.

Baca juga: Tips Bisnis, Cara Memasarkan Produk Usaha Makanan Dan Minuman Laris

4. Harus Menpunyai Ciri Khas


Produk kita harus mempunyai cirikhas yang berbeda dari yang lain. Cirikhas ini sifatnya harus menarik, bukan cirikhas buruk. Misalnya kita ingin menjual kue brownis ke para mahasiswa remaja. Kita harus membuat brownis kita tampil lebih cantik dan rasanya enak.

Karena biasanya para mahasiswa sering memberikan bingkisan kepada pacarnya, kita bisa membuat kue brownis kita menari dengan kemasan yang nuansanya romantis. Misalnya di kemasannya kita kasih tempat untuk menuliskan pesan pendek sehingga mereka bisa menyampaikan sesuatu melalui roti brownis ini.

5. Promosi 


Promosi adalah cara kita untuk mengenalkan produk hasil usaha kita ke calon pembeli. Di jaman serba maju ini kita bisa memanfaatkan internet sebagai media promosi yang murah melalui media sosial, blog, dan lain sebagainya. Agan bisa menggunakan cara yang menurut agan efektif untuk melakukan promosi.

Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan IQ Dan Kecerdasan Otak

Itulah strategi dan cara memulai usaha sukses modal kecil yang perlu kita persiapkan matang-matang sebelum memulai bisnis. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait