7 Tempat Wisata Istana Indah Dan Bersejarah Indonesia

7 Tempat Wisata Istana Indah Dan Bersejarah Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata indah yang berbentuk peninggalan budaya dan sejarah kerajaan terdahulu. Dahulu Indonesia terdiri dari berbagai kerajaan yang meninggalkan jejak sejarah kebudayaan yang sangat indah dan memperkaya nilai sejarah Indonesia.

Di Indonesia ada beberapa istana kuno peninggalan dari kerajaan jaman dahulu yang sampai sekarang masih dilestarikan. Peninggalan tersebut selain sangat berharga dari sisi sejarah dan budaya, ternyata juga sangat menarik dari sisi pariwisata.

Baca juga: 10 Restoran Tempat Makan Romantis Terbaik Di Yogyakarta

Pasalnya tempat-tempat tersebut bahkan menjadi tempat wisata terbaik yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bukan hanya oleh wisatawan lokal, tidak jarang wisatawan manca negara yang juga rela datang jauh-jauh untuk berwisata ke tempat yang indah tersebut.

Rekomendasi Tempat Wisata Istana Bersejarah Paling Indah


Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata sejarah dan budaya istana kuno yang sangat indah di Indonesia.

1. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat


Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana  kerajaan yang dulunya dibangun di tengah hutan pohon beringin yang rimbun. Instana ini pertama kali dibangun pada tahun 1700-an masehi dan khusus digunakan untuk keluar kerajaan saja.

Istana ini telah beberapa kali dirubah dan direvitalisasi setelah dulu sempat hancur karena bencana. Sampai saat ini istana ini masih digunakan oleh Sultan untuk memerintah Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Namun istana ini sekarang bisa dikunjungi oleh para wisatawan untuk menikmati arsitektur tradisional Jawa dan melihat artefak-artefak kuno yang dimiliki oleh pihak kesultanan.

  • Buka: 08.30 - 13.30
  • Alamat: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta [Petujuk Arah]
  • No telepon: +6262274373721
  • Website: www.kratonjogja.id

2. Istana Kerajaan Ubud (Puri Saren Agung)


Istana Ubud meniliki arsitektur indah gaya Bali kuno, yang dulu menjadi pusat kerajaan Ubud pada waktu jaman kerajaan Indonesia kuno. Saat ini Ubud menjadi pusat kesenian dan kebudayaan Bali yang masih secara rutin menggelar acara budaya seperti teater musik, tari, maupun pameran budaya lainnya.

Ubud masih menjadi daya tarik wisata yang sangat kuat, terutama bagi para wisatawan luar negeri yang ingin melihat keasrian Ubud. Bahkan silsilah keluarga kerajaan Ubud masih ada sampai sekarang. Tidak semua bagian Istana Ubud yang bisa dikunjungi bebas, ada sebagian yang memang hanya orang-orang tertentu saja yang boleh masuk.

Walaupun begitu jika kita berkunjung ke Ubud, kita tetap bisa menikmati arsitektur interior dan aksesorisnya yang berupa ukiran batu khas Bali. Suasane disini juga masih sejuk dan segar, minim polusi.


3. Istana Air Taman Sari


Taman Sari adalah sebuah taman peninggalan Kraton Ngayogyakarta, yang usia taman ini jauh lebih tua daripada negara Indonesia. Di taman ini terdapat kolam, air mancur, sumur, dan juga lorong-lorong. Tempat ini dulu digunakan sebagai pemandian para keluarga Kraton.

Bahkan ada banyak lorong yang sampai sekarang masih penuh misteri, kemana saja tujuan lorong-lorong tersebut, dan tujuan dibangunnya untuk apa. Namun teman ini sangat indah dengan arsitektur gaya Jawa kuno, cocok untuk tempat liburan sekaligus menambah pengetahuan sejarah.

  • Buka: 09.00 - 15.00
  • Alamat: Jl. Tamanan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133 [Petunjuk Arah]

4. Istana Maimun


Istana Maimun adalah bangunan bersejarah di Medan yang dibangun pada tahun 1888. Bangunan milik Kesultanan Deli ini dirancang oleh arsitek Eropa, yang menampilkan unsur-unsur budaya Melayu, arsitektur Timur Tengah, ornamen Belanda, serta juga memiliki gaya yang terpengaruh dari arsitektur Italia dan Spanyol.

Istana Maimun saat ini dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai museum yang mampilkan artefak-artefak sejarah, foto, dan persenjataan. Tempat ini sangat bagus untuk tempat piknik bersama keluarga, khususnya untuk mengedukasi anak-anak tentang sejarah.

  • Buka: 08.00 - 23.30 (Minggu), 08.00 - 18.00 (Senin s/d Kamis), 08.00 - 12.00 dan 14.00 - 17.00 (Jumat), 08.00 - 18.00 (Sabtu)
  • Alamat: Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid No.66, A U R, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151 [Petunjuk Arah]
  • No telepon: +62614524244

5. Keraton Kasepuhan Cirebon


Keraton Kasepuhan Cirebon adalah salah satu istana kerajaan tertua di Indonesia yang sampai saat ini masih sangat terawat dengan baik. Istana Keraton Kasepuhan Cirebon dibangun pada tahun 1447 dengan memadukan unsur arsitektur dari Sunda, Belanda, Jawa, Islam, dan Cina.

Keraton Kasepuhan Cirebon sampai saat ini masih dihuni oleh para keluarga keturunan sultan atau keluarga kerajaan, walaupun begitu kita tetap bisa berkunjung ke istana kerajaan dan melihat-lihat bagian dalamnya. Di dalam istana ada ruangan khusus yang digunakan untuk museum yang menampilkan pusaka dan kereta kerajaan.

  • Buka: 08.00 - 18.00
  • Alamat: Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114 [Petunjuk Arah]
  • No telepon: +62231225511
  • Website: www.kasepuhan.com

6. Istana Siak Sri Indrapura


Terletak di rovinsi Riau, Sumatra, istana ini dimiliki oleh Kesultanan Siak Sri Indrapura yang dahulu memerintah dari tahun 1723 sampai kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Istana ini dirancang oleh seorang arsitek Jerman setelah Sultan melakukan perjalanan ke Eropa, sehingga arsitekturnya memadukan unsur Eropa dan Melayu, dengan ornamen dan furnitur dari Eropa.

Saat ini, istana adalah objek wisata yang populer karena menawarkan sekilas kehidupan bangsawan selama era tersebut. Kitadapat mengamati berbagai persenjataan, peralatan, dan alat musik yang digunakan oleh orang-orang kerajaan.



7. Candi Ratu Boko


Peninggalan Candi era Hindu-Budha di Indonesia banyak sekali yang sudah hancur, berbeda dengan Candi Ratu Boko yang sampai saat ini masih bisa kita amati dan pelajari. Setelah dilakukan penelitian, para arkeolog menyimpulkan bahwa situs ini adalah sebuah istana peninggalan kerajaan Mataram Hindu pada abad ke-8.

Bangunan indah ini bertengger di atas bukit, dihiasi dengan ukiran batu dari para dewa dan tokoh Hindu. Strukturnya terbuat dari batu dan bagi agan yang sudah pernah berkunjung ke tempat ini saya yakin setuju bahwa situs bersejarah ini memiliki nuansa mitos yang kuat.


Itulah beberapa tempat wisata menarik dan populer yang berupa istana peninggalan kerajaan jaman dahulu di Indonesia. Selain tempatnya yang indah, kita bisa berwisata ke tempat-tempat ini sebagai sarana edukasi wawasan sejarah Indonesia. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates