8 Tips Memilih Pekerjaan Yang Cocok Dan Menyenangkan

8 Tips Memilih Pekerjaan Yang Cocok Dan Menyenangkan

Tips memilih pekerjaan yang cocok dan tepat ini saya tunjukan bagi agan yang sering berganti-ganti kerjaan karena merasa tidak cocok dan jenuh.

Karena faktanya banyak orang yang beberapa kali berganti pekerjaan entah dalam tempo satu tahun atau malah belum ada satu tahun dengan alasan merasa tidak cocok dengan pekerjaan tersebut.

Banyak juga orang yang bekerja dalam keadaan setengah terpaksa. Yaitu orang-orang yang sebenarnya tidak terlalu menyukai pekerjaan tersebut tetapi tetap melanjutkannya karena dorongan kebutuhan hidup alias demi uang semata.

Untuk bisa menjalankan hidup dengan menyenangkan kita juga harus mempunyai pekerjaan yang cocok untuk kita. Pekerjaan yang cocok dengan kita akan membuat kita bisa bekerja dengan menyenangkan. Hidup yang menyenangkan akan kita rasakan ketika kita sudah bisa mendapatkan pekerjaan idaman.

Baca juga: Peluang Bisnis Usaha Agen Pembayaran PLN Asuransi PDAM BPJS Tiket Pulsa

Terus apa pekerjaan idamanan tersebut? Nah dalam hal ini pasti setiap orang mempunya pekerjaan idaman yang tepat sendiri-sendiri, terus bagaimana cara kita memilih pekerjaan yang cocok dan tepat dengan hidup kita? Untuk lebih jelasnya silakan agan simak pembahasan ini sampai selesai.

Tips Memilih Pekerjaan Yang Cocok dan Tepat



1. Segera Pindah Pekerjaan, Jangan Memunda-Nunda


Jika saat bekerja kita merasa tidak cocok dengan pekerjaan tersebut dan merasa tidak nyaman, segeralah kita berpindah pekerjaan. Banyak orang yang ketika merasa tidak nyaman dengan pekerjaannya, dia tetap bertahan dalam pekerjaan tersebut sambil menunggu kesempatan mendapatkan pekerjaan idaman yang entah kapan akan muncul.

Hal tersebut kurang tepat, semakin lama kita bertahan dengan pekerjaan yang tidak cocok makan akan semakin menurun juga kepercayaan diri dan semangat kita untuk bekerja.

Jadi jangan menunda-nunda, langsung keluar dan cari pekerjaan yang menurut kita paling cocok. Semakin lama kita menunggu, semakin banyak pula kita membuang kesempatan untuk mencari pekerjaan idaman.

2. Luangkan Waktu Untuk Mencari Beberapa Lowongan Kerja Baru


Kita harus meluangkan waktu untuk mencari beberapa lowongan pekerjaan, jangan hanya di satu tempat saja sehingga kita bisa menyeleksi dan memilih pekerjaan yang paling kita inginkan. Pilih dan pertimbangan berdasarkan minat dan kesukaan agan.

Pertimbangkan matang-matang dalam memilih pekerjaan mana yang akan kita ambil. Bekerja paling menyenangkan adalah ketika kita mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan minat kita. Kita serasa seperti bermain setiap hari karena menjalankan pekerjaan sekaligus hobi.

3. Fokus Terhadap Hal Yang Menyenangkan


Walaupun saya berulang kali mengatakan bahwa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minst dan hobi akan sangat menyenangkan, bukan berarti perkerjaan tersebut isinya menyenangkan semua. Kita ini bekerja tetap memikul beban tanggung jawab kerja yang kadang-kadang memberikan tekanan pada kita.

Belum lagi kita setiap hari pasti berhubungan dengan banyak orang di tempat kerja yang memiliki sifat berbeda-beda, sehingga wajar jika kita sesekali merasa jengkel. Semua jenis pekerjaan pasti seperti itu, tekanan tanggung jawab itu pasti ada.

Namun kita tidak usah terlalu fokus pada hal-hal yang kurang menyenangkan tersebut. Kita bekerja fokus saja terhadap hal-hal yang menyenangkan.

Baca juga: Cara Menyelamatkan Diri Dari Bencana Tsunami

4. Jangan Terlalu Memikirkan Gaji


Orang yang gajinya besar tidak menjamin hidupnya bahagia. Memang benar bahwa orang yang gajinya tinggi kepuasan hidupnya juga tinggi, tetapi dalam hal kebahagiaan masih kalah dengan orang yang memang menikmati pekerjaannya.

Survey mengatakan bahwa orang dengan gaji yang tinggi cenderung lebih sibuk dan tidak mempunyai waktu luang untuk melakukan hal-hal menyenangkan dalam hidupnya. Jadi kita lebih baik mempunyai gaji yang cukup saja, tidak usah terlalu tinggi.

5. Abaikan Hal-Hal Tidak Penting Saat Memilih Pekerjaan


Disaat kita menentukan pilihan pekerjaan, fokus saja dengan passion kita. Tidak usah tergoda dengan hal-hal lain yang tidak penting, misalnya tunjuangan makan, fasilitas mobil, dan sejenisnya dari pekerjaan tersebut. Karena hal tersebut tidak menjamin kita sedang dalam bekerja.

6. Meminta Apa Yang Memang Diinginkan Diri Kita


Kita harus paham dengan keinginan diri kita, pekerjaan seperti apa sih yang sebenarnya diinginkan oleh diri kita? Kita harus jujur, karena ini menyangkut kebahagiaan hidup kita.

Termasuk disaat kita ditanya dengan pertanyaan seperti ini saat interview pekerkaan. Jujur saja, katakan apa adanya kepada pihak perusahaan, walaupun hal ini akan membuat kita tidak diterima bekerja. Namun hal ini dapat menghindarkan kita dari mendapatkan pekerjaan yang tidak tepat

7. Jangan Terlalu Terikat, Buatlah Diri Kita Bebas


Maksudnya kita harus memposisikan diri kita secara bebas, bebas untuk keluar pekerjaan jika memang diperlukan. Sesuatu yang buruk memang harus berusaha untuk diperbaiki, namun jika tidak bisa diperbaiki ya harus ditinggalkan.

Jadi disaat kita mempertimbangkan pilihan pekerjaan, kita harus memastikan bahwa pekerjaan tersebut bisa membuat hidup kita bahagia.

Baca juga: Tips Bisnis, Cara Memasarkan Produk Usaha Makanan Dan Minuman Laris

Sekian pembahasan tentang tips memilih pekerjaan yang cocok dan tepat kali ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates