Type something and hit enter

author photo
By On

Aplikasi Pengirim WhatsApp Massal Pro Untuk Bisnis
UY Scuti bintang terbesar. Jika kita membicarakan bintang maka yang terdekat dengan kita adalah Matahari. Perbandingan ukuran Matahari dan Bumi pun jauh lebih besar dengan Matahari.

Namun ukuran Matahari jika dibandingkan dengan UY Scuti masih belum ada apa-apanya. Ya, karena UY Scuti saat ini masih memegang rekor sebagai bintang terbesar yang pernah ditemukan saat ini.

Baca juga: 10 Bukti Ilmiah Adanya Kehidupan Alien Luar Angkasa

Antatiksa merupakan sesuatu yang indah dan masih menyimpan sejuta misteri. Semakin kita mempelajarinya maka kita akan merasa semakin tidak tahu tentang antariksa saking luasnya. Mempelajari tentang antariksa akan membuat kita instropeksi dan semakin ingin tahu.

Tidak usah membandingkan dengan galaksi, jika dibandingkan dengan bintang saja kita ini amat sangat kecil. Bintang terbesar saat ini masih dipegang oleh UY Scuti, bintang merah besar yang berada di konstelasi Scutum.

UY Scuti, Bintang Terbesar Di Jagat Raya Saat Ini



UY Scuti awalnya ditemukan oleh para astronom Jerman di Observatorium Bonn pada tahun 1860, namun saat itu belum dilakukan pengamatan yang lebih detail dan penghitungan ukuran. Ukuran dari bintang UY Scuti baru diketahui dan terdokumentasikan pada tahun 2012 setelah para astronom kembali meneliti dengan teleskop yang lebih canggih dari Gurun Atacama, Chili.

Setelah ukuran pasti dari UY Scuti diketahui maka secara otomatis UY Scuti menempati urutan pertama sebagai bintang terbesar, menggeser pemegang rekor sebelumnya seperti Betelgeuse, VY Canis Majoris, dan NML Cygni.

Baca juga: 40 Fakta Tentang Galaksi Yang Belum Banyak Diketahui

UY Scuti sinarnya redup karena memiliki magnitudo semu yang besar, yaitu 8.92. Jarak UY Scuty dari bumi sangat jauh, jaraknya kira-kira 9500 tahun cahaya. Suhu dari UY Scuti hanya 3365 ° K, yang artinya bintang ini cukup dingin. Bahkan masih lebih panas Matahari yang suhunya mencapai 6000 °K.

Ukuran pasti dari bintang besar UY Scuti masih belum diketahui. Namun ukuran dari UY Scuti mencapai 10x dari bintang Betelgeuse. Perlu agan ketahui, Betelgeuse adalah bintang terbesar nomor 10, jadi bisa dibayangkan betapa besarnya UY Scuti.

Jika dilihat dari perbandingan diatas maka ukuran UY Scuti adalah 7.9 AU (Astronomy Unit). Sedangkan 1 AU adalah jarak antara Bumi ke Matahari. Artinya besar bintang UY Scuti adalah 7.9 kali jarak Bumi ke Matahari, atau sekitar 1185 juta kilometer.


Saking besarnya ukurannya apabila UY Scuti menjadi Matahari di tata surya kita maka planet Venus sampai Jupiter akan habis dilalap bintang ini.

Baca juga: Dark Matter, Misteri Ruang Kosong di Luar Angkasa

Perlu dicatat bahwa UY Scuti saat ini memegang rekor sebagai bintang terbesar di jagat raya dan posisinya masih berada di galaksi Bimasakti. Sehingga UY Scuti termasuk bintang terbesar sejagat raya sekaligus terbesar di galaksi Bimasakti.

Jadi masih sangat mungkin di galaksi lain terdapat bintang yang lebih besar dari UY Scuti, namun kita masih belum mengetahuinya. Kita para manusia di Bumi masih terus menjelajahi, mengamati, dan mencari hal-hal baru tentang benda-benda langit yang mengisi jagat raya ini.

Baca juga: Strategi Dan Cara Memulai Usaha Modal Kecil Sukses

Itulah sepintas lukisan karya tuhan UY Scuti, bintang terbesar yang pernah ditemukan manusia. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait