7 Cara Paling Efektif Menghilangkan Pikiran Kotor, Jorok, Ngeres, Dan Negatif

7 Cara Paling Efektif Menghilangkan Pikiran Kotor, Jorok, Ngeres, Dan Negatif

Pikiran jorok, kotor, ngeres, dan negatif pada dasarnya hampir setiap orang pernah mempunyainya walaupun kadarnya berbeda-beda setiap orang. Terus bagaimana cara paling efektif untuk menghilangkan pikiran kotor, jorok, dan ngeres?

Cara terbaik adalah dengan mengendalikan pikiran kotor, jorok, ngeres, dan negatif tersebut. Karena sejatinya kita tidak bisa menghilangkan hal tersebut. Kita hanya bisa berusaha agar pikira yang tidak baik tersebut tidak muncul atau dapat kitan kendalikan.

Pikiran kotor itu banyak sekali jenisnya, namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan fokus membahas tentang cara mengatasi pikiran kotor, negatif, dan ngeres yang selalu menjurus ke hal-hal seputar seksualitas.

Pada dasarnya orang berfikiran ngeres dan kotor itu normal, asalkan masih dalam taraf yang wajar atau tidak berlebihan. Karena ini sangat singkron dengan sifat manusia yang punya hawa nafsu. Apalagi yang masih remaja dan menjelang dewasa, pikiran kotor, ngeres, dan negatif seperti itu sedang kuat-kuatnya.

Hal tersebut dikarenakan pada usia remaja dan menjelang dewasa manusia sedang mengalami perkembangan pubertas, khususnya reproduksi. Ditambah pada umur-umur segitu emosi dan pengendalian diri masih labil. Beda dengan orang yang sudah dewasa, mereka sudah bisa mengontrol diri dan pikiran mereka.

Sebenarnya walaupun tanpa diatasi pikiran-pikiran kotor, ngeres, dan negatif tersebut lama-lama akan menghilang sendiri seiring perkembangan emosi dan psikologis. Dengan catatan pikiran-pikiran kotor dan ngeres tersebut masih dalam batas wajar.

Namun jika pikiran-pikiran ngeres dan kotor tersebut terlalu kuat dan tak terkontrol maka akan berbahaya bagi orang tersebut. Efeknya jelas bisa menjerumuskan dia ke hal-hal negatif dan secara psikologis bisa menghambat perkembangan dalam berfikir.

Jujur saja saya sendiri dulu pernah mengalami hal seperti ini, tetapi tidak terlalu parah. Namun berdasarkan pengalaman ini saya bisa menarik benang merah tentang hal-hal yang memicu munculnya pikiran-pikiran kotor, jorok, dan negatif tersebut sehingga bisa kita ambil tidakan untuk mengatasinya.

Cara Efektif Menghilangkan Pikiran Kotor, Jorok, Ngeres, dan Negatif


Cara Efektif Menghilangkan Pikiran Kotor, Jorok, Ngeres, dan Negatif

1. Mengingat dan Mendekatkan Diri Kepada Tuhan


Nah poin pertama ini sangatlah jelas bahwa cara paling efektif untuk menghilangkan pikiran kotor, jorok, ngeres, dan negatif adalah dengan mengingat Tuhan. Apapun agama agan silakan agan selalu mengingat Tuhan maka pikiran-pikiran yang tidak baik tersebut akan hilang.

Berhubung saya beragama Islam maka akan saya ambil contoh menurut agama Islam juga. Jika agan bukan beragama Islam silakan lakukan menurut tuntunan agama yang agan yakini.

Kalau kita rajin istighfar, membaca Al Quran, dan berdzikir maka pikiran-pikiran yang tidak baik otomatis akan hilang. Coba kita biasakan ketika muncul pikiran ngeres, kotor, dan negatif langsung kita mengingat Allah. Menurut pengalaman saya cara ini sangat efektif untuk menghilangkan pikiran ngeres, jorok, kotor, dan negatif.

2. Mengingat Orang Tua


Saya tidak tahu kenapa cara ini bisa menghilangkan pikiran jorok, namun nyatanya memang bisa. Saya dulu sering mengalamai hal ini secara tidak sengaja. Ketika dipikiran saya ada hal-hal ngeres dan jorok saya teringat ayah dan ibu saya, tiba-tiba langsung hilang semua pikiran jorok dan ngeres tersebut.

Jadi jika agan sedang berfikiran jorok dan ngeres maka ingatlah orang tua agan, maka pikiran-pikiran negatif tersebut akan hilang. Apalagi jika agan ngobrol dengan orangtua agan, dijamin saat baru melihat atau mendengar suaranya langsung hilang semua pikiran ngeres, dan jorok tersebut.

Saat saya mengalami hal tersebut yang saya rasakan adalah semua pikiran jorok, ngeres, dan kotor tersebut hilang berubah menjadi rasa malu. Malu kepada ayah dan ibu tersebut yang mengalahkan pikiran-pikiran negatif di otak saya.

3. Hindari Teman Yang Jorok dan Ngeres


Pengaruh lingkungan mampu merubah sifat dan perilaku kita. Jika lingkungan kita baik maka kita akan mendapat pengaruh baik. Jika lingkungan kita buruk maka kita juga akan mendapatkan pengaruh buruk. Jadi kita harus bisa memposisikan diri, jika pendirian dan iman kita lemah maka jangan bergabung dengan orang-orang yang ngeres dan jorok.

Nanti kita akan terpengaruh dan perilaku kita juga akan mirip dengan mereka. Saya yakin pasti agan mempunyai teman yang orangnya ngeres dan jorok. Karena saya dulu juga dapat pengaruh dari teman seperti itu, akhirnya ikut-ikutan betfikiran jorok.

4. Menghindari Melihat Konten Dewasa


Gambar dan video dewasa 18+ (maaf saya tidak bisa menyebut namanya, saya yakin agan juga pasti paham dengan yang saya maksud) adalah salah satu penyebab rusaknya moral anak remaja Indonesia.

Bahkan pernah dilakukan penelitian tentang dampak video dewasa terhadap perkembangan otak manusia, dan hasilnya pisitif mengganggu perkembangan berfikir kita. Jadi sebisa mungkin hindari menonton konten dewasa jika ingin menghilangkan pikiran ngeres, kotor, jorok dan negatif.

Pada dasarnya orang yang menonton video dewasa sedang memiliki pikiran yang jorok dan ngeres. Menonton video dewasa bisa kita ambil beberapa kemungkinan yang antara lain menonton video dewasa karena sedang berfikiran jorok dan sedang berfikiran jorok karena menonton video dewasa.

Jadi singkatnya menonton video dewasa bisa menjadi sebab dan akibat dari berfikiran jorok, kotor, dan ngeres. Namun dengan tidak menonton video dewasa, agan sudah menghilangkan salah satu faktor penyebab pikiran kotor, jorok, dan ngeres.

5. Berfikir Positif


Pikiran-pikiran ngeres, jorok, kotor, dan negatif tersebut bisa kita netralkan dengan pikiran-pikiran yang positif. Gunakanlah otak kita untuk berfikir yang baik-baik maka pikiran negatif tidak akan keluar. Caranya dengan menggunakan otak kita untuk hal-hal yang baik

6. Bermain Game


Bermain game terbukti dapat membantu menghilangkan pikiran jorok, ngeres, kotor dan negatif karena pikiran kita fokus ke game dan tidak sempat memikirkan hal-hal negatif. Namun dengan catatan game yang kita mainkan juga harus tidak mengandung unsur sensual.

Jika kita sedang tidak ada kegiatan lebih baik kita bermain game daripada hanya diam ngelamun dan pikiran kemana-mana. Fungsi game hanya untuk mengalihkan otak saja agar tidak memikirkan hal ngeres dan jorok.

7. Melakukan Kegiatan Positif


Melakukan kegiatan yang positif tentu dapat menghindarkan kita dari berfikiran ngeres dan jorok. Ketika ada waktu luang coba kita membaca buku, bersepeda, jalan-jalan di taman, atau kegiatan-kegiatan sederhana lainnya untuk mengisi kegiatan.

Karena pikiran-pikiran ngeres, kotor, jorok,  dan negatif umumnya muncul saat kita sedang tidak ada pekerjaan atau saat pikiran kita sedang tidak fokus. Jadi misalnya saat kita sedang bekerja dan tiba-tiba muncul pikiran negatif maka kita harus fokus kembali ke pekerjaan kita agar pikiran-pikiran buruk tersebut hilang.

Dampak Buruk Pikiran Ngeres, Kotor, Jorok, dan Negatif 


Seperti yang sudah saya sampaikan tadi bahwa pada dasarnya manusia berpikiran ngeres, dan jorok itu wajar asal tidak berlebihan. Yang menjadi masalah adalah apabila seseorang memiliki pikiran kotor dan jorok berlebihan.

Jelas pikiran-pikiran tersebut akan berdampak pada sifat dan perilaku seseorang. Efeknya akan mendorong orang tersebut untuk melakukan hal-hal yang buruk seperti pelecehan seksual, pemerkosaan, atau yang paling ringan adalah munculnya keinginan untuk melakukan aktivitas seksual.

Jika diteruskan maka dampak-dampak dari berfikiran ngeres, jorok, dan negatif sangatlah banyak. Bahkan pikiran-pikiran tersebut bisa mengganggu kreatifitas otak seseorang dan menurunkan kemampuan berfikir.

Dari berbagai macam dampak negatif tersebut sudah sangat jelas bahwa terlalu sering berfikiran jorok, ngeres, kotor, dab negatif sangat tidak baik untuk kita.

Sekian pembahasan tentang cara paling efektif untuk menghilangkan pikiran kotor, jorok, dan ngeres serta dampak negatifnya. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment