5 Cara Edit PDF Online Tanpa Aplikasi Dan Convert Ke Word

5 Cara Edit PDF Online Tanpa Aplikasi Dan Convert Ke Word

edit file pdf online, edit pdf online gratis, edit text pdf online gratis, cara edit pdf offline, cara mengedit file pdf hasil scan, cara mengedit pdf di hp, edit pdf ke word, nitro pdf editor, cara convert pdf ke word 

Cara edit file dokumen PDF online tanpa aplikasi dan tanpa perlu merubah file PDF ke Word. Merubah atau mengedit PDF umumnya membutuhkan bantuan aplikasi khusus misalnya seperti Adobe Acrobat.

Namun yang kadang menjadi kendala adalah bahwa aplikasi tersebut termasuk aplikasi berbayar yang tidak setiap orang mempunyainya. Walaupun misalkan agan mempunyai aplikasi untuk edit PDF, umumnya juga agak rumit prosesnya.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran PDF Tanpa Software Dengan Mudah

Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa alternatif cara untuk edit PDF yang lebih mudah dan sederhana. Yaitu metode edit PDF Online Tanpa Aplikasi dan tentunya juga gratis. Oh iya, nanti sebagai pelengkap akan saya jelaskan juga cara edit PDF offline dengan aplikasi dan cara convert PDF ke Word secara singkat.

Namun sebelum kita menuju pembahasan inti cara edit PDF online gratis tanpa aplikasi, alangkah baiknya kita membahas tentang dokumen PDF dulu agar kita sedikit mengetahui tentang apa itu file PDF.


Apa Itu Dokumen PDF?


PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format file yang digunakan untuk menampilkan dan membagikan suatu dokumen secara akurat, kompatibel di semua perangkat, tidak terbatas oleh perangkat lunak, perangkat keras, dan sistem operasi.

Dan memang benar, satu buah dokumen PDF dapat disimpan dan dibuka dengan akurat di semua perangkat komputer maupun smartphone dengan semua jenis software penampil PDF. Beda dengan dokumen lain seperti Word yang bahkan software MS Word versi lama tidak bisa membuka Word versi yang lebih baru.

PDF mulai diciptakan oleh perusahaan Adobe pada tahun 1991 yang waktu itu namanya masih Camelot. Pada waktu itu salah satu pendiri Adobe yang bernama Dr. John Warnock merilis sebuah proyek bernama Proyek Camelot yang tujuannya adalah merevolusi dokumen kertas ke dokumen digital.

Hal tersebut dilakukan agar semua orang dapat mengambil dokumen elektronik dari aplikasi apapun, bisa mengirim dokumen ini kemana saja, melihat dokumen tersebut dengan aplikadi apa saja, dan mencetak dokumen tersebut dengan segala jenis perangkat.

Nah baru pada tahun 1992 format dokumen Camelot berkembang menjadi PDF dan digunakan di seluruh sampai sekarang. Dokumen PDF bisa diisi dengan tulisan teks, gambar, audio, link, tombol dengan link, video, bidang formulir, dan lain sebagainya.

Cara Edit PDF Online Tanpa Aplikasi Gratis


1. Edit PDF Online Tanpa Aplikasi dengan Google Drive



  1. Upload file PDF yang ingin kita edit ke Google Drive. Caranya kita buka browser dan kunjungi link Google Drive.
  2. Nanti kita akan diminta login dengan akun Gmail. Masukan akun Gmail kita dan beranda Google Drive akan terbuka.
  3. Selanjutnya upload file PDF yang ingin kita edit dengan cara klik tombol New di sudut atas, lalu klik lagi tombol Upload File. Pilih dokumen PDF kita yang mau di edit tadi.
  4. Setelah file PDF selesai diunggah, klik kanan file rersebut lalu bilih buka dengan Google Documents.
  5. Nah setelah dokumen PDF kita sudah dibuka dengan Google Documents, silakan agan edit sesuka hati.
  6. Setelah proses editing selesai, kita bisa menyimpan dokumen tersebut dalam format aslinya PDF atau juga bisa disimpan dalam bentuk Word. Nah cara ini juga bisa kita lakukan untuk convert PDF ke Word tanpa aplikasi.

2. Edit PDF Online Tanpa Aplikasi dengan PDF2Go



  1. Siapkan dokumen PDF yang akan diedit, buka browser lalu kunjungi PDF2Go.
  2. Pilih file PDF tadi lalu pilih tool editing.
  3. Edit PDF tadi sesuka hati, bisa dengan menambahkan tulisan, watermark, coretan, mengubah warna, font, crop, dan lain sebagainya.
  4. Jika sudah selesai klik Save Changes untuk menyimpan file PDF yang sudah kita edit tadi.

3. Edit PDF Online Tanpa Aplikasi dan Convert PDF ke Word dengan Small PDF



  1. Siapkan file PDF yang ingin kita rubah atau edit.
  2. Buka program browser di komputer kita lalu kunjungi situs website Small PDF.
  3. Jika laman Small PDF sudah terbuka, lalu klik Pilih File. Arahkan ke file PDF yang sudah kita siapkan tadi.
  4. Nah sekarang edit file PDF sesuai keinginan kita dengan berbagai tool yang tersedia di Small PDF.
  5. Jika proses edit PDF sudah selesai, pilih Terapkan dan unduh file PDF yang sudah kita edit tadi.

Kita juga bisa melakukan convert file PDF ke Word secara online menggunakan Small PDF dengan mengunjungi link ini.

4. Edit PDF Online Tanpa Aplikasi dan Offline dengan Aplikasi Menggunakan Sejda



  1. Siapkan dokumen PDF yang akan kita diedit lalu buka browser dan kunjungi Sejda PDF Editor.
  2. Klik tombol Unggah file PDF. Disini kita bisa mengunggah file dari komputer, Google Drive, Dropbox, Onedrive, atau link direct PDF.
  3. Edit PDF tadi sesuka hati, bisa dengan menambahkan tulisan, watermark, coretan, link, whiteout, shape, tanda tangan, mengubah warna, font, crop, dan lain sebagainya.
  4. Jika sudah selesai klik Aplikasikan Perubahan untuk menyimpan file PDF yang sudah kita edit tadi lalu klik Unduh.

Jika dokumen PDF yang ingin agan edit bersifat rahasia dan privasi maka agan tidak perlu khawatir karena Sejda menjamin keamanan dan kerahasiaan dokumen tersebut.

Namun jika agan masih tetap ragu, agan bisa memilih untuk melakukan edit PDF secara offline sehingga tidak ada dokumen PDF yang keluar dari komputer kita.

Sejda juga sudah memiliki aplikasi edit PDF offline yang bisa kita gunakan di komputer Linux, Windows, dan Mac OS. Silakan download programnya melalui link dibawah ini.

Baca juga: 4 Cara Mengubah (Convert) Dokumen Word Menjadi PDF Lengkap

5. Edit PDF Online Tanpa Aplikasi dan Convert PDF Lengkap dengan PDF Pro



  1. Siapkan file PDF yang akan kita edit.
  2. Buka browser di komputer lalu kunjungi website PDF Pro.
  3. Klik tulisan Click to upload your file untuk mengunggah file PDF yang akan kita edit. Tunggu proses upload sampai selesai.
  4. Lalu pilih bagian tab Edit. Disini kita bisa mengedit file PDF sesuka hati.
  5. Jika proses editing sudah selesai langsung klik pada menu Save dan unduh file PDF yang sudah kita edit tadi.

Sebenarnya fitur dari PDF Pro tidak hanya untuk edit PDF saja, namun bisa digunakan untuk convert PDF ke Word, convert PDF ke gambar, convert Word ke PDF, convert Excel ke PDF, convert Power Point ke PDF, dan convert gambar ke PDF. Caranya setelah proses upload file PDF selesai, kita klik pada tab Convert.

Itulah beberapa cara yang bisa bisa kita lakukan untuk edit PDF secara online tanpa aplikasi gratis. Namun setiap metode dibawahnya saya berikan opsi lain misalnya untuk convert PDF ke Word, dan edit PDF offline dengan aplikasi. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment